Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGALAMAN MEDICAL CHECK UP (MCU) VISA WHV AUSTRALIA

Kali ini aku mau berbagi pengalaman tahapan akhir dari mengurus visa australia yaitu Medical Check Up. Bagi yang belum memulai mengurus Working Holiday Visa sudah aku share tahapan awal sampai akhirnya di Youtube. Silahkan juga dibagikan ke teman teman yang membutuhkan informasi tersebut. 



APA ITU MEDICAL CHECK UP?

Medical check up merupakan tahapan mengecek kesehatan kita sebelum bisa memiliki visa karena setiap negara punya peraturan yang berbeda beda. Untuk Australia sangat concern ke penyakit menular misalnya TBC atau pun penyakit berat lainnya tentunya akan menjadi pertimbangan suatu negara untuk mengizinkan kamu tinggal disana. 

SYARAT MEDICAL CHECK UP



Untuk kamu yang mengajukan medical check up sudah habis memiliki kode Hap Id yang bisa dibuat di website immi australia. Untuk yang sudah lodge visa terlebih dahulu, hap id akan otomatis dikirim via email. Jika melalukan proses terbaik, kalian bisa request medical check up di website immi lalu lodge visa jika sudah medical check up. 

Untuk rumah sakit yang melayani medical check up visa australia ini hanya yang ditunjuk secara resmi oleh pemerintah australia. Yang paling recommended di jabodetabek yaitu RS Premiere Jatinegara atau Bintaro, menurut pengalaman yang sudah MCU dimana hasil lebih cepat proses imigrasi australia. 


Rumah sakit juga punya syarat masing masing untuk medical check up silahkan tanyakan rumah sakit yang kamu tuju. Karena saya domisili di Bali, maka BIMC satu satunya rumah sakit yang bisa MCU Visa Australia. Disini saya diberi google form link yang harus diisi data data seperti Hap id, scan paspor, sertifikat vaksin dan lainnya. Saat hari H tes hanya diminta membawa paspor asli. 


PROSEDUR MEDICAL CHECK UP

Karena biasanya medical check up ini rame masa masa anak whv sudah dapat SDUWHV, jadi kamu harus cepat booking dulu jadwal MCU langsung hubungi customer sevicenya, untuk booking kamu tidak usah melampirkan hap id, bilang aja nyusul hap idnya beberapa hari sebelum MCU sembari melengkapi dokumen untuk lodge visa. 

1. GENERAL CHECK UP

Mungkin di rumah sakit lain berbeda dengan BIMC prosedurnya tapi ini pengalamanku MCU di BIMC Bali. Pertama tama suster akan memanggil untuk General Check up dicek tekanan darah, berat badan dan tinggi badan.

2. TEST URINE

*Update per July 2023 Urine diganti jadi sample darah*

Setelah untuk suster akan memberikan botol kosong untuk tes urine pastikan kamu sudah minum yang cukup banyak dari saat menunggu antrian supaya cepat proses ini. 

3. RONTGEN

Setelah itu kita menuju ke ruang Rontgen untuk di rontgen dadanya, cuma 5 menit kok dan harus memakai baju dari rumah sakit. 

4. TEST MATA

Setelah itu kita akan ditest mata untuk membaca huruf huruf yang ada. Kalo kamu mata minus silahkan dibawa kacamata atau pakai softlens

5. KONSULTASI DENGAN DOKTER
Ini tahapan terakhir dari Medical Check Up. 
biaya

Secara keseluruhan proses menghabiskan untuk sekitar 30 menit dan biaya disini Rp 1.324.000

Silahkan teman teman juga baca aku rangkum alasan kenapa bisa visa kita ditolak disini 

Helga Christ
Helga Christ Currently living in Bali

12 comments for "PENGALAMAN MEDICAL CHECK UP (MCU) VISA WHV AUSTRALIA"

  1. Halo saya lugas rencana ke depan mau ikut whv, mau tanya terkait medical check up apakah masih wajib bawa sertifikat vaksin? Sebab saya selama masa corona tidak pernah vaksin sama sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending langsung vaksin 2x dulu, berangkat ke luar negeri skrg wajib sudah vaksin minimal 2 kali biasanya . bukan cuma MCU.

      Delete
  2. Halo kak thankyou bgt utk informasinya, jika saya sudah pernah MCU utk visa student di bulan Maret kmrn dan ud disubmit ke immi nya apa saya perlu melakukan MCU ulang utk pengajuan WHV yg batch september ini yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seingetku 12 bulan kebelakang kalo udah MCU ga perlu lagi

      Delete
  3. Halo saya rencana pengen ikut whv tapi masih ragu perihal kesehatan sebab saya pernah kecelakaan dan mengalami patah tulang. Apakah kondisi terkait jadi pertimbangan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo untuk MCU tidak ada masalah, masalahnya adalah job kamu nanti di australia kamu harus tahu mau kerja apa. karna kebanyakan kerja fisik berat kalo ga punya skill kaya barista, dll

      Delete
  4. Halo, utk rumah sakit di daerah kota Medan bisa gak ya kak?

    ReplyDelete
  5. Hallo saya pernah patah tulang dan sudah normal apakah masih bisa untuk whv

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama bang saya juga cari tau info ini,hehe

      Delete
  6. Kak untuk mcu nya gigi juga di cek atau gak ya?

    ReplyDelete
  7. Halo kak, saya buta warna parisal, kira2 itu ngaruh ga ya dengan MCU?? Thanks kak

    ReplyDelete
  8. kk, kalau ada ambeyen bermasalah gk yaa nnti mcu nya?

    ReplyDelete