Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ALASAN KENAPA WORKING HOLIDAY VISA AUSTRALIA DITOLAK ?

Hi para pejuang Working Holiday Visa Australia. Di tulisan tulisan sebelumnya aku sudah menjelaskan secara rinci tahapan bagaimana cara mengajukan Working Holiday Visa Australia, yang ketinggalan bisa dibaca DISINI ya mulai dari pertama.


Di tulisan kali ini aku ingin berbagi pengalamanku sejauh ini melihat banyak kasus alasan apa saja sih yang membuat kamu bisa ditolak mengajukan WHV Australia, supaya ada gambaran untuk kamu mempersiapkan dengan baik kedepannya.

ALASAN PENOLAKAN PADA TAHAP SDUWHV

Ketika ditahap awal meraih SDUWHV atau dulu disebut RSPI aku menemukan ada banyak bervariasi alasan penolakan yang dialami, sebagai berikut:

 

1. DOKUMEN TERINDIKASI PALSU

Ini poin sangat penting ya teman teman, jangan sekali kali menyertakan dokumen palsu. Biasanya korban tergiur 'IELTS dijamin lolos' lucunya masih ada yang percaya dengan rekayasa dokumen ini.

Baik imigrasi indonesia ataupun australia dapat mengecek keaslian tes bahasa inggris kamu. Banyak juga kasus dokumen yang dicurigai palsu ini hasil dari diurus oleh 'agent' dan yang bersangkutan tidak mengetahui itu dokumen palsu. 

Kalo sudah begini tentu yang rugi kita, kalo masih di tahap SDUWHV ya ditolak masih rugi waktu aja bisa apply di next batch tapi kalo sudah masuk harap verifikasi dokumen palsu dari immi australia kamu bisa masuk blasklist loh untuk jangka waktu tertentu. 

2. KAMPUS TIDAK TERDAFTAR DI WEB DIKTI

Di batch yang sama ketika aku mendaftar, ada kasus bahwa pengajuan SDUWHVnya ditolak dengan alasan sekolah / institusinya tidak termasuk di dalam list di website dikti (ya kita anggap saja kampus abal abal atau jatuhnya kursus?) Ini juga poin penting ya teman teman karena syarat dari SDUWHV ini adalah minimal sudah menempuh pendidikan + 2 tahun dari tamat SMA (setara semester 4). Rugi kan sudah capek capek menempuh pendidikan tapi ternyata harus mengulang lagi. 

3. DOKUMEN TIDAK LENGKAP 

Paling penting untuk teman teman untuk jauh jauh hari sudah membuat checklist semua dokumen yang dibutuhkan dan kelengkapannya. Jangan terburu buru dan melewatkan hal hal penting yang bisa membuat SDUWHV kamu ditolak misalnya tidak mengupload dokumen yang dibutuhkan atau bahkan salah upload. 

4. MASA BERLAKU PASPOR

Poin yang penting juga adalah pastikan masa berlaku paspor. Sesuai syarat yang diminta untuk mengajukan SDUWHV itu masa berlaku paspor kita paling kurang setidaknya minimal 18 bulan. Terlihat sepele memang, tapi ada yang ditolak karena alasan ini. 

5. TIDAK ADA CAP BASAH BANK

WAJIB untuk meminta cap basah dari Bank dalam membuat surat referensi bank, sudah banyak yang ditolak gara gara tidak ada cap basah bank. 

6. SCAN DOKUMEN TIDAK TERBACA

Nah kalo sudah semua dokumen lengkap dan sayang ya ditolak hanya karena scan file kamu tidak terbaca, saranku setelah di kompres dibuka lagi filenya dipastikan terbaca atau tidak hasil scannya. 

7. TANDA TANGAN SURAT KEABSAHAN

Yang juga terlihat sepele adalah tanda tangan diatas materai dibagian surat pernyataan keabsahan harap dicek harus mengenai sedikit dari materai ya teman teman. 

8. KESALAHAN VERIFIKATOR / SISTEM

Di batch yang aku ikuti ada beberapa terjadi kesalahan dari sang verifikator misalnya ada yang dialasan ditolak ditulis 'dokumen ielts diragukan keasliannya'. Jika kamu rasa ada alasan yang murni kesalahan verifikator, kamu bisa ajukan banding dengan cepat ya dihari yang sama dengan keluarkan keputusan kalo memang kamu yakin kamu benar. 

Kemudiakan ada juga kesalahan dari Sistem web dijen imigrasi di batch yang aku ikuti ini. Misalnya pengajuan kuota buka dari tanggal 3 April, cuma nanti pada tanggal 5,7,8 tiba tiba di webnya masih ada kuota. Nah di kasus ini banyak teman teman yang menyusul mengambil kuota tersebut tapi ternyata dokumen mereka tidak diverifikasi dengan alasan kesalahan sistem seharusnya tidak ada kuota lagi. Jadi saranku kalian ambil lah kuota di hari H saat perebutan kuota. 


ALASAN PENOLAKAN TAHAP IMMI AUSTRALIA

Nah berikut setelah kamu lodge semua dokumen tinggal tahap verifikasi terakhir dari Immigrasi Australia. Pengalamanku dari lodge visa hingga visa granted itu hampir bulan. Bukan tidak mungkin jika sudah lodge ada kemungkinan penolakan visa ya. Berikut beberapa alasan yang aku temui:

1. TIDAK LOLOS TES KESEHATAN

Pada saat lodge visa, akan dibarengin juga dengan tes kesehatan yang menjadi syarat mengajuan WHV ini, Pemerintah australia sangat peduli dengan kesehatan kepada orang yang akan menetap dalam waktu lama di australia. Lain paling penting adalah di bagian penyakit paru paru salah satunya yaitu TBC. Jika terinsikasi TBC biasanya kamu akan diminta tes lanjutan tambahan dan apabila positif biasanya diberikan waktu masa pemulihan (sekitar 6 bulan). Nah jika dalam fase pemulihan sudah tidak terindikasi TBC lagi barulah kamu aman. 

2. DANA TABUNGAN MENCURIGAKAN

Tahu ga sih kalo pemerintah australia itu ternyata juga bisa mengecek tabungan kita dalam kasus ini kebanyakan di pengguna bank BRI. Alasan penolakannya yaitu dana flow yang mencurigakan misalnya dari 1 juta tiba tiba ke 60 juta, dan saat pengajukan visa tiba tiba dananya berkurang lagi drastis. Sebaiknya untuk kamu yang memang meminjam uang untuk membuat surat referensi bank, harap dana ditahan dulu di bank sampai visa GRANTED. 

3. DOKUMEN PALSU

Walau lolos di SDUWHV, Immi australia tetap mengecek semua keaslian berkas kamu ya. Jadi harap benar benar memberikan dokumen asli jangan sampai di blacklist. 


Jika ada teman teman yang punya informasi alasan lainnya mungkin bisa diberikan informasi dikolom komentar ya terima kasih

Helga Christ
Helga Christ Currently living in Bali

1 comment for "ALASAN KENAPA WORKING HOLIDAY VISA AUSTRALIA DITOLAK ? "

  1. halo kak, kl sy baru saja ditolak visa australia turis subclass 600 apa bisa lgsung apply whv? atau tunggu 1bulan dl? sy sudah dapat sdu nya batch kmrn

    ReplyDelete