Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGALAMAN BACKPACKER KE VIETNAM (HO CHI MINH CITY) PART 1

Hi, welcome back to my blog. Ini kali kedua bersempatan kembali ke Vietnam setelah pandemi. Kenapa memilih kembali ke Vietnam? Tentunya alasan utama adalah tiket murah dari Bali dan jenis liburan yang bervariasi jenisnya. Terakhir ke Vietnam kebetulan dengan orangtua jadi belum sempat untuk explore banyak hal, jadi kali ini aku kembali ke Vietnam dengan partner backpacker yang sefrekuensi. 



Oh iya untuk yang butuh referensi rute Ho Chi Minh - Bana Hills - Hoi An ku sebelumnya bisa cek DISINI

DAY 1 (BALI - HO CHI MINH)

Hari pertama flight dari Bali ke Ho Chi Minh City, transit di Singapore dengan jadwal yang cukup bagus dan transit yang sebentar dengan harga Rp 1.063.000 sekali jalan. Terbang dari jam 11 siang dan sampai di Ho Chi Minh City jam 5 sore. Untuk yang mau nuker mata uang vietnam aku saranin langsung di Vietnam dengan membawa USD atau langsung tarik uang di ATM ya, jangan nuker di Indonesia karena ratenya sangat jauh rugi.

Untuk sim card aku sudah beli dari jauh jauh dari di aplikasi KLOOK dengan masa berlaku 15hari dan kuota 5GB/ hari cuma Rp 89.000 by Viettel murah banget kan. Untuk kamu yang belum pernah daftar aplikasi Klook ada reward special kamu bisa dapetin kupon diskon Rp 75.000 waktu daftar masukin kode referal 66XK3A dan untuk yang sudah menyelesaikan bookingan pertama, nanti langsung masuk di kolom reward.

Kita selesai dari imigrasi dan tuker sim card sekitar jam 7 malam, jadi kita langsung menuju ke hotel (APA Saigon Apartment) di District 1. Dari airport ke District 1 bisa naik bus yang ada di depan pintu kedatangan (no 152) dengan tarif VND 5000. Untuk bus bisa dibilang hoki hokian karena kalo menurut kernetnya bagasi kamu gede, maka akan kena charge juga. 


Dari Bus Stop ke Hotel masih harus jalan kaki -+ 10 menitan, jadi kita stop dulu di tengah tengah untuk makan malam sejenis Pho gitu tapi lumayan unik topping toppingnya. Ini harganya VND 65.000. Yang paling aku suka dari Vietnam itu makanannya enak enak dan murah. 



Oke lanjut setelah makan di masih jalan kaki ke APA Saigon Apartment. Akomodasi ini didapatkan dengan VND 890000 / 2 malam termasuk breakfast. Semua booking hotel di trip ini rata rata pakai booking.com, cara biar dapat cashback kalo booking dari booking itu adalah pakai app shopback. Jadi sistemnya shopback itu kaya gerbang sebelum ke app booking.com, yang penting kedetect aja masuk di app bookingnya lewat shopback. Lumayan banget aku dapet sekitar 200 ribuan cashback dari hotel di trip ini.

Yang mau daftar pertma kali bisa pakai referral code Vh9T4Q supaya dapat saldo welcome bonus Rp 40.000

DAY 1 ITINERARY: BALI-HO CHI MINH-DINNER-CHECK IN

Day 1 Video Recap

DAY 2 (WALKING TOUR)

Sesuai namanya Walking Tour jadi di hari kedua ini kita full jalan kaki aja di District 1 dari Tanh Dinh ke sekitaran Benh Thanh Market. Karena ini kali keduanya aku ke Ho Chi Minh jadi emang kali ini cukup santai pengennya jalan jalan santai aja. 

Paginya kita sudah breakfast di hotel, jadi kita start jalan kaki sekitar jam 10 an, dan kurang lebih 20 menit an kita sampai di Ben Thanh Market, melewati dalam Ben Thanh Market bagi yang jago nawar mungkin menarik kesini, bukan cuma oleh oleh, dari makanan dan segala pernak pernik lengkap dipasar ini. 

Btw disepanjang jalan menuju Ben Thanh ini kita banyak stop mempir liat kesana kemari dan banyak taman untuk bersantai sih sambil ngadem karena Ho Chi Minh panas banget.

Jadi pagi pagi nemerin partner travelingku nuker uang USD ke VND di money changer seberangnya pasar ini. Ini rate paling bagus dan tanpa ngantri dibandingin Ha Tam Jewelry. 

Kemudian udah jam makan siang aja, kita makan siang di Home Saigon Restaurant & Bar, di daerah sini banyak banget street food di gangnya. Karena panas luar biasa otomatis kita pesen cold b*er, ternyata tersadar kalo be*r di Vietnam itu murah banget bahkan ini jatohnya restoran yang termasuk ga murah murah amat aja bisa jual murah. Total makan berdua di Home Saigon ini VND 456.000

Lumayan lama kita ngadem di Resto ini, jujur kali ini panas banget ya beda banget sama 5 tahunan lalu terakhir pas Ho chi minh. Sekitar jam 2 siang baru kita lanjut lagi jalan kaki. Btw kali ini kita mampir dulu ke tempat water puppet show di The Golden Dragon Water Puppet Theater buat beli tiket buat besoknya karena kita mau ngabisin cash dulu. Beli online di klook juga bisa bahkan lebih murah dikit. Harga on the spot VND 300.000/orang emang lumayan mahal dan ini ga bisa milih tempat harganya sama semua tempat duduk.


Setelah beli tiket kita lanjut walking tour ke Book street yang berada di belakang dari Saigon Post office, lalu ke post officenya dan depannya adalah cathedral. Sayang banget udah 5 tahun lalu kesini sampai sekarang juga masih renovasi ga selesai selesai. 

Dari Post office kita jalan kaki melewati Opera house dan mempir ke Ho Chi Minh Statue, daerah sini enak banget nongkrong berasa lebih adem dan banyak juga tempat buat shopping. Kita keliling sampai jam 6 an sore kemudian jalan balik ke penginapan sekitar 20-30 menit. 

Nah di tengah jalan kita melewati Pink Church / Tan Dinh tapi kita ga mampir karena waktu itu rame ada ibadah. Nah untuk makan malem, dari kemarean kita sudah pantau ada di jalan pulau yang jual Pho rame banget karena penasaran hari ini kita coba namanya Pho Viet Nam 



Wah bener bener puas makan disini enak banget dna porsinya gede banget. Harganya juga standar harga Pho. Disini mereka masih manual rice noodlenya di bikin, potong sendiri. Makan berdua disini VND 232.000. Oh iya kalo makan di tempat makan lokal gini biasanya udah termasuk teh mereka gratis, karena awalnya ga tau jadi kita pesen minum. Next liat dulu meja sebelah. Ini akhir dari hari kedua, secara garis besar itinerarynya:

DAY 2 ITINERARY: BEN THANH MARKET - LUNCH - BOOK STREET -SAIGON POST OFFICE - OPERA HOUSE- HO CHI MINH STATUE - TAN DINH CHURCH - DINNER

Video Recap Day 2


DAY 3 (BUS TO DA LAT)

Hari ini kita masih punya 1 hari bisa keliling sebelum malam ada jadwal sleeper bus ke Da Lat. Yang penasaran gimana kira kira Sleeper busnya di Vietnam bisa cek DISINI

Hari ini kita mulai cukup siang sekitar jam 11:30 dengan masih berjalan kaki tentunya anggep aja olahraga karena di Vietnam pasti makan banyak. Tujuan pertama adalah History Museum tarif masuk cuma VND30000 wajib banget kesini sih. Tapi harus perhatikan jam buka, karena ditengah hari mereka ada tutup. Jam buka 8:00 - 11:30 dan 13:00-17:00. Tapi pas nyampe ternyata jam di jam tutup jadi kita tuker ke makan siang dulu di dekat sana dan jatuh kepada QUAN NEM


Trust me, wajib banget cobain Quan Nem ini kalo ke Ho Chi Minh parah enak banget. Waiting list lumayan tapi cepet juga kok berdua makan disini VND 201.000 termasuk murah sih dengan makanan yang banyak sampe kenyang bego. Menu andalan disini itu Nem mereka (spring roll goreng) dengan campuran kepiting ini menurut CNN The best nem #1.

oke setelah makan siang selesai kita balik lagi ke History Museum. Mereka punya banyak section ya kalo salah sampe 12, dan memang kita pecinta museum, kalo ke museum lama banget spend waktu disini sampe hampir 3 jam. 

Kalo ke history musuem ini, di pintu keluar kamu bisa visit salah satu kuil tua dan juga bersebelahan dengan botanical garden juga. Setelah liat review akhirnya kita ga jadi ke Botanical Garden dan memutuskan buat jalan jalan keliling aja sekitaran The Golden Dragon Water Puppet Theater. 

Shownya mulai sekitar jam 6:30 dan berlangsung 40 menit. Kalo mau coba cultural experience bisa dicoba nonton ini. Pulang dari nonton water puppet show ini kita langsung pesen grab ke penginapan tempat nitip barang dan langsung naik grab ke terminal. Btw di Ho Chi Minh ada 2 terminal lama dan baru, di tiket kita ditulis di alamat terminal lama yang lebih dekat jadi nanti dari sana kita naik mini van untuk menuju terminal baru. 

Video Recap DAY 3


DAY 3 ITINERARY: LUNCH QUAN NEM- HISTORY MUSEUM - WATER PUPPET SHOW

Dan ternyata di terminal ini sistemnya mereka kasih kiya bus kadang ga sesuai yang kita pesen operatornya kaya menuhin bus lain dulu kalo masih ada yang kosong. Nah di artikel selanjutnya aku akan ngebahas Da Lat disini nanti cuma trasit 1 malam, bisa dicek DISINI

Helga Christ
Helga Christ Currently living in Bali

Post a Comment for "PENGALAMAN BACKPACKER KE VIETNAM (HO CHI MINH CITY) PART 1"