Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BERAPA BIAYA PEMBUATAN WORKING HOLIDAY VISA AUSTRALIA TANPA AGENT

Hi, teman teman terima kasih sudah mengikuti blog ini yang berbagi seputar pengalamanku juga dalam mengurus Working Holiday Visa Australia. Dikesempatan kali ini sudah komplit perjalananku mengurus Working Holiday Visa Australia hingga sudah granted dalam waktu hampir 1 bulan setelah lodge visa. Jadi sekarang aku bisa spill ke kalian semua berapa sih biaya yang kita butuhkan dari awal sampai visa granted tanpa agent.



Sangat penting untuk para pejuang WHV itu untuk rajin membaca, mencari informasi sendiri karena sudah banyak sekali kloter sebelumnya yang sharing informasi serupa jadi jangan manja ya. Sudah bukan rahasia umum ya kalau pakai agent untuk mengurus ini bisa Rp 60.000.000 biasanya tapi tahu ga sih kalian mengurus sendiri itu sangat mudah kok. Baik mandiri maupun agent melalui alur yang sama. Berikut alur dari membuat Working Holiday visa beserta biayanya:

(*disclaimer setiap orang bisa lebih murah atau lebih mahal ya dipoin poin tertentu misalnya dibiaya passport, persiapan IELTS dan lainnya. Yang aku share murni berdasarkan budget yang aku keluarkan*

1. SDUWHV atau SRPI

Untuk tahap pertama yaitu memperoleh SDUWHV aku mengeluarkan biaya Rp 5.009.000 untuk segala persiapan. Disini aku ga akan mengulang menulis rincian apa saja total uang tersebut karena sudah aku tulis secara detail di BIAYA SDUWHV kalian bisa cek disana.

2.  DOKUMEN TAMBAHAN SETELAH SDUWHV

Setelah lulus mendapatkan SDUWHV, kita akan mentranslate beberapa dokumen. Aku hanya mentranslate dokumen yang wajib saja (3 dokumen; KK, Akta, Transkrip Nilai) untuk meminimalisir biaya karena lumayan mahal untuk translate dokumen ini. Biaya translate juga tervariasi tergantung durasi pengerjaan dan siapa translator yang kamu pilih. Untuk biaya translate Rp 475.000 kemudian aku membuat Surat referensi bank yang baru Rp 50.000 di BCA. Total untuk tahap ini Rp 525.000

 

 3. LODGE VISA

Tahap yang paling penting adalah pengajuan visa di Web Immi Australia atau yang biasa disebut LODGE VISA. Disini total visa yang aku bayarkan 517AUD. Ini pas bayar nanti tergantung bank kamu ya charge kursnya berapa. Kita anggap aja waktu itu 1AUD = Rp 10.000 jadi Total Rp 5.170.000. Oh iya nantinya itu biaya visa Working Holiday akan ada kenaikan ya, jadi ini aku pakai harga yang aku bayarkan per 24 April 2023. Silahkan di follow up kalo ada kenaikannya berapa nanti.

Update per July 2023 akan ada kenaikan biaya visa menjadi AUD640 

4. MEDICAL CHECK UP

Untuk medical check up memang harganya berbeda beda setiap rumah sakit. Di tempatku di BIMC Kuta Bali bisa dibilang memang mahal di bandingkan rumah sakit lain yang ditunjuk oleh imigrasi australia. Disini aku membayar Rp 1.324.000. Tapi ada beberapa kasus yang bermasalah membutuhkan tes lanjutan itu akan ada biaya tambahan ya. 

Nah itu total semua biaya yang aku pribadi keluarkan Rp 5.009.000 + Rp 525.000 + Rp 5.170.000 + Rp 1.324.000 = 12.028.000

Udah ditahap ini visa kita udah siap deh. Tinggal mempersiapkan biaya tiket pesawat dan kebutuhkan awal untuk bertahan hidup disana. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya. 


Helga Christ
Helga Christ Currently living in Bali

1 comment for "BERAPA BIAYA PEMBUATAN WORKING HOLIDAY VISA AUSTRALIA TANPA AGENT"

  1. Halo Kak Helga, aku Fefe dari denpasar... boleh minta kontak yang bisa dihubungi nggak ya? Aku mau tanya2 soal e lodge visa ke immiaccount, kemarin baru habis dapat sduwhv soalnya.. thanks

    ReplyDelete