Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGALAMAN BACKPACKER KE HANOI VIETNAM (PART 4)

Perjalanan di Hanoi -Hi welcome back, ini adalah PART 4 dari perjalanan di Vietnam dan merupakan hari ke 8 di Vietnam. Sebelumnya aku sudah bagikan pengalaman di Hoi An.  Kita menggunakan sleeper bus Hanoi dan sampai sekitar jam 6:30 di pool bus Tan Kim Chi.

 

Hanoi Travel Video  

DAY 1

Dari pool bus kita jalan kaki untuk menjadi makan pagi terdekat, dan lanjut ke coffee shop lokal terdekat untuk sekaligus mengulur waktu check in. Di Hanoi ini juga terkenal egg coffee bisa kamu coba jika penasaran. Jujur saja kita itu tidak membuat planning mau kemana saja di Hanoi, semua serba dadakan di hari H mutusinnya. 

Setelah sampai dan melihat peta kita baru sadar kalo hotel yang awalnya kita pesan itu kejauhan, beda arah karna kita akan menuju ke stasiun kereta keesokan harinya. Akhirnya kita batalkan dan pesan penginapan baru yang tidak terlalu jauh dari stasiun kereta di Little Anh House

Untuk kalian yang pertama kali ke Hanoi, aku saranin untuk menginap di daerah Old Quarter karena memang disana pusat pariwisatanya.

little anh house

Setelah menguhungi penginapan yang baru, sudah dikonfirmasi kami bisa early check in. Langsung kita menuju kesana dengan bus VND6000. By the way transportasi di Hanoi jika menggunakan bus dan kalo kepepet dengan Grab. Bus di Hanoi jauh lebih nyaman dari pada Ho Chi Minh, bayarnya langsung ada kernetnya yang akan menagih di dalam bus. Untuk rute dan lainnya kita percayakan kenapa google maps karena memang selalu tepat. 

Jam 11 kita sampai dan Check in di penginapan dan bersih bersih dan istirahat sebentar. First impression tentang Hanoi better dari Ho Chi Minh City, aku pribadi suka Hanoi. Di Hanoi juga kita hanya menghabiskan waktu 1 malam sebelum berangkat ke Sapa. 
Hoan Kiem Lake

Jam 1 siang kita mulai keluar, dengan jalan kaki menuju ke Hoan Kiem Lake, bisa dibilang ini pusat keramaian lokasinya dekat juga dengan pusat keramaian Old Quarter. Nah kalo udah sore atau pagi sekitaran Danau ini selalu ramai karena orang vietnam ini suka olahraga disini apalagi para orangtua. Di danau ini juga terhubung dengan Ngoc Son Temple, kita sempatkan untuk mampir kesana dengan tarif VND 30.000 ini kuil kecil di pinggir danau yang tertarik wisata spiritual bisa kesini.
Ngoc Son Temple

Setelah selesai kita berjalan kaki sekitar 2 menit menuju ke lokasi makan siang kita yaitu Sen Trang An di Old Quarter ini must visit! The real hidden gem bisa cek reviewnya disini aku saranin pesen sesuai jumlah orangnya karena porsinya disini gede kita sampai bungkus sisanya untuk makan malam nanti haha, yang wajib dipesen Bun Cha.


Sama seperti tempat wisata lainnya di Hanoi juga kebanyakan tutup jam 5, kita mengerasa ga enjoy kalo maksain ke temple lain / museum jadi ya kita santai aja explore old quarter. Sebenarnya pengen ke Cafe di pinggir rel kereta api. Cuma setelah baca informasi terbaru, rada susah kesana karena sekarang ada banyak petugas yang jaga ga boleh untuk masuk. Jadi satu satunya cara underground gitu, harus dijemput pemilik cafe atau bayar orang buat diantar, kita ngerasa ga worth it sih plus juga harus tau jadwal keretanya kapan dateng kan kalo mau foto bagus. 

Akhirnya sambil makan siang, kita putuskan untuk besoknya kita ke Halong Bay. Tentunya bisa beli paket tour dari Klook juga sama aja cuma kita mau ngabisin uang cash jadi kita cari offline travel agent. By the way yang mau pesan dari Klook bisa pakai kode referal untuk mendapatkan Rp 75.000 setelah transaksi pertama ya (Referral Code: 66XK3A input saat pertama kali membuat account). Di tengah tengah kita mampir ke toko yang jual biji kopi. Vietnam sendiri memang terkenal perhasil kopi dan mostly memang robusta dan kalian juga bisa cicip kopinya diseduh.


Singkat cerita kita mampir ke 3 travel agents yang berbeda dan dapat disimpulkan semua sama punya 2 paket deluxe dan luxury perbedaan keduanya ini di tipe bus / limousin yang jemput, tipe makanan yang luxury all you can eat dan yang deluxe itu diserve per meja makanannya, juga di sunset party. Kita putuskan untuk ambil paket tour di Hanoi Old Quarter Travel karena sekalian kita mau book fansipan hiking tour disana. Untuk Halong bay ini kita dapat harga USD 39.

Kenapa kita pilih disana karena setelah membandingkan harga yang USD39 ditempat lain itu tanpa sunset party, sedangkan disini dapat. Lalu kita lanjut keliling Old Quarter ternyata cukup besar area ini dan banyak tempat tempat menarik seperti kuil kuil tua. Sampai lah kita ke Cathedral Hanoi. 
st Joseph Cathedral

Catheral ini cantik banget mengingatkan kepada Cathedral Notre Dame sekilas mirip. Dan menurut Hanoi ini lebih mirip Paris tata kotanya selain karena bekas jajahan perancis, vibesnya beda banget disini. Berkeliling Hanoi sampai gelap lalu kita balik ke penginapan dengan masih berjalan kaki. Dan bersiap besok akan ke Halong Bay.

DAY 2
Halong Bay Full Day silahkan cek DISINI
Helga Christ
Helga Christ Currently living in Bali

Post a Comment for "PENGALAMAN BACKPACKER KE HANOI VIETNAM (PART 4)"