PENGALAMAN BACKPACKER KE PENANG MALAYSIA 4 HARI 3 MALAM

Backpacker ke Penang Murah - Kali ini saya akan membagikan pengalaman backpacker ke Penang murah ala backpacker selama 4 hari 3 malam. Didalam catatan ini saya akan merincinkan biaya backpacker ke Penang seperti Transportasi, Hotel, Atraksi Wisata dan juga makan (All in).


PERSIAPAN KEBERANGKATAN
Berbekal tiket promo karena rute baru Surabaya - Penang direct dibuka, akhirnya saya mendapatkan tiket murah by Cilink tentunya sangat murah dan tidak akan saya lewatkan. Untuk penerbangan Citilink menuju Penang dari Surabaya memakan waktu 3 jam dan memdapatkan bagasi 20kg dan makanan. Tapi untuk tiket pulangnya dialihkan via Jakarta, katanya memang sekarang untuk rute Penang - Surabayanya dialihkan transit ke Jakarta dulu. 
Seperti biasa sebelum memulai perjalanan saya sudah mempersiapkan itinerary dan segala tiket wisata juga sudah dibeli dari Indonesia supaya lebih murah. Semua tiket baik simcard juga dibeli via klook ( kalo mau kode promo potongan harga Rp 45.000 dari Klook bisa daftar DISINI )
Tips untuk kalian jika memilih hotel sebisa mungkin didekat komtar supaya transportasi kemana mana enak, karena Komtar di daerah George Town ini bisa dibilang pusatnya Penang. Untuk beberapa spot saya berikan link penghubung ke artikel untuk review lebih lengkapnya karena sudah saya bahas disini sebelumnya.

HARI KE 1 (SAMPAI DI PENANG)
Hari pertama sampai di Penang, memang kita tidak terlalu banyak jalan karena sampai disana sudah jam 4 sore, ditambah lagi drama Sim card yang habis stock, jadi kita harus beli di konter sim card yang ada satu satunya di airport yang tersisa dan ngantrinya panjang banget cukup menguras waktu. Karna di trip ini berdua jadi enaknya backpacker ke penang ini banyak budget yang bisa diminimalisir dengan bagi 2. 

Sekitar jam 5 sore kita berangkat dari Penang International Airport menuju ke hotel kita yaitu Tune Hotel di daerah George town dengan bus rapid penang no 401E ini adalah opsi termurah untuk kamu menuju ke Komtar hanya RM 3.10 dan langsung dibayar ke supirnya. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 1 jam menuju ke Komtar, dari komtar kita menuju ke hotel dengan berjalan kaki. Jadi kita sampai di hotel sekitar jam 18:30, karna sudah lumayan capek jadi kita putuskan untuk cuma jalan jalan disekitar hotel saja dan makan malam hokkien mee persis di depan hotel, ini wajib kalian coba katanya sih The Best Prawn Mee di Penang Island. Setelah selesai makan, kita jajan di 7 eleven yang kebetulan letaknya di bawah hotel langsung. 


Pengeluaran Hari 1 (1RM = Rp 3.500): 
Sim Card (RM 25 / 2) = RM 12.5 / Bus Rapid Penang = RM3.10 / Makan Malam RM 8.40 / Tune Hotel 2 malam + pajak hotel = Rp 240.000. Total Rp 324.000

HARI KE 2 (KEK LOK SI TEMPLE + STREET ART)
fatty boy chicken rice


Di hari kedua ini sebelum memulai perjalanan kami makan pagi sejenak di sebuah kedai nasi ayam yang cukup terkenal di daerah George Town yaitu Fatty Boy Chicken Rice. Untuknya tempat makan yang satu ini berada persis di samping dari hotel saya, disini saya saya memilih menu roasted chicken ini dihargai RM6 dan untuk minumannya milo RM 2. Jika teman teman sudah pernah mengunjungi Malaysia sebelumnya pasti cukup familiar dengan menu chicken rice ini yang bisa dibilang nasi hainan versi malaysia. 
pintu masuk kek lok si temple dari bus stop

Kemudian saya mengunjungi Kek Lok Si Temple , dari tempat makan tadi kita berjalan sekitar 10 menit menuju ke terminal bus Pasar Chowrasta dan pergi dengan bus no 201, sebetulnya ada banyak bus yang melewati terminal menuju ke Kek Lok Si Temple ini, untuk lebih pastinya kamu bisa tanya ke supirnya dan minta dia turunkan disana supaya tidak terlewat, tarif bus juga sangat murah RM 2. Dari terminal busnya cukup jalan kaki sekitar 5 menit menuju ke pintu masuk kuil. 
kek lok si temple

Kek Lok Si Temple sangat tinggi dan besar jadi memang cukup menguras tenaga untuk dieksplor, ada juga pilihan naik kereta listrik menuju ke Patung Dewi Kwan Im di paling atasnya seharga RM 3, saran saya belilah hanya tiket one way, karena supaya lebih hemat waktu dan tenaga kamu bisa langsung order Grab Car dari atas sini. Menuju ke George Town kami membayar Grab Car RM 20 persis di titik street art yang ada sepeda motor
Mencari spot spot street art ini memang cukup melelahkan apalagi untuk yang baru pertama kali ke Penang. 

Walaupun ada yang membuat jalur spot spotnya tetap saja harus sabar mencari ditambah lagi cuaca Penang panas banget. Jika tidak ingin capek berjalan kaki ada pilihan kamu bisa menyewa sepeda, sepeda listrik atau becak jika tidak ingin repot. Ditengah tengah kebingungan dan kepanasan mencari spot kami memutuskan untuk makan dulu di Lagenda Cafe, makanan disini porsinya sangat besar jadi kami saya membeli 1 untuk dibagi 2, kebanyakan memang porsi makanan di Penang ini cukup besar jadi lebih baik lihat dulu ke meja disamping kanan dan kiri. Disini kita pesan Fried Mozarella RM22 dan teh 1 pot RM7.
Setelah selesai makan kira kira jam 3 sore, kami melanjutkan mencari spot spot foto art street yang tertunda dan melanjutkannya berkeliling melihat lihat George Town karena banyak sekali spot spot menarik di kota tua ini hingga jam 7 malam. Disini baru gelap sekitar jam stengah 8 malam, dan untuk makan malam kembali kami memutuskan untuk makan di tempat kemarin karena bingung banyak makanan favorit disini yang tutup malam hari. Jadi mungkin kalian akan bingung suasana di George Town itu kalo malamnya ternyata sepi banget, banyak tempat yang tutup.
Pengeluaran Hari 2 
Makan pagi RM 8+ Bus RM 2, Kereta Kuil RM 3, Grab car RM10, Makan Siang RM 18, Makan Malam RM8.40 = Rp172.900

HARI KE 3 (MUSEUM + GEORGE TOWN)
Tai Tong Restaurant

Di hari ke tiga ini sebelumnya kami check out dan menitipkan koper dulu menuju ke George Town untuk kembali mengelilingi george town sambil mencari makan pagi di Tai Tong Restaurant. Restaurant yang satu ini menjual Dim Sum dan sangat ramai sampai harus antri disini kami makan dengan porsi kelaparan dan menghabiskan budget RM50 / 2 orang. 
wonderfood museum

Setelah kenyang kemudian kami menuju ke Wonderfood Museum yang merupakan salah satu museum yang banyak direkomendasikan, mengingat penang merupakan kota kuliner. Untuk tiket wonderfood ini sudah kita beli secara online sebelumnya supaya lebih murah dan ternyata jika kamu memiliki kartu pelajar, kamu akan mendapatkan harga RM15 bahkan lebih murah daripada beli online sangat lumayan bukan untuk menghemat pengeluaran backpacker ke penang. 

8 Rang Cafe
Setelah puas, akhirnya kami berjalan menuju ke Rang 8 Cafe yang ada di Jalan Lebuh Armani lumayan banget nyegerin badan ga kuat dengan cuaca Penang yang panasnya bikin sakit, disini kita minum ice milo dan makan waffle total RM12.70 berdua. Kemudian tinggal menyeberang dari cafe ini kami memasuki Asia Camera Museum untuk harga pelajarnya RM 15. 
asia camera museum

Jadi memang rata rata museum ini ada harga spesial untuk pelajar, selesai dari museum ini jam 3 siang lalu kami naik Grab menuju ke Hotel untuk mengambil koper RM 10 dan bepindah ke Tropics Eight Suites Hotel dengan Grab car juga RM 10. 
Untungnya waktu itu saya mendapatkan harga diskon di hotel ini sehingga hanya membayar setengah harga Rp 370.000. Hotel yang satu ini bergaya apartement lengkap dengan dapur dan ruang tamu didalamnya, tapi memang untuk hotel bergaya apartement begini letaknya di pinggiran George Town sehingga harus naik Grab / bus lagi ke pusat George Town.
Kemudian kita istirahat sebentar di hotel sampai jam 5 sore mau kita menuju ke Mcd di komtar dengan Grab RM10. Makan di Mcd kira kira menghabiskan budget RM 25 berdua, selesai makan kita keliling keliling di Mall hingga akhirnya temen saya kepincut tas koper minion di detik detik terakhir waktu kita menuju ke Rainbow Skywalk Komtar. 
Rainbow Skywalk

Akhirnya kita sampai di lobby the top komtar sekitar jam 7 malam, tiket juga sudah kita beli online dengan harga terbarik. Menuju ke Rainbow Skywalk ini ternyata tidak boleh membawa koper jadi alhasil harus menunggu  petugas mempersiapkan loker yang menyita cukup banyak waktu di detik detik genting. Untuk sewa loker disini RM5-RM15 tergantung ukurannya. Untuk info selengkapnya tentang Rainbow Skywalk ini cek disini
Red Garden Food Paradise

Melanjutkan makan malam kami menuju ke Red Garden Food Paradise, ternyata masih ada tempat makan di George Town yang bahkan buka sampai pagi hari dan diisi dengan hiburan nanyian yang cukup seru untuk menghabiskan waktu di malam hari. Disini saya memilih makan hokkien mee RM7 + minuman RM 1.40. Setelah kenyang akhirnya kita pulang ke hotel dengan menggunakan Grab Car RM10

Pengeluaran Hari 3
Makan pagi RM 25 + Wonderfood museum Rp 76.365 + Cafe RM 12.70 + Grab ke Tune Hotel RM 5 + Grab ke Tropics Eight Suites Hotel RM 5 + Hotel Rp 165.000 + Grab ke Mcd Komtar RM5 + Makan Mcd RM12.5 +Rainbow Skywalk Rp 145.000 + makan malam RM 8.40 + Grab car ke hotel RM 5 = Rp 661.465

HARI KE 4 (PULANG)
Di hari keempat ini sambil menunggu jam pesawat jam 2 siang, kami memutuskan untuk ke Pasar Chowrasta terlebih dahulu untuk mencari oleh oleh dan makanan disekitar sana. Jam 8 pagi kami menuju ke Pasar chowrasta dengan Grab car RM 10, Tips untuk teman teman yang berbelanja oleh oleh carilah kios di depan Mydin karena yang penjaganya orang Surabaya jadi harganya lebih murah. Dari sini kami menuju ke tempat penjualan es chendul atau cendol versi indonesianya yang sangat ramai yaitu Penang Road Famous Teochew Chendul seharga RM 3.10 + jajanan RM 2. Jujur saja kalo dari segi rasa menurut saya sih masih banyak es cendol yang lebih enak di Indonesia, tapi kalo penasaran boleh dicoba. 

Kemudian kami sebelum ke airport mencari tempat makan siang yaitu di Hon Kei Food Corner dengan hanya berjalan kaki. Disini tempatnya itu sejenis food court dengan banyak pilihan makanan, makan disini lebih baik sharing berdua, karena lupa porsi disini banyak kami beli satu porsi full hokkien mee RM 10 yang porsinya segunung, ditambah minuman jadi RM 12. Karena ringgit masih tersisa cukup banyak dan cukup mepet waktu ke airport akhirnya kami memutuskan naik Grab car ke Airport ternyata cukup murah RM 20, ditambah supir yang sangat ramah bahkan kami diberikan minuman gratis. 

Pengeluaran Hari 4
Grab ke Pasar Chowrasta RM5 + Cemilan RM5.10 + Makan Siang RM12 + Grab ke Airport RM 10 = Rp 112.350

Jadi total pengeluarkan per orang all in di Penang versi saya selama 4 hari 3 malam adalah Rp 1.270.715 harga sudah termasuk Hotel, Transportasi selama di Penang, Tiket Wisata dan Makan

0 Response to "PENGALAMAN BACKPACKER KE PENANG MALAYSIA 4 HARI 3 MALAM"

Post a Comment

Iklan Bawah Artikel