Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGALAMAN BACKPACKER KE HOI AN VIETNAM (PART 3)

Hoi An Itinerary - Hi! Welcome back, ini adalah PART 3 dari perjalanan ke Vietnam, Sebelumnya pengalaman di Dalat sudah aku bagikan DISINI. Untuk yang belum tahu, jadi aku ke Hoi An dari Dalat dengan sleeper bus seharga VND 420.000 hampir jam 3 sore kita berangkat dari Dalat dan sampai Hoi An itu sekitar 4:30 pagi. Yang paling bikin betah diperjalanan ini viewnya, karena Dalat itu daerah perbukitan jadi melewati view yang cantik banget menuju ke Hoi An.


Untuk bus ke Hoi An itu rata rata memang diturunkan di Cho Thanh Ha (fish market) dibawah jembatan. Untuk video bus trip bisa cek DISINI. Untungnya karena ini daerah pasar jadi subuh subuh itu sudah banyak orang dan ramai. Disini juga ada tempat ngopi lokal persis di tikungannya, jadi kita kesini dulu sambil nunggu supaya agak pagian.

DAY 1

FYI ini adalah hari ke 6 di Vietnam. Di Hoi An ini kita ga lama, cuma 1 malam saja karena ini kali kedua ke Hoi An. Sekitar jam 6 pagi kita masih nitip backpack ke tempat kopinya buat jalan bentar di pasar ikan ini masih dapet view sunrise dari sini cantik sekali. Lalu kita juga sarapan Banh Mi di pasar ikan, tau ga ini the best banh mi di sepanjang trip ini ternyata dan termurah VND 20.000 doang. Karna ini lokasinya dipinggir sungai, kamu juga bisa sambil menikmati suasana pagi disini melihat kegiatan orang lokal pagi pagi. 

Bus stop dari Dalat di Cho Thanh Ha sambil sunrise

Singkat cerita kita itu nginep bukan di pusat kota, dipinggiran karena pengen suasana sepi sunyi di Chi Tanh Villa. Kita agak lama mengulur waktu di pasar ikan karena jam check in juga masih lama. Tapi ternyata dikasih early checkin jam 10, jadi kita sewa motor di Eco Lux Riverside Hotel. Cuma disini aja yang deket yang bisa nyewa motor walau motornya agak mengenaskan haha. Sewa motor disini VND 80.000 udah deal bayar baru kita tau kondisi motornya tapi yaudahlah yang penting masih bisa jalan. Dan motor disini rata rata bukan 24 jam, disini juga nanti kita balikin motor ini malemnya.


Dari pasar ikan ke penginapan kita sekitar 10 menit dengan motor melewati jembatan panjang ini, kalo kalian menginap di pusat kota (ancient town) ga perlu menyebrang lewat jembatan ini. Sampai di penginapan kita langsung mandi, beres beres, cuci baju untungnya ada balcony dan cepet banget kering karena Hoi An lagi panasnya ga manusiawi sih. Jadi jujur males juga keluar karena panasnya itu panas banget lebih dari Ho Chi Minh saat itu. Untuk harga Chi Thanh Villa Rp 180.000/malam berdua sudah termasuk breakfast.

Untuk yang pertama kali ke Hoi An, aku saranin cari hotel yang deket dengan Ancient Town kalo bisa yang jalan kaki langsung nyampe biar gampang.

Mi Quang & Cao Lau Kuliner Khas Hoi An

Lalu sekitar jam 1 siang kita baru keluar ke pusat kotanya buat makan siang, menu yang wajib dicoba kalo ke Hoi An ini adalah Mi Quang dan Cao Lau keduanya sejenis bakmie enak banget. Makanan di Hoi An itu enak enak wajib banget untuk kamu kulineran dibandingin di utara. 

Setelah dari makan siang kita memilih untuk menggosongkan diri di Pantai An Bang dengan naik motor sekitar 15 menit. Sepanjang jalan viewnya kebanyakan sawah, biaya parkir motor disini VND 10000. Disini viewnya itu mirip di danang, dengan gedung skyscrapper terlihat dari jauh. Dipantai ini kebanyakan yang datang untuk surfing atau watersport. Kita menghabiskan waktu disini sampai sekitar jam 3 sore.


Karena sudah gosong dan masih panas banget kita memutuskan mencari cafe dipinggir sawah untuk bersantai sejenak, kemudian kita pulang dulu sebentar ke akomodasi sebelum malam lanjut lagi untuk sekalian balikin motor. 

Setelah ngadem sebentar di hotel, sekitar jam 5:30 sore kita keluar dengan tujuan mau coba seafood karena di Hoi An memang banyak restoran seafood. Entah ditipu harga turis atau ngga kita habiskan VND 901.000/2orang dengan menu yang mahal ikannya sih 1.3kg seharga 300 ribuan :) ini makanan kita termahal selama di Vietnam. 


Habis dari makan malam, kita langsung menuju ke Ancient Town. Hoi An yang menjadi ikonnya memang lampion, waktu kesini itu wow benar benar ramai sampai dempet dempetan. Sangat berbeda dari sebelumnya ke Hoi An tidak seramai ini. Di Ancient town ini mereka punya pass masuk VND 120.000 /orang termasuk beberapa tempat. Cuma akhirnya kita memutuskan untuk ga beli tiketnya udah malem juga dan memang cuma mau muterin ancient town dan ke sungainya. Ke Ancient town ini kalian harus coba pas siang dan malam jadi benar benar berasa bedanya dengan keunikan masing masing. Sungainya kalo kalian mau naik perahu juga bisa dengan tarif VND 120000, atau yang mau melarung lilin di sungai dengan tarif VND 20000. 


Di ancient town ini ada batas dimana kendaraan boleh masuk, jadi kalo bawa motor ada di beberapa titik kalian bisa parkir dan untuk order grab juga harus jalan lagi ke titik grabnya. Sekitar jam 8 an kita selesai dan on the way untuk mengembalikan motor. Dengan berbekal setoyan kita memutuskan coba aja jalan kaki balik ke penginapan melewati jembatan panjang. Setelah setelah jalan melalui sawah dan semak semak kita memutuskan melanjutkan dengan Grab bike promo VND2000 aja rajin rajin cek promo di Grab. 

DAY 1 ITINERARY : Fish Market - Check in - Lunch - Beach - Cafe - Hotel - Seafood Place - Ancient Town

Video Hoi An Travel

DAY 2

Hari ini diawali dengan breakfast di akomodasi dan kita pesan mobil dari akomodasi karena dari akomodasi kita agak susah cari Grabcar dan kita minta di antar ke salah satu cafe yang lokasinya dekat dengan tempat pick up bus kita nanti. Karena sore ini kita ada jadwal untuk di pick up di Hoi An menuju ke Danang dengan mini van, untuk melanjutkan perjalanan dengan sleeper bus ke Hanoi. 


Thang Hai Cafe

Setelah melalukan research dan berbekalan kesotoyan kita, nah kayanya bisa nih cafe ini buat nitip barang eh beneran bisa. Tapi selain itu memang cafe ini recommended namanya Thang Hai Hoi An memang working cafenya orang lokal dan hanya menjual minum dan lokasinya ga jauh jauh banget dari Ancient town karena kita berencana untuk kembali lagi hari ini kesana dengan suasana siang hari. Selain emang nilai plusnya bisa nitip tas kita, cafe ini kopinya enak dan murah banget bingung mana dapet kuaci lagi :)


suasana ancient town siang hari

Sekitar 15 menitan kita jalan kaki ke Ancient Town untuk lebih melihat lihat lagi temple dan lainnya karena semalem gelap dan terlalu padat, enaknya kalo siang itu lebih sepi. Setelah berkeliling, semalam kita lihat ada satu tempat yang ramai dan kita putuskan untuk makan siang disini namanya Com Ga Ba Buoi. Jujur tempat ini cocok kalo kamu makan jeroan karena banyak menu mereka yang isinya jeroan. 

Com Ga Ba Buoi

Karena aku ga suka jeroan dan ini bukan tipe makanan yang aku suka, akhirnya mampir lagi ke tempat makan dipinggir jalan yang kita lewatu cukup ramai. Ga tau namanya apa,cuma letaknya itu di depan temple nah ini baru the best sih dengan menu sejenis pho dengan isian daging melimpah kita makan dibagi 2 aja haha. 


Selesai makan kita menuju kembali ke Cafe untuk ambil tas sambil ngadem karena masih punya waktu, jadwal pick up an kita itu jam setengah 4 sore di lapangan parkir gitu. Jam 3:30pm kita sudah standby di parkiran tapi memang lumayan ngeselin pick up nya ngaret parah sih. Kita nunggu sekitar 2 jam buset disana udah bete banget itu ditambah mini van yang jemput kita bisa tiap 3 detik klakson sepanjang jalan sampai ke Danang lumayan bikin migrain dan akhirnya sampai ke pangkalan bus di Danang sekitar jam 7 malam. 

Jam 7 malam kita berangkat dari Danang dan sampai ke Hanoi sekitar jam 6:30 pagi. Sampai bertemu di Hanoi

Ulasan Hanoi bisa dibaca disini ya ITINERARY HANOI (PART 4)

 

DAY 2 ITINERATY : CHECK OUT - CAFE NITIP TAS - ANCIENT TOWN - LUNCH - BUS PICK UP KE HANOI

Helga Christ
Helga Christ Currently living in Bali

2 comments for "PENGALAMAN BACKPACKER KE HOI AN VIETNAM (PART 3)"

  1. Kak..inikan di Hoi an.trus kenapa ditulisan paling bawah kk tulis dari Danang jam 7 malam sampai di Hoi an jam 6:30? Bukanya kk ke Hoi an berangkat dr Dalat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. typo, Danang ke Hanoi maksudnya. Busnya dari Danang ke Hanoi

      Delete