Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGALAMAN KE HALONG BAY FULL DAY TOUR VIETNAM (PART 5)

Pengalaman ke Halong Bay - Hai, welcome back. Artikel kali ini adalah PART 5, sebelumnya aku sudah bagikan pengalamanku di Hanoi seharian. Ini adalah hari ke 9 di Vietnam dan kita memutuskan untuk ke Halong Bay atau Ha Long Bay dari Hanoi dan malamnya kita sudah naik kereta nanti untuk ke Sapa. 



TOUR HALONG BAY
Kenapa Halong Bay terkenal? Halong bay ini termasuk dalam UNESCO World Heritage dan lokasi dari film king kong dan beberapa film lainnya. Disini terdiri dari banyak pulau pulau kecil bisa kita bilang topologinya hampir mirip raja ampat atau labuan labuan bajo.

Seperti yang sudah aku jelaskan di postingan sebelumnya, rata rata semua tour itu sama dengan 2 jenis paket deluxe dan luxury untuk yang full day tour dan yang aku ambil ini seharga USD 39. Untuk semua tour itu free pick up dan drop off untuk daerah Old Quarter dan untuk kamu yang berada di luar Old Quarter akan bertemu di dekat Opera House Hanoi jam 8 pagi.

 

Untuk teman teman yang merasa full day tour kurang, bisa ikut paket yang menginap di kamar sejenis mirip liveabordnya labuan bajo dan memang rata rata tour yang dijual ke Halong Bay ini dikemas luxury.

PERJALANAN DIMULAI 
Dari jam 8 pagi kita berangkat dengan bus dan tour guide yang menjelaskan dengan rinci tentang Vietnam secara umum dan Halong Bay secara khusus. Perjalanan menuju ke port dermaga kapalnya itu sebenarnya sekitar 90 menitan cuma karena nanti di perjalanan banyak stop jadi agak lama. 

Pertama kita stop di area toilet atau yang mau belanja oleh oleh, dan yang kedua stopnya sudah di dekat port kapal yaitu tempat pengolahan mutiara. Kamu bisa membeli mutiara disini atau makanan. Dan kita sampai ke pelabuhan itu sekitar jam 11:30pm.

DESTINASI HALONG BAY TOUR
Pertama tama kita depart dari pelabuhan sekitar 12 siang, dan langsung disajikan makanan siang kita satu per satu. Kalo yang khusus makanan halal itu ga ada ya, cuma nanti ada pilihan untuk vegetarian. Jika dirasa kurang nyaman makan daging mungkin bisa pilih masuk ke group yang makanan vegetarian. 


Yang perlu kamu ketahui untuk Halong Bay ini semuanya tidak termasuk minum jadi kita udah prepare bawa sendiri banyak minuman supaya ga beli lagi :) Sambil berlayar sambil menunggu semua makanan keluar sekitar 1 jam an. Makanannya jujur diluar ekspektasi banyak banget sampai satu meja kita ga ada yang bisa ngabisin. Kebanyakan tour operator punya rute yang sama, disini aku kasih gambaran garis beras bagaimana destinasinya

TI TOP ISLAND
Destinasi pertama kita adalah Ti Top Island, bisa dibilang pulau ini sudah dikelola modern disini lengkap fasilitas ada restaurant, toilet modern dan lainnya. Secara umum pengunjung yang stop disini diberi 2 pilihan mau main di Pantainya atau Hiking karena waktu yang diberikan juga sigkat sekitar 45 menit untuk stop disini. 

Pertama tama kita pilih langsung naik Hiking keatas untuk melihat pemandangan, jalurnya udah full tangga dan sekitar 10 menit kita sudah sampai diatas. Puncaknya cukup kecil cuma untuk foto foto sebentar saja dan kita turun langsung ke daerah pantainya. Pantainya cukup ramai sih apalagi jika musim libur sekolah sudah pasti lebih padat. Penting untuk mengingat nama kapal kamu ya supaya tidak bingung pas mau balik ke kapal. 

BAMBOO BOAT / KAYAKING

Menuju ke tempat destinasi kedua dimana ada 2 pilihan Kayaking atau Bamboo Boat. Kamu harus pastikan ini apa sudah termasuk biayanya di paket yang kamu beli karna tidak semua operator itu free untuk Kayaking. Untuk di tour kami sudah gratis bisa pilih salah satu. 
Disini kita menghabiskan waktu +- 45 menit, kita akan menyusurin rute aman seperti di dalam kawasan cave. Untuk yang memilih Bamboo boat, kapal sudah akan didayung oleh orang lokal sana jadi kita tinggal duduk manis saja. 

THIEN CUNG CAVE
Ini destinasi terakhir kita, ini menjadi highlight dalam trip ini menurutku. The best cave! Goa ini berada di satu pulau dan sudah dibuat akses yang professional untuk turis jadi kita tinggal mengikuti jalan setapak dan tangga yang ada. 

Untukku Goa ini paling menarik dari semua destinasi, disini kamu bisa melihat stalaktit dan stalagmit yang masih aktif juga. Kalau di destinasi lain itu cuaca panas, di Goa ini banyak spot dingin, yang paling bikin takjub di Goa ini adalah hasil alami dan pengikisan batunya yang berbentuk macam macam dan juga yang paling unik disini ada banyak bagian dari tempat ini yang memiliki kristal berglitter di beberapa bagian dan ini alami. Tapi sayang beberapa spot sudah tidak bergliter lagi karena dipegang oleh wisatawan yang berkunjung disini. Total di cave ini sekitar 40 menit dan kita kembali ke  kapal.

KEMBALI PULANG
Perjalanan pulang kembali ke pelabuhan itu sekitar 1 jam. Di paket tour kita sudah dapat sunset party dimana disediakan cemilan dan untuk minuman bisa pilih wine atau teh. 

Nah ini waktu terbaik untuk menikmati pemandangan dari atas deck kapal sambil menunggu sunset. Tapi sejujurnya untuk pemandangan yang sama, lebih bagus di Khao Sok, Thailand mirip seperti ini dengan air yang lebih biru karena di Halong Bay ini air cenderung coklat. Cuma yang di Thailand ini pakainya Dragon Tail Boat tidak dikemas luxury seperti ini. 


Sekitar jam 7 malam kita baru sampai di pelabuhan dan bergegas pulang. Lumayan agak deg degan pas pulang karna kita sudah ada jadwal kereta jam 10 malam langsung dengan tujuan Lao Cai / Sapa. Alhasil ngaret pulang ke Hanoi itu jam 9 lewat udah mau jam 10. Langsung kita sambung dengan Grabcar karena kalo nunggu bus keliling ngedrop penumpang satu satu akan lama. Overall menurutku worth it untuk experiencenya dan sangat terjangkau dengan semua yang kita dapatkan seharian ini. 

Kemudian selanjutnya perjalanan dari Hanoi ke Sapa bisa kamu baca juga DISINI

Helga Christ
Helga Christ Currently living in Bali

2 comments for "PENGALAMAN KE HALONG BAY FULL DAY TOUR VIETNAM (PART 5)"

  1. Halo, salam kenal. Saya mau tanua untuk halong bay tour, apakah friendly untuk membawa anak kecil? Terutama saat penelusuran cave dan naik bamboo boat? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, aman kok membawa anak kecil. Medannya tidak berbahaya

      Delete