Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGALAMAN BACKPACKER KE SAPA VIETNAM (PART 6)

Pengalaman Traveling ke Sapa Vietnam - Hi welcome back, ini adalah tulisku PART 6 tentang trip di Vietnam setelah sebelumnya aku ke Hanoi dan Halong Bay bisa cek DISINI. Jadi Sapa adalah pemberhentian terakhirku di Vietnam sebelum kembali pulang.  

TRANSPORTASI MENUJU SAPA

Untuk yang belum tahu, transportasi ke Sapa ini yang paling lazim untuk traveler ada 2 pilihan yaitu; Sleeper bus dari Hanoi yang langsung turun di Sapa, atau naik Sleeper Train dari Hanoi ke Lao Cai, dan nyambung mobil ke Sapa.

layout sleeper train Hanoi - Sapa (4beds)

Ini lebih ke tergantung preferensi sebetulnya, kalo kamu tidak mau ribet saranku lebih baik mengambil sleeper bus karena tidak perlu repot lagi sudah sampai Sapa. Tapi di trip kali ini karena ini mencoba Sleeper train di Vietnam akhirnya kita memilih dengan rute kereta. 

FYI untuk membeli tiket kereta via web/app resmi kereta mereka itu agak susah karena paymentnya hanya menerima bank lokal Vietnam. Jadi akhirnya kita beli dari hotel tempat kita menginap di Hoi An, atau bisa pesan lewat travel agent yang ada. Untuk harga kereta itu di lower deck lebih mahal sedikit dari upper deck dan 1 kamar isinya 4 orang. Kita pesan 1 lower dan upper deck VND 530.000 dan VND 560.000 ini harga yang kita beli dari guesthouse kita. 

*Untuk pengalaman kereta mungkin nanti aku bahas di Youtubeku, jujur agak kurang menyenangkan PP naik kereta berdasarkan pengalaman pribadiku aku lebih suka naik sleeper bus di Vietnam*

Jadi karena paginya kita ikut Halong Bay tour full day dan dijanjikan jam 8 sudah sampai Hanoi lagi pagi ternyata ngaret lumayan. Takut banget ketinggalan kereta kita jam 10 malam, akhirnya sampai Hanoi itu jam 9 an malam, dan langsung kita sambung via Grabcar ke Hanoi Railway Station. Kemudian kereta kita sampai di Lao Cai ini jam 5:30, berbekal research kita menemukan untuk transportasi ke Sapa dari stasiun kereta paling murah adalah public mini bus no 1 yang tepat di parkiran depan stasiun ini begitu sampai langsung liat ke parkiran sebelah kiri. Untuk tarif terbaru mereka VND 40.000, walau ada jadwalnya tapi kenyataannya nanti busnya berangkat kalo ada bus lain yang sampai gitu jadi gantian ngantri busnya.

Mini van dari Stasiun Lao Cai ke Sapa

Nah kita pribadi nunggu sekitar 30 menit baru berangkat karena sepi, btw si stasiun kereta ini juga ada jual mini bus lebih mahal dikit tapi lebih cepet berangkat gitu. Kalian harus bersiapkan mental dan fisik karena menuju Sapa itu naik turun pegunungan bener bener bikin mual dengan jarak sekitar 35km, kurang lebih 1 jam lah. Nanti stop aja minta di terminal deket gereja cathedral itu udah pusat kota Sapa.

DAY 1

Nah setelah sampai di Sapa itu kurang lebih jam 8:30 pagi, kita menuju ke penginapan dengan jalan kaki tentunya (Green Sapa Homestay). Disini kita diberi early check in untuk mandi dulu dan nyuci baju tentunya haha. Dan setelah beres beres kita ke coffee shop dekat penginapan untuk sejenak bersantai. Hari ini memang kita ga mau capek capek karena di Sapa ini kita punya jadwal untuk mendaki ke Fansipan besoknya. 

Green Sapa Homestay

Setelah ngopi kita balik dulu ke penginapan untuk tidur dulu sebentar karena di kereta walau sleeper train ga bakal bisa tidur, banyak banget gangguan dari staffnya bolak balik masuk ke kabin. Dan setelah istirahat juga kita makan ke tempat yang dekat dekat saja dan langsung jalan sore menuju ke area kotanya di sekitaran Cathedral dan Danau. Oh iya btw, kalo kamu pagi pagi keluar di jalan ada beberapa orang lokal yang bakal menghampiri untuk menawarkan jasa pemandu lokal untuk trekking, tentunya akan lebih murah. 


Sore ini kita habiskan waktu berkeliling kota Sapa dengan berjalan kaki sampai di sekitaran Danau untuk duduk bersantai ala piknik. Semakin malam, udara di Sapa semakin menurun walau ngga dingin banget kaya Eropa pas winter tetep dingin juga sih silahkan bawa jaket dan biasanya kabut sudah mulai turun. Sekitaran Danau dengan latar belakang pegunungan mirip swiss. Dan untuk pusat kota Sapa memang tidak besar, kita bisa berjalan kaki dengan santai mengelilingi beberapa tempat termasuk gereja cathedralnya yang ikonik.

Itinerary Sapa Day 1 : Arrived in Lao Cai Train Station - Sapa by Mini Van - Checkin - Explore the city by Walking

DAY 2 & 3 (FANSIPAN HIKING)

Di hari ke 2 & 3 ini kita full hiking ke Fansipan (2 Hari 1 Malam). FYI untuk tarif hiking itu bervariasi tergantung apa kamu private trip atau group. Kita dapat harga yang lumayan fair price sih USD 85 / orang dan cuma berdua ini sudah termasuk makan, dan segala kebutuhan nanti aku bahas di artikel khusus tentang mendaki FANSIPAN ini ada banyak sekali hal yang harus kamu tahu sebelum memutuskan untuk mendaki. 

Tapi untuk kamu yang tidak mau capek capek mendaki, tentunya bisa dengan Cable car menuju Fansipan. Kita turun itu sampainya sekitar jam 4 sore, itu kaki udah mau copot kita cuma makan diluar aja abis itu tidur panjang secapek itu. 

PENGALAMAN MENDAKI FANSIPAN SILAHKAN DIBACA DISINI

Itinerary Sapa Day 2&3 : Full day Fansipan Hiking 

 DAY 4 (Lao Cai)

Di hari ke 4 ini aku pulang ke Hanoi karena besok siangnya flight pulangku. Pagi pagi kita checkout jalan kaki ke terminal bus untuk ke Lao Cai, btw karena keretaku malam jam 10, dan partner travelingku melanjutnya perjalanan ke border China Mainland besokannya jadi dia menginap semalam di Lao Cai. Jadi aku bisa numpang dulu rebahan sampai menunggu jadwal kereta malam sambil melihat kota Lao Cai. 

Inilah sialnya di detik detik terakhir di Sapa malah kena scam, jadi awalnya kita mau ambil bus yang sama dengan yang kita pergi pas baru mau kesana kita melewati satu mini van modelan lokal juga yang menawarkan harga sama VND 40.000 dan katanya langsung pergi ga usah nunggu. 

ini dia mini bus yang minta tarif tambahan ga sesuai janji:)

Lalu kita tunjukin destinasi kita adalah hotel yang dituju, orangnya pun menyanggupi bilang ok. Btw ini kita customer terakhir yang turun, eh pas turun kita diminta VND 120.000 / orang kaget ga tuh haha. Udah bengong aku karena kita emang ga megang duit cash lagi karena udah mepet budget dan kita itu udah tau cuma keluar duit buat transportasi ini aja di hari terakhir ini. Rencananya itu baru mau narik ATM pas nanti di Lao Cai. Karna aku bernyali ciut, ku serahkan kepada partner travelingku yang lebih preman. Dibentak kernet dan supirnya intinya kita udah bilang ga punya duit segitu, temenku bilang mau laporin polisi kalo tetep nekat dan akhirnya kita kasih semua yang ada di kantong kita itu mungkin sekitar 100k an VND. 

FYI di Sapa menurutku makanannya kurang enak dan to be honest tidak sesuai ekspektasiku diawalnya, sayang sekali penduduk lokal disana yang dipotret otakku seperti di foto / video orang malah banyak yang jadi pengemis dan mempekerjakan anak kecil gitu untuk mencari uang. 

Karena hotel di Lao Cai ini di pinggir sungai, setelah checkin kita jalan kaki aja sekitaran hotel dan sungai untuk makan. Lao Cai ini ternyata termasuk kota wisatalah disini kebanyakan turis chinese karena berada di border dan makanan disini itu enak enak lebih puas makan disini sejujurnya. Dan di Lao Cai ini sepengalamanku mereka lebih ngerti bahasa china di resto restonya dari pada bahasa inggris. 

Lalu balik ke hotel sambil menunggu jam kereta, btw di Lao Cai jangan berharap pesen Grabcar, ga pernah berhasil dapet driver kalo sepengalamanku. Ke stasiun kereta juga di bantu pesenin taxi sama hotelnya dengan tarif VND 40.000. 

Well tentunya ada drama terakhir di kereta pulang makanya aku ga rekomendasiin naik kereta bisa bisanya nomor gerbong yang aku pesen itu ga ada bayangin aja kalian dapet gerbong no 9, tapi di kereta itu lompat nomornya dari gerbong 8, 10 dan gerbong 9 nya ilang bingung ga tuh. Pas di tengah malem stasiun lain, ada penumpang yang masuk ngotot juga tempat tidur aku itu punya mereka, ya bisa jadi sih secara gerbong yang aku pesen ilang :)

Btw berbeda dengan kereta dari Hanoi yang tepat waktu, kereta dari Sapa waktu aku pulang ini jadwalnya 21:30, tapi jam 9 kurang udah pada disuruh masuk.

Dan besok paginya aku sampai di Hanoi dan bersiap flight pulang daru Hanoi ke Bali. Aku muterin sekitar Railway Stationnya aja sampai siang karena aku naik Bus express no 86 ke airport dari depan Railway Station, Bisa cek disini pengalaman naik bus ke Airport Hanoi.

Inilah akhir dari perjalananku Vietnam dari Selatan ke Utara, kalo ditotal ada 2 minggu di Vietnam.

Itinerary Day 4 : Sapa - Lao Cai, Lao Cai transit

Semoga bisa membantu teman teman ya. Jangan lupa yuk support biar aku bisa tetap memberikan konten konten traveling yang bermanfaat dengan juga mensubscribe youtubeku @helgachrist

Helga Christ
Helga Christ Currently living in Bali

Post a Comment for "PENGALAMAN BACKPACKER KE SAPA VIETNAM (PART 6)"