Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGALAMAN MEMBUAT SDUWHV WORKING HOLIDAY VISA AUSTRALIA TANPA AGENT

SDUWHV Merupakan surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh Ditjen Imigrasi Indonesia yang menjadi syarat untuk kita bisa mendaftar Working Holiday Visa Australia. Dikesempatan kali ini, saya akan mencoba menjelaskan sedetail mungkin mulai dari biaya dan langkah langkah untuk mendapatkan surat pendukung ini karena saya paham masih banyak teman teman yang ingin mengikuti program ini namun masih bingung. Berikut saya jelaskan pengalaman saya secara rinci di tahapan mendapatkan SDUWHV

APA ITU WORKING HOLIDAY VISA AUSTRALIA

Working Holiday Visa Australia merupakan visa berlibur sambil bekerja yang diinisiasi oleh pemerintah australia dengan masa berlaku 1 tahun namun bisa diperpanjang hingga 3 tahun sesuai dengan syarat syarat tertentu. Yang perlu kamu ketahui secara garis besar, langkah untuk mendapatkan visa ini terbagi atas 2 tahapan besar: SDUWHV dan LODGEMENT VISA

Langkah utama yang mutlak kamu harus dapatkan adalah surat rekomendasi dari ditjen imigrasi yang disebut SDUWHV (dulunya disebut RSPI). Dulu SDUWHV ini ada sesi wawancara namun sekarang sudah lebih mudah, tidak ada sesi wawancaranya.

    

SDUWHV hanya bisa didapatkan di waktu waktu tertentu ketika imigrasi sedang membuka kuota biasanya bisa setahun 3-5 kali. Kuota akan kembali direset pada Juni, jumlah kuota untuk WNI sekitar 4000 kuota. Jadi kamu wajib untuk memfollow instagram @ditjen_imigrasi untuk melihat update kapan dibuka gelombang selanjutnya. Biasanya admin akan memberi kode kode kecil 2-4 kali sebelum pendaftaran SDUWHV dibuka. Jadi usahakan ketika sudah ada kode di instagram ditjen imigrasi, kamu sudah melengkapi semua berkas yang dibutuhkan.

Di artikel ini saya akan menjabarkan satu per satu point yang kamu perlukan untuk bisa mendapatkan SDUWHV ini dan biayanya. Semua tahapan ini dapat kamu lakukan secara mandiri, tidak usah menggunakan agent. Saya pribadi mempersiapkan semua berkas dalam 1 bulan. 

SYARAT SDUWHV AUSTRALIA


Silahkan dibaca point diatas yang saya rangkum dari instagram ditjen imigrasi (jika tidak terbaca silahkan cek postingan ditjen imigrasi tanggal 31 Januari 2023). Jika kalian termasuk ke dalam persyaratan pengajuan (umur, tingkat pendidikan dll sesuai point diatas) mari kita beralih ke 9 point DOKUMEN PENGAJUAN. Disclaimer biaya yang saya keluarkan bisa berbeda dari peserta lainnya (misal biaya cetak foto dan lainnya) 

1. FOTO LATAR BELAKANG PUTIH

    Untuk foto yang nanti di upload di website imigrasi tidak ada panduan ukurannya yang penting pas foto kamu jelas terlihat (bisa cek panduan foto visa australia). Ketika kamu foto cetak juga latar belakang merah (ini akan digunakan untuk membuat SKCK Kepolisian)

Untuk pas foto saya menghabiskan Rp 100.000

2. KTP ELEKTRONIK / SURAT KETERANGAN PEREKAMAN EKTP(jika belum jadi)

3. MASA BERLAKU PASPOR MINIMAL 18 BULAN

Untuk paspor kamu harus cermati karena banyak kasus pejuang SDUWHV yang ditolak karena masa berlaku paspornya kurang dari 18 bulan. Paling aman kalian memiliki paspor minimal 2 tahun saran saya supaya aman ketika nanti masuk ke tahap selanjutnya. Untuk kamu yang belum punya paspor mungkin agak merepotkan membuat paspor baru karena banyak kasus di imigrasi di daerah daerah yang agak dipersulit jika tahu paspormu untuk mendaftar kerja. Jadi tipsnya kamu bilang mau bikin paspor untuk berlibur. 

Sekarang untuk membuat paspor wajib untuk mendaftar di aplikasi M-Paspor untuk mendapat kuota registrasi terlebih dahulu. Tapi karena saya selalu kehabisan kuota, atau untuk kalian yang ingin cepat jadi bisa mengambil layanan percepatan paspor dihari yang sama jadinya (layanan ini Rp 1.000.000 belum termasuk harga paspornya Rp 350.000 untuk paspor biasa dan Rp 650.000 untuk elektronik)

Saya memperpanjang e-paspor dengan layanan percepat ini menghabiskan Rp 1.650.000

4.  SERTIFIKAT BAHASA ASING

Ada beberapa pilihan untuk melengkapi syarat ini

Yang biasanya paling sering dipakai anak anak SDUWHV adalah IELTS. Syarat IELTS minimal 4.5 overall. Jika kamu masih mulai dari 0, saya sarankan untuk mengambil kelas persiapan IELTS di Kampung inggris Pare supaya lebih matang dan cepat biaya persiapan disana juga beragam. 
Untuk kamu yang sudah bisa berbahasa inggris namun belum yakin bisa mendapatkan nilai 4.5 kamu bisa mengikuti kelas IELTS juga biasanya durasi 1 bulan, harga pun bervariasi, untuk yang harga terjangkau biasanya via ZOOM. Yang paling penting kamu harus sering lihat youtube video video yang mengajarkan tentang tes IETLS ini. 

myskill

Saya pribadi selain menonton dari youtube, berlangganan di MySkill Rp 29.000 untuk melihat video penjelasan grammar dan IELTS disini dijelaskan secara rinci. Dan jangan lupa untuk mengikuti simulasi tes online gratis di beberapa website untuk mengukur kemampuan kalian.
 
Untuk TES IELTS Resmi saya ambil di IALF Bali dengan biaya Rp 3.150.000 iya memang cukup mahal maka dari itu kalian harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Sertifikat IELTS ini untuk mengikuti SDUWHV masa berlakunya 1 tahun. 

Untuk TES IELTS kamu bisa pilih yang GENERAL atau ACADEMIC tapi saran saya pilih yang GENERAL, untuk reading bahasa yang dipakai lebih mudah dipahami. Sedangka di writing task 1 untuk yang general juga lebih mudah menulis surat. 

5. SKCK YANG DITERBITKAN OLEH MINIMAL TIKAT KEPOLISIAN DAERAH

Untuk yang belum pernah mengurus SKCK seperti saya tentunya agak bingung, karena dilapangan pun berbeda syaratnya tidak seperti di website jadi mungkin kebijakan tiap polda berbeda. 

Saya domisili Bali namun KTP Palembang, saya sadar membuat surat domisili di Bali tidak mudah apalagi di daerah saya tinggal akhirnya sekalian pulang kampung saya membuat SKCK di POLDA SUMSEL. Untuk membuat SKCK diperlukan kartu Sidik Jari. 

Waktu itu saya diminta foto latar merah 2x3 dan 3x4 jadi silahkan persiapkan beberapa foto 2x3 , 3x4, dan foto 4x6 nya 6 lembar. Untuk biaya membuat SKCK ini Rp 30.000 harap siapkan dokumen scan kamu seperti (KK, KTP, Rumus Sidik Jari, Paspor, Akta lahir)

6. BUKTI KUALIFIKASI PENDIDIKAN

Untuk Ijasah yang sudah lulus minimal Diploma III dan Sarjana. Untuk kamu yang masih mahasiswa aktif minimal sudah menjalankan kuliah 2 tahun silahkan melampirkan surat keterangan, KHS, dan kartu tanda mahasiswa. Paling penting lagi silahkan cek kampus kamu apakah terdaftar di Dikti karena ada beberapa kasus yang ditolak karena kampusnya tidak terdaftar di dikti. 

7. PENYETARAAN IJASAH LUAR NEGERI

Untuk kamu yang lulusan luar negeri harus dilampirkan sedalam 1 file Ijasah dan dokumen penyetaraan. Tapi setahu saya untuk lulusan luar negeri yang kuliahnya pakai bahasa inggris tidak perlu bukti IELTS.

8. BUKTI KEPEMILIKAN DANA AKTIF MINIMAL 5000AUD

Untuk bukti kepemilikan cukup uang ini saya sarankan jangan terlalu mepet karena kurs berubah setiap hari. Paling aman silahkan cantumkan minimal saldo Rp 57.000.000.

Untuk yang menggunakan rekening orangtua silahkan lampirkan KK. Sesuai artikel di website imigrasi, surat ditujukan kepada DITJEN IMIGRASI, alamatnya silahkan cek diwebsitenya. Yang paling penting surat refensi bank HARUS ADA CAP BASAH. Ada beberapa kasus yang ditolak karena surat banknya tidak ada CAP BASAH. Untuk membuat surat refensi bank ini di BCA Rp 50.000

9. SURAT PERNYATAAN KEABSAHAN DOKUMEN (ISI MATERAI 10.000)

Berikut template surat keabsahan dokumen silahkan diisi tanggal, nama kalian dan jangan lupa tanda tangan harus kena sedikit dari materai. 

DOWNLOAD SURAT KEABSAHAN

TOTAL SEMUA YANG SAYA KELUARKAN Rp 5.009.000 SEKALI LAGI INI BERBEDA BEDA UNTUK SETIAP ORANG SESUAI POINT POINT YANG SAYA JELASKAN DIATAS.

*UPDATE TAMBAHAN PER MEI 2023 VISA SAYA SUDAH GRANTED*

Saya sudah menyelesaikan semua proses hingga visa granted, tambahan biaya setelah mendapatkan SDUWHV dan hingga visa GRANTED sudah saya update disini:

    BIAYA KESELURUHAN MENGURUS WORKING HOLIDAY VISA


READY TO JOIN SDUWHV WAR

Selagi mempersiapkan dokumen, saya join ke beberapa group pejuang WHV ini di telegram dan whatsapp untuk lebih memudahkan mendpatkan informasi. Saya mengikuti SDUWHV Gelombang 5 pada 3 April 2023, sesuai prediksi saya berjarak 2 bulan dari gelombang sebelumnya. Tips Untuk War di website imigrasi ini gunakan internet yang cepat, minta bantuan satu teman kamu untuk back up jika semisal ketika kamu isi websitenya error, ada temanmu yang bisa submit lebih cepat. 

Trik yang harus kamu tahu:

-  Biasanya War jam 10 WIB, tapi berkaca dari gelombang gelombang sebelumnya, jam 09:45 sudah buka, jadi kamu harus rajin refresh.

- Login dulu account google kalian di websitenya supaya lebih cepat sekali refresh tinggal pilih tanggal validasi. 

- Tonton Video di youtube sudah banyak yang upload tampilan layar bagaimana kolom pengisian. Saya sendiri membuat semua data sesuai urutan yang nanti akan di upload di satu document ms word, sehingga nanti ketika mengisi data di websitenya tinggal COPY PASTE tidak perlu satu satu diketik. Saya masih ada formatnya, silahkan komen di kolom komentar jika ada yang mau akan saya bagikan. 

Jika semua berkas sudah siap mari kita meluncur ke Tips Berikutnya di Hari H Mendapatkan Kuota SDUHWV (form isian sudah ada disini)

Cara apply WHV (Lodge Visa) di Web Immi Australia

SELAMAT BERJUANG TEMAN TEMAN. SILAHKAN BERTANYA AKAN SAYA JAWAB SEMAKSIMAL MUNGKIN. SILAHKAN JUGA SUBSCRIBE YOUTUBE CHANNEL SAYA  

Helga Christ
Helga Christ Currently living in Bali

37 comments for "PENGALAMAN MEMBUAT SDUWHV WORKING HOLIDAY VISA AUSTRALIA TANPA AGENT"

  1. Mau kak di kirim format isian di form pendaftarannya SDUWHV iwansantoso858@gmail.com

    ReplyDelete
  2. kak izin minta juga kak form isiannya sriminuty@gmail.com .. terima kasih

    ReplyDelete
  3. Kak mohon juga untuk dikirimkan form isiannya πŸ™πŸ» salimiagustimasihin@gmail.com terimakasih banyak

    ReplyDelete
  4. Terima kasih sharingnya kak, saya izin meminta form isiannya. Mohon dikirimkan ke email berikut : bimaredfield7@gmail.com

    Terima kasih banyak

    ReplyDelete
  5. Mau kak di kirim format isian di form pendaftarannya SDUWHV , berikut emailnya: nandawibitamaaa@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah ada di next post. cek disini https://www.helgachrist.com/2023/04/cara-rebutan-kuota-sduwhv-australia.html

      Delete
  6. kaa mau dikirim formatnya juga dong lestarisch@gmail.com
    thank youπŸ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek disini https://www.helgachrist.com/2023/04/cara-rebutan-kuota-sduwhv-australia.html

      Delete
  7. Mau kak di kirim format isian di form pendaftarannya SDUWHV , berikut emailnya:
    denysetiawan24@yahoo.com
    terima kasih

    ReplyDelete
  8. Mau dikirim form isiannya ya, thankyouπŸ™ wincent.wcp.888@gmail.com

    ReplyDelete
  9. Terima kasih atas informasinya kak.
    BTW format nya boleh kirim email kak.
    lora.server.01@gmail.com

    ReplyDelete
  10. Halo Kak, salam kenal. Aku juga mau dong dikirim formatnya ke email amana.shida@gmail.com. Terima kasih banyaak. Sukses selalu :))

    ReplyDelete
  11. Mau juga kak di kirim format isian di form pendaftarannya SDUWHV andy.kotaksurat45@gmail.com πŸ™

    ReplyDelete
  12. Thankyou pol infonya super helpful, boleh donk kak di kirim format isian form pendaftarannya
    kentzob@yahoo.co.id

    Terima kasih kak πŸ™πŸ»

    ReplyDelete
  13. halo kakkk, izin ya aku mau formatnya :') Terimakasih kak . Ini emailku sr.journey12@gmail.com

    sukses selalu ya kakkkk :)))

    ReplyDelete
  14. halo, boleh minta juga format ya? Terimakasih πŸ™ emandautami@gmail.com

    ReplyDelete
  15. hii kak, ijin mau minta formatnya yaa.. email : cindevilcg@gmail.com

    trimakasih banyaak kak

    ReplyDelete
  16. kak tolong dikirim formatnya ke email auliastatham@gmail.com
    makasih kak berkah sell

    ReplyDelete
  17. Halo kak, thank you sharingan nya sangat membantu sekali untuk lebih paham dengan SDUWHV ini, izin boleh dibagikan format nya ke email sarennovinzavinza@gmail.com kak, many thanks :)

    ReplyDelete
  18. Mau juga kak form nya, email aku asalibels@gmail.com terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah ada di next post. cek disini https://www.helgachrist.com/2023/04/cara-rebutan-kuota-sduwhv-australia.html

      Delete
  19. info grup wa sama telegramnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga bisa invite orang, silahkan chat admin group WA untuk di invite ke group WHV nya +62896 6287 5898

      Delete
  20. Mau kak dikirimkan formatnya, terimakasih
    Jennyjoo77@yahoo.com

    ReplyDelete
  21. mau kak dikirimkan formatnya , terimakasih banyak
    dindasri03@gmail.com

    ReplyDelete
  22. Terima kasih banyak sharing-nya, sangat bermanfaat.
    Jika berkenan, saya minta format untuk pengisian SDUWHV-nya.
    Berikut email saya :

    oto.ginanjar@gmail.com

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  23. Mau kak form isiannya tolong dikirim ke handrikbryanmunthe@gmail.com

    ReplyDelete
  24. mau kak dikirimin formnya ke shinta.chaerina@yahoo.com , Makasi kak

    ReplyDelete
  25. kak mau formatnya dong dikirimin ke khaliqalaraf@gmail.com makasih

    ReplyDelete
  26. Kak izin bertanya, kalau referensi dibuat sekitar dua bulan sebelum sdu dibuka apa masih aman dipakai?

    ReplyDelete
  27. Kak tolong dikirim format isiannya ke handrikbryanmunthe@gmail.com dan tolong masukkan ke.grup.telegram pejuang whv nomor saya ini ya kak 0859106938488 mohon dibantu kak. trims

    ReplyDelete
  28. Terima kasih banyak sharing-nya, sangat bermanfaat.
    Jika berkenan, saya minta format untuk pengisian SDUWHV-nya.
    Berikut email saya :

    teha27@gmail.com

    Terima Kasih

    Hendriyanto

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah ada di next post. cek disini https://www.helgachrist.com/2023/04/cara-rebutan-kuota-sduwhv-australia.html

      Delete
  29. Hallo... skck yg sidik jari apakah kepolisian jg yg mengeluarkan? ato dr lembaga sidik jari yg dtunjuk kepolisian khusus utk ke LN?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin SKCK untuk WHV cuma di POLDA atau POLTABES. Sidik jari langsung disana satu alur

      Delete
  30. Hi ka, salam kenal saya richy. Thank you sangat membantu. Saya boleh minta formnya juga ka?

    richy.pratama015@gmail.com

    Makasih banyakk

    ReplyDelete