Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA CAFTAR WORKING HOLIDAY AUSTRALIA DARI AWAL HINGGA GRANTED

Hi welcome back to my blog. Di artikel artikel sebelumnya sudah banyak yang aku bahas mengenai Working Holiday Visa Australia ini mulai dari SDUWHV hingga biaya yang aku keluarkan keseluruhannya bisa dibaca DISINI.


Di tulisan kali ini aku akan membuat secara singkat saja tahapan dari awal hingga akhir dari membuat Working Holiday Visa Australia. Disini aku tidak menjelaskan secara rinci perpoin karena sudah aku buat terpisah di masing masing artikel yang nanti aku cantumkan linknya di per section ya. Bantu aku juga yuk supaya lebih rajin memberikan informasi dengan mensubscribe channelku di YOUTUBE.

Secara garis besar tahapan untuk kalian mengajukan WORKING HOLIDAY VISA AUSTRLIA INI ada 4 tahap saja. Untuk aku pribadi aku butuh waktu dari awal persiapan semua berkas sampai visa keluar itu sekitar 3 bulan. Awal Maret aku mempersiapkan semua dokumen, April aku mendapatkan SDUWHV dan Lodge Visa dan Mei aku mendapatkan Visa

1. MEMPERSIAPKAN BERKAS & MENUNGGU KUOTA DIBUKA

Tahap pertama yang perlu kamu ketahui adalah mengecek dulu apakah kamu sudah edigle menjadi peserta Working Holiday Visa Australia dengan melihat syarat syarat disini

Jujur kunci dari apply working holiday australia ini adalah rajib baca karena semua informasi itu sudah tersedia jadi jangan malas baca ya. Kalo memang ada yang kurang paham bisa ditanyakan, tapi kalo kamu belom cari tau apapun langsung nanya semua pentanyaan dasar ke orang lain, yang ditanya juga males malesan ngejawab sih pastinya.

Oke jika kamu sudah merasa masuk ke syarat peserta yang bisa mengikuti WHV, langkah selanjutnya yang wajib kamu lakukan adalah TES IELTS di lembaga resmi ya seperti IDP atau IALF. Kenapa harus tes ielts dulu?

Karena ini langkah penting dan mutlak yang biasanya menghabiskan banyak waktu disini. Karena kemampuan tiap orang berbeda, ada yang butuh berbulan bulan untuk mempersiapkan tes IELTS ini, apalagi yang di kota kecil, jadwal tes IELTS itu tidak banyak tiap bulannya jadi harus cepat cepat booking. Nilai minimum yang perlu kamu raih 4.5 overall silahkan ambil yang GENERAL jangan yang ACADEMIC supaya lebih mudah untuk pemula. Jika sudah dapat sertifikat IELTS, dokumen lain itu gampang diuruskan 1 minggu juga sudah selesai.

Sambil mempersiapkan tes IELTS kamu juga bisa sambil mempersiapkan berkas lainnya untuk SDUWHV (Surat dukungan dari Ditjen Imigrasi). Dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar SDUWHV bisa dibaca DISINI.

Nah jika semua dokumen sudah kamu siapkan, silahkan rajin untuk mengecek akun instagram @ditjen_imigrasi biasanya jika kuota SDUWHV sudah mau dibuka, akan ada kode di postingan beberapa kali. FYI, dalam 1 tahun itu biasanya dibuka sekitar 4-5x sesuai kuotanya untuk indonesia itu 5000 an /tahun dan di reset kuota setiap Juli. Dan sepengelamanku biasanya kuota dibuka itu setiap 2-3bulan dari jadwal pembukaan sebelumnya.

2. BEREBUT KUOTA SDUWHV

Karena peminat WHV ini lumayan banyak ya sudah pasti kita rebutan dengan para pejuang WHV lainnya. Setiap batch / gelombang itu adalah sekitar 1500 kuota yang dibuka kata kepala ditjen imigrasi ya. 

Ada beberapa tips untuk kamu bisa berebut kuota ini yang aku buat sesuai pengalaman pribadi. Bisa dibaca DISINI . Jadi belum tentu walaupun berkas kamu siap, kamu bisa langsung lolos mendapatan kuota. Ini tahap sangat penting ya apalagi yang bertarung dengan batas umur, kalo bisa langsung harus cepat dapatkan kuota. 

3. LODGE VISA DI WEB IMMI AUSTRALIA

Jika SDUWHV sudah ditangan sebetulnya sudah bisa dibilang 80% proses kamu mendapatkan visanya. SDUWHV ini punya masa berlaku 30 hari sejak diterbitkan jadi jangan lama lama untuk lodge visa kamu di web immi australia. Tutorialnya bisa cek DISINI.

Untuk lodge visa disini kamu perlu dokumen tambahan dari SDUWHV yaitu Translate dari penerjemah tersumpah. FYI, semakin cepat kamu lodge, semakin cepat visa kamu keluar. Pengalaman pribadiku hampir 1 bulan setelah lodge visa keluar. 

4. MEDICAL CHECK UP

Sebenarnya ada 2 opsi ya, kamu mau Lodge visa dulu atau Medical Check up dulu terserah. Cuma akan beda di urutannya saja dan caranya. Aku pribadi memilih konvensial lodge visa dulu, nanti setelh bayar visa akan ada surat pengantar yang dikirim di email kita untuk melakukan Medical Check Up di rumah sakit yang bekerjasama dengan pemerintah australia. 

Jika sudah melewati tahapan ini maka kamu tinggal santai menunggu pengumuman visa kamu. Tapi tetap ada tentunya kemungkinan visa kamu DITOLAK

Helga Christ
Helga Christ Currently living in Bali

Post a Comment for "CARA CAFTAR WORKING HOLIDAY AUSTRALIA DARI AWAL HINGGA GRANTED"