Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MENDAPATKAN IELTS UNTUK WORKING HOLIDAY VISA AUSTRALIA

Hi! Kali ini aku akan membagian Tips dan Pengalamanku mendapatkan Sertifikat IELTS yang menjadi syarat untuk Working Holiday Visa Australia. Untuk artikel terkait WHV Lainnya kalian bisa cek DISINI

pic by Dribbble

TENTANG TES IELTS

Untuk mendaftar Working Holiday Australia ini, terdapat syarat untuk melampirkan bukti kemahirakan berbahasa inggris dengan beberapa opsi pilih test dan salah satunya adalah IELTS. Untuk IELTS ini nilai yang diminta 4.5 overall. Keuntungan jika memilih IELTS adalah karena banyak yang juga mengambil ini untuk syarat studi ke luar negeri, maka informasi, tips, dan trik untuk pengerjaan soalnya juga banyak. Serta jadwal tes IELTS ini relatif lebih banyak.

Untuk Tes IELTS sendiri ada di lembaga resmi seperti British Council, IDP, dan IALF. Di Bali, aku pribadi mengambil test IELTS di IALF Bali dengan mendaftar online di WEBSITE

   

Silahkan pilih tanggal sesuai yang tersedia dan jenis tes yang kamu mau. Untuk harga tes ini Rp 3.150.000 

JENIS IELTS PILIH YANG MANA?

Terdapat 2 jenis tes IELTS yaitu Academic dan General. Secara singkat Academic digunakan untuk yang akan melanjutkan studi ke luar negeri dan General biasanya digunakan untuk keperluan misalnya kerja. Untuk Working Holiday Visa ini kita bisa menggunakan keduanya, namun aku sarankan mengambil yang General karena perbedaannya pada kata dipakai lebih mudah dimengerti pada Reading section dan task 1 dalam Writing juga lebih mudah yaitu menulis surat. 

Lalu untuk metode tes juga ada 2 pilihan yaitu Computer Based atau Paper Based. Jika computer menggunakan komputer yang tersedia di tempat test dan tentunya hasilnya lebih cepat dibandingkan dengan Paper based test yang dikoreksi manual. Namun menurutku sebenarkan Paper based lebih enak dalam test, nanti akan ku jelaskan kesalahanku dalam Computer based.

PERSIAPAN TES IELTS

Setiap orang memang kamampuan yang beda, tidak bisa disama ratakan. Jika dirasa level kemampuan bahasa inggris kamu masih nol, silahkan mengambil kelas kursus bahasa inggris dulu. Di kampung inggris sendiri di Pare terdapat kelas khusus yang diperuntukan khusus untuk Working Holiday Visa ini. 

Jika dirasa kamu bukan dari nol lagi, dengan patokan menonton film sudah tidak perlu subtitle dan mengerti mengobrol dengan native speaker, silahkan pakai cara persiapan yang aku pakai. Aku mendaftar IELTS test ini dengan tanggal test sekitar 3 mingguan dari tanggal daftar, jadi aku ada waktu hampir 1 bulan untuk mempersiapkan. Segala tutorial di Youtuba sudah aku nonton dan aku bisa simpulkan ini metode terbaikku hingga mendapatkan score 6.5

1. KELAS PREMIUM BAHASA INGGRIS

Karena ingin mempersiapkan dengan baik namun low budget, aku tidak ikut kelas preparation karena cukup mahal. Karena aku tahu kekuranganku adalah di Grammar, aku mencari cara untuk belajar Grammar dan akhirnya memutuskan untuk subscribe sebulan di MySkill.id dengan biaya Rp 29.000



Di platform ini memang bukan khusus bahasa inggris, banyak materi lain disini. Namun yang aku butuhkan grammar dan dasar yang kuat bisa aku pelajari disana. Kemudian ada juga materi penjelasan dengan test ielts itu sendiri. 

2. BELAJAR YANG YOUTUBE

Yang paling penting sekarang ini informasi sudah terbuka luas, salah satunya ya dari youtube. berikut aku rangkum yang menurutku sangat berguna untuk belajar

IELTS FULL COURSE IN 10 HOURS - Ini adalah video yang harus kamu tonton pertama tama. 10 jam penjelasan lengkap tips dan trick dari test ielts

E2 IELTS - Channel yang satu ini sangat membantu terutama dalam writing section, banyak sekali contoh contoh untuk writing task 1 atau task 2 disini.

ROSS IELTS ACADEMY - Channel yang ini sangat berguna untuk Speaking skill. Ada banyak sekali contoh dari masing masing band score yang bisa kamu amati.

3. BUKU IELTS

Kalo kamu mau beli buku ielts belilah yang rilisan dari Cambridge dengan kunci jawaban untuk latihan. Sekarang ini softcopy juga banyak yang jual kok. 

4. MOCK UP TEST

Yang paling penting juga cobain Mock Up Test Ielts misalnya di https://ieltsonlinetests.com/ yang aku sering pakai. Kalo sekiranya score kamu di mock up test sudah bagus seharusnya tidak ada masalah karena sebetulnya memang mirip. 

KESALAHAN DI TEST 

Ada pun kesalahan yang aku buat saat test ielts, mungkin kamu bisa juga belajar dari kesalahanku. Yang pertama gugup saat speaking test, memang kalo udah gugup itu bisa buyar pikiran. memang kuncinya menurutku udah harus sering latihan speaking sama stranger.

Kesalahan fatal di listening adalah aku sibuk mengutak atik tombol di layout jadi sekali sudah ketinggalan seterusnya akan susah mengejar kalo listening, karena cuma 1x diputar. Jadi saranku sebelum test harus sudah buka web resminya buat liat gimana layout test di komputer mereka. 

Helga Christ
Helga Christ Currently living in Bali

Post a Comment for "CARA MENDAPATKAN IELTS UNTUK WORKING HOLIDAY VISA AUSTRALIA"