Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PERTAMA KALI SAMPAI DI AUSTRALIA? LANGSUNG URUS SEMUA INI - WHV AUSTRALIA

Hi! Kamu bingung nanti sampai di Australia atau untuk yang baru sampai di Australia perlu urus apa saja? tentunya ada banyak yang hal basic yang harus kamu ketahui, mulai dari tempat tinggal, sim card, bank, tfn, abn, superannuation, dan lainnya.



1. TEMPAT TINGGAL

 Jika sudah dapat tempat tinggal sebelum sampai di Australia, silahkan skip step ini. Banyak teman teman kita yang susah mendapat tempat tinggal khususnya di daerah yang agak terpencil. Untuk kamu yang akan tinggal lama di suatu tempat sebaiknya melakuin inspeksi sebelum memutuskan untuk menyewa kamar. Maka dari itu sebaiknya sewa hostel saja terlebih dahulu dengan budget biasanya $30/malam. 

Saranku untuk tempat tinggal ini sebaiknya carilah di group komunitas indonesia supaya prosesnya lebih gampang dari pada mengurus tempat tinggal dengan orang luar karena misalnya kamu diminta deposit sebelum datang ke Australia akan kesulitan dengan kondisi belum punya bank account dan belum tiba di Australia. 

2. SIM CARD

Sebelumnya aku sudah pernah menulis tentang pengalamanku membeli sim card secara online dan dikirim ke alamat di Australia, kalian bisa baca DISINI. Jadi silahkan dipikirkan dan dipertimbangkan sim card yang sesuai dengan kebutuhan kamu. FYI kalo belum yakin pilih yang mana pas sampai kamu bisa juga membeli paket internet roaming dari provider Indonesia yang cover Australia untuk sementara. 

Untuk kamu yang mungkin di tempat tinggalnya tidak ada Wifi, guna menghemat kuota atau mencari wifi biasanya tersedia di stasiun kereta, tempat umum beberapa seperti taman yang kebanyakan di pusat kota, yang paling sering aku gunakan adalah di pusat perbelanjaan dan di depan Bank.

 

3. BANK

Mutlak yang perlu kamu urus setelah punya sim card australia adalah akun bank, karena kita akan menggunakan nomor Australia untuk keperluan berbagai macam OTP dan transaksi perbankan. Nah aku paham untuk WHV holder karena bingung mungkin pilih bank mana, please do your own research juga. Klao ngikutin para WHV holder pendahulu pasti paling lazim menggunakan commonwealth karena katanya bisa dibuat dari Indonesia. 

Tapi aku sendiri tidak mau pakai Commbank karena melihat pengalaman temanku pas ke Indonesia dengan commbank banyak fee. Aku sendiri menggunakan Westpac, ada beberapa bank besar di Australia seperti Anz, NAB, Commbank, Westpac dan lainnya. 

Untuk aku yang buka akun Bank Westpac ini hanya perlu Paspor, nah kebanyakan bank disini itu untuk buka akun bank harus datang untuk bikin janji dulu tergantung banknya. Pas aku bikin akun ini kebetulan tersedia opsi virtual customer service jadi aku bisa langsung buka akun bank dengan vidcall sama customer servicenya dan ATMnya ga langsung jadi ya. Nanti dikirim ke alamat kita jadi pastikan pas mau buka bank ini kalian sudah ada alamat tetap untuk 1-2 minggu kedepan. 

Kenapa aku pilih Westpac? Tidak ada fee bulanan dan tanpa syarat, kode CVV kartu berubah tiap 24 jam sehingga lebih aman, kemudian untuk nanti di luar negeri gratis fee tarik tunai dengan bank yang mereka kerjasama, dan kalo ada transaksi diluar kita gunakan (scam) mereka akan ganti. 

4. TFN

Untuk kalian yang mau langsung siap kerja wajib sekali untuk daftar TFN ini bisa sebelum pergi ke Australia asal ada alamat sana yang bisa dititipkan untuk mengirim suratnya atau nanti pas sudah ada tempat tinggal. TFN ini adalah nomor wajib pajak, jadi kalo kerja legal di Australia wajib untuk punya nomor TFN. Pendaftaran TFN juga sangat mudah langsung ke websitenya DAFTAR TFN

Untuk pengalamanku waktu itu nitip di alamat rumah teman yang agak di pelosok, baru sampai suratnya sekitar hampir 2 minggu. Untuk kamu yang suratnya belum sampai tapi sudah dapat kerja langsung bilang aja sama bosnya lagi nunggu suratnya bisa nyusul.

4. ABN

Selain TFN, ada juga ABN. Untuk kalian yang berniat hanya kerja sama orang tidak perlu mengurus ABN. ABN ini untuk yang membuka bisnis sendiri atau sub kontraktor misalnya untuk beberapa pekerjaan tertentu seperti tukang kebun, cleaner ada beberapa company yang mau staffnya punya ABN sendiri supaya mereka tidak pusing menghitung pajak kalian. Kalo sudah punya ABN kalian harus urus sendiri pajak kalian.

Aku pribadi daftar ABN untuk keperluan jadi driver delivery food disini wajib punya ABN. Untuk daftar ABN ini aku mengikuti tutorial di youtube dan 10 menit langsung jadi ABN ku. Tidak perlu menunggu dikirim ke alamat rumah. 

5. SUPERANNUATION

Superannuation bisa kita analogikan sebagai BPJS ketenagakerjaan atau jamsostek kalo di Indonesia. Untuk Superannuation ini tergantung tempat kerja kalian, ada yang kasih ada yang ngga. Kebanyakan yang kasih kalian superannuation itu untuk kerjaan yang full time, kalau part time atau casual memang agak jarang. Tapi kalau bosnya baik biasanya dikasih. 

Untuk superannuation ini jika pertama kali belum ada dan company kamu mau kasih superannuation sebaiknya langsung tanya apakah mereka yang buatkan akun kamu atau kamu buat sendiri. Kalau di companyku karena waktu itu aku baru sampai di Australia dan belum punya, Hrdnya yang buatkan di Australiasuper. Disini ada banyak company untuk buka superannuation dan ada fee nya kalian bisa cek sendiri. Banyak juga yang merekomendasikan untuk bukan akun di Hostplus.

Nanti kalian bisa cek sendiri di akun kalian akumulasi dari Superannuation kalian, untuk di companyku aku dapat sekitar $100 / minggu. Uang dari superannuation ini bisa kamu tarik jika kamu sudah memutuskan untuk meninggalkan Australia atau saat masa pensiun.

6. ASURANSI KESEHATAN

Teman teman aku sarankan wajib untuk mengurus asuransi di Australia mengingat biaya berobat disini sangat mahal. Jadi kalo ada apa apa tidak terlalu khawatir. Seperti di Indonesia, ada company asuransi besar yang kita kenal seperti allianz, dan lainnya disini.

Aku sendiri memakai asuransi dari BUPA dengan premi bulanan $53 ini adalah premi bulanan termurahnya. Untuk asuransi kalian bisa cek sendiri di beberapa company untuk perbandingan dan jelas disini tinggal masukan jenis visa kamu untuk pilihan premi asuransinya. 

7. KIRIM UANG KE INDONESIA

Yang terakhir aku mau bahas adalah cara kirim uang ke Indonesia. Jika sudah mendapat kerja dan mau kirim gaji ke Indonesia. Aku rekomendasikan untuk pakai PANDA REMIT karena sepengalamanku ini app yang paling murah, cepat dan ratenya paling bagus. Untuk reviewnya kamu juga bisa baca DISINI.

Sekian dulu pembahasan topik kali ini, jangan lupa juga untuk subscribe ke Channel youtubeku untuk konten yang lebih update seputar Australia. 

Helga Christ
Helga Christ Currently living in Bali

Post a Comment for "PERTAMA KALI SAMPAI DI AUSTRALIA? LANGSUNG URUS SEMUA INI - WHV AUSTRALIA"