Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGALAMAN BACKPACKER KE DALAT VIETNAM (PART 2)

Hi welcome back! Tulisan ini adalah PART 2 perjalanan di Vietnam. Kali ini aku bakal sharing pengalamanku di Dalat, Vietnam. Di artikel sebelum tentang Ho Chi Minh City Trip aku udah spill kalau ke Dalat itu naik sleeper bus. 

Photo by ThΓ‘i An on Unsplash

Sebelumnya aku mau kasih tau jadi kita ke Dalat ini sebenernya untuk transit 1 malam karena kita pikir mau stop di tengah tengah sebelum ke Hoi An karena kalo naik bus langsung lumayan panjang. Jadi mari aku bahas tentang Dalat karena masih minim informasi tentang destinasi yang satu ini.

KESALAHAN JAM SLEEPER BUS

Jadi aku cerita sedikit sleeper bus ke Dalat itu harganya Rp 200.000 an dan seharusnya jadwal bus kita di jam 11:30 pm. Tapi karena nyampe di Terminal itu jam 9 pm, staff nya nyuruh kita langsung naik mini van untuk ke terminal baru. Jadi di Ho Chi Minh punya 2 terminal, nah di tiket biasanya di terminal lama ditulis karena terminal baru itu lumayan jauh, jadi mereka provide mini bus ke terminal baru dari terminal lama. Singkat cerita kita baru sadar kalo ternyata si bus operator (kumho samco) yang kita pesan ini ngoper kita ke bus Futa Lines dengan jadwal keberangkatan yang awal jam 10 pm.

Alhasil sampai kita di Dalat itu kepagian jam 3 pagi dong. Jadi aku saranin kalian kalo naik sleeper bus pilih yang sesuai jadwal jangan mau di majuin karena susah banget kalo nyampe jam 3 pagi kaya kita. Kita ga mau naik taxi yang ada di terminal karena udah pernah ada pengalaman buruk mirip mirip gini di Thailand. Mau nunggu pagian juga masa lama banget dong. Akhirnya kita coba jalan kaki dikit cari hostel yang bisa kita sewa cuma untuk tidur beberapa jam sampe agak pagi. 

Guess what, hampir ga ada hostel yang buka karena receptionist disana ga buka 24 jam dan rata rata bahkan pintu masuk dikunci. Tapi sampai tibalah kita lewat ke Pinetown backpacker, cuma itu yang lampu didalemnya nyala dan puji tuhan pintunya ga dikunci. Setelah menunggu kurang lebih 30 menitan di lobbynya akhirnya ada ownernya yang keluar dan memberbolehkan kita menginap disana untuk beberapa jam di 1 kamar yang isi 4 orang dengan tarif VND 80.000/ orang. Lumayan lah bisa istirahat sebentar.

DAY 1 

Paginya sekitar jam 10 kita baru jalan ke penginapan yang kita mau tempati yaitu Raon Dalat. Kita putuskan untuk cari kopi dan makanan di dekat hotel sambil nunggu jam check in. First impression tentang Dalat ini kotanya enak, adem, jalanannya lebih manusiawi untuk bawa motor sendiri. 



Aku saranin ambil jalur ke Dalat sih karena Ho Chi Minh dan Hoi An itu panas banget. Kalo stop di Dalat dulu lumayan banget adem, Dalat itu aku bilang mirip Bedugul, Bali. Di Dalat tempat wisatanya kebanyakan buatan seperti taman bunga, rumah hobbit dll destinasi yang cantik untuk foto foto. 

Dalat ini menarik, banyak cafe cantik, pemandangan cantik dan french vibes disini kental. Rumah rumah disini kebanyakan french style lucu banget dan memang juga banyak rumah rumah tua peninggalan pejajahan prancis, sampai ada french quarter juga disini vibesnya perancis banget. 

 

Jadi hari pertama ini karena capek luar biasa dan emang pengen nyantai, kita mulai perjalanan jam setengah 3 sore dengan menyewa motor dari tempat kita menginap sekitar VND 150.000 untuk 24 jam. Nyetir kendaraan disini disebelah kanan terbalik dari Indonesia. 

Tujuan utama hari ini sebenernya muterin, liat liat kota Dalat. Btw kita nginepnya ngga ditengah kota, agak dipinggir 10 menit dari pusat kota. Pertama tama kita langsung menuju ke tempat makan Le Chalet Dalat, ternyata letaknya itu persis di depan Crazy House. Tapi kita putusin ga mampir ke Crazy House terlalu tourist place untuk kita, banyak bus bus tourist yang masuk kesana lumayan rame. 


Sebenarnya banyak sekali tempat menarik di Dalat ini, cuma karena waktu kita sangat terbatas jadi cuma ke yang menurut kita perlu aja. Idealnya ke Dalat ini 3 malam. Setelah itu kita ke Linh Phuoc Pagoda wajib sih kesini yang suka temple bener bener unik dan colourful dan vibes sakralnya dapet disini. 

Waktu kita kesini hujan badai dan rata rata tempat disini tutup jam 5 sore. Dan kita nyampe pas jam 5 sore dan usah ga ada orang lagi yang berkunjung disini tapi templenya masih buka kok ga dikunci. Lumayan lama kita berkeliling di temple ini plus juga nunggu hujan reda sedikit. 

Setelah dari sini kita mutusin buat cobain makanan India di Shree Ganesha Indian Restaurant. Disini lumayan banyak resto India, sebenernya kalo dateng di jam sunset dari resto ini bisa dapet view sunset yang cantik. Selesai makan kita langsung pulang dan itu kondisinya masih hujan gerimis juga.

DAY 1 ITINERARY: BUS TERMINAL - LUNCH - CHECK IN - LE CHALET DALAT - LINH PHUOC PAGODA.

DAY 2

Hari ini bus kita yang menuju ke Hoi An jadwalnya berangkat jam 2 siang. Jadi kita tidak punya banyak waktu untuk keliling. Pertama tama kita cari breakfast dulu di daerah pasar nyobain kulineran yang belum kita coba yaitu baguette dimakan pakai sup bakso.

Selanjutnya kita cari tempat kopi sambil muterin kota Dalat. Di dalat ini terkenal banyak cafe cantik dan cafe dengan view cantik. Kalo punya kesempatan lagi bakalan skip Ho Chi Minh sebaiknya dan langsung ke Dalat.

Dan kita pulang ke hotel sambil siap siap mau naik bus ke Hoi An, tapi sebelumnya kita cari makan dulu, belajar dari pengalaman sebelumnya di sleeper bus makanan di tempat pemberhentian itu mahal dan ga enak. Harga tiketnya VND 400.000 kita beli online dan diminta + VND 20.000 buat drop off di Hoi An (kalo ada beberapa penumpang stop di Hoi An juga busnya baru mau stop di Hoi An). 

DAY 2 ITINERARY: BREAKFAST - CAFE HOPPING - CHECKOUT - BUS POOL

Selanjutnya ampai bertemu di Hoi An

Helga Christ
Helga Christ Currently living in Bali

9 comments for "PENGALAMAN BACKPACKER KE DALAT VIETNAM (PART 2)"

  1. aaa akhirnya nemu juga blogspot lagi yang nulis mengenai traveling! thank you so much for sharing definitely akan cek muluuu!

    ReplyDelete
  2. Aku mau ke Vietnam pertama kali, dari da lat apakah ada penerbangan ke Thailand? Atau mesti balik ke ho chi min dulu? Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. HCM / Danang bisa dari Thailand ada flight, kalo dalat setauku ga ada international flight di dalat

      Delete
  3. Thankyou sharingnya. Saya desember ini mau ke dalat dr hoi an. Beli tiketnya on the spot atau online ya. Kalo beli on the spot sebaiknya dmn? Dan kalo online belinya dmn? Karena saya sudah coba pakai easy bus, tp tdk bisa. TerimakSih sebelumnya πŸ™πŸ»

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya beli tiket semuanya online biar ga pusing. Kalo mau on the spot juga bisa. 12go.com

      Delete
  4. Pengen ke 3 tempat HCMC-Dalat-Hanoi-Sapa-Hanoi tp berangkat berdua boncoss 😭
    Ada solusi transport murah dari Dalat ke Hanoi ga ya πŸ˜­πŸ™πŸ»

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah paling murah naik bus. Dan vietnam negara murah, jauh lebih murah dari pada Thailand menurutku

      Delete
  5. hai ka, naik bus dari ho chi minh ke dalat, sampai dalat turun nya di stasiun bus apa kak klo boleh tau?

    ReplyDelete