Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGELUARAN BIAYA HIDUP DI MELBOURNE AUSTRALIA PER BULAN - WORKING HOLIDAY VISA

Hai Hai welcome back, belakangan aku agak jalan update blog dan lebih sering update di YouTubeku mengenai Working Holiday Visa atau kehidupan di Australia. Nah sekarang ini aku mau bahas mengenai berapa biaya hidup di Australia khususnya di Melbourne berdasarkan pengalaman pribadiku ya setelah tinggal kurang lebih hampir 4 bulan di Australia. 



1. TEMPAT TINGGAL

Secara garis besar, harga sewa property di Australia memang mahal di bandingkan Indonesia, tapi kurang lebih hampir sama dengan Singapore. Semakin pelosok / kota yang kurang diminati untuk ditinggali maka akan semakin murah biaya sewa kamar atau apartment. 

Misalnya jika dibandingkan Melbourne dan Sdyney harga sewa property relatif sama atau bahkan Sdyney lebih mahal sedikit. Nah dibandingkan 2 kota besar tersebut dengan kota lain misalnya Perth atau Cairn tentu akan sangat berbeda. Misalnya untuk Melbourne atau Sururb sekitarannya, harga sewa apartment untuk studio 1 kamar dengan ruang tamu terpisah bisa didapat dengan harga AU$350-500 / minggu. Dengan nomimal serupa kamu bahkan bisa menyewa 1 unit rumah dengan 3 kamar di Perth.  Nah untuk biaya sewa disini dihitung per minggu. 

Dan ya untuk kamar dengan privasi sendiri kamu akan cenderung lebih mahal mengeluarkan uang maka dari itu sangat amat penting untuk hidup sharing berdua dengan roommate atau pasangan kamu supaya lebih murah. Rata rata untuk kamar yang murah adalah kamar dengan sharing house dimana 1 rumah atau apartment dengan 3 kamar disewakan terpisah. 

Untuk aku pribadi yang tinggal 15 menit dari pusat kota Melbourne menghabiskan dana sewa apartment AU$425 / minggu dan dibagi dua dengan room mateku. Total aku bayar tiap bulan sendiri  $924



So, kalo tinggal di kota besar, aku bilang kisaran normal untuk perbulan tempat tinggal adalah AU$800-1200. 

Masih berhubungan dengan tempat tinggal yaitu biaya pengeluaran untuk maintenance bulanan sampai sekarang ini kita belum tau berapa tagihan air dan gas karena biasanya disini dibayar per 3 bulan. Tapi untuk listrik itu rata rata tagihan kita berdua di $50/ bulan. 

Jadi ya pengeluaranku di tempat tinggal ini kurang lebih $1000 / bulan


2. GROCERY SHOPPING

Untuk belanja kebutuhan hidup sehari hari di Australia secara garis besar menurutku tidak terlalu berbeda jauh dengan di Indonesia semasa aku tinggal di Bali. Banyak produk kalo lagi musim panen bahkan lebih murah dari pada harga di Indonesia misalnya saja aku sering beli kentang 5kg dengan harga $1.80 dan wortel 1kg aku sering beli $1-$2.

Untuk belanja kebutuhan sehari hari ini memang pinter pinternya kita memilih tempat belanja, selama tinggal di Australia 3 bulan aku sudah bisa membandingkan untuk beli produk sayuran, daging, atau lainnya dimana. FYI kebanyakan tempat belanja beda beda produk apa unggulan yang termurahnya. Walau aku sering belanja di pasar disini, tapi ada banyak produk juga yang bahkan lebih murah di Supermarket seperti Woolworths, jadi Do your own research. 

Secara garis besar untuk grocery shopping aku habiskan budget $100-250 per bulan karena sekali belanja atau masak untuk berdua jatuhnya hemat sekali daripada hidup sendiri tergantung belanjaannya tapi aku pastikan budget ini sudah makan dengan sehat, sayur, daging segalanya lengkap. 

Aku mau kasih tips untuk yang tinggal di sekitaran Melbourne ada beberapa tempat yang murah menurut surveyku: 

Untuk Asian Supermarket, kalo lagi mau belanja heboh untuk stock bumbu instant / makanan instant aku beli di Hongkong Supermarket di Clayton karena memang lebih murah untuk produk impornya seperti bumbu masakan Indonesia, kecap dll. Opsi lain untuk Asian supermarket adalah KLF Supermarket ini cabangnya banyak dan lumayan lengkap produk Indonesia. 

Untuk daily product atau daging aku sering beli di Woolworths karena disini banyak promo kalian bisa pantengin aja karena tiap minggu promonya berubah ubah, tapi untuk produk fresh mereka sering ada promo Quick sale. 

Untuk belanja makanan yang kemasan khususnya di sekitaran Melbourne itu banyak toko yang menjual dengan harga miring yaitu Reject shop dan ada juga Cheaper buy miles. Disini kalian pinter pinter milih, karena memang ada makanan expired tapi masih layak dikonsumsi, ada juga yang expirednya masih lama dan ada yang expirednya sebentar lagi. 


3. PERSONAL EXPENSES

Pengeluaran personal ini aku kategorikan misalnya untuk skincare / sabun, kemudian kartu internetku sebulan $15 dan aku kalo belanja seringnya di opshop (thrift shop) untuk belanja entah baju, peralatan rumah karena murah banget dan orang orang di Australia juga pada kesana kalo mau belanja.

Aku juga ikut asuransi di BUPA dengan premi $53 / bulannya

Per bulan aku menghabiskan sekitar $100 untuk keperluan pribadi


4. ENTERTAINMENT

WORK HARD PLAY HARD! 

Jangan cuma kerja kerja kerja tapi lupa untuk membahagiakan diri sendiri ya. Di Australia aku juga punya budget entertaiment. Nah kategori ini bagiku misalnya makan diluar, main badminton, atau camping. Untuk perminggu budget aku batasi maksimal $50, tapi biasanya sebulan aku habiskan untuk hiburan kurang lebih $100


5. TRANSPORTASI

Untuk transportasi karena aku kerja dekat dengan tempat tinggal, aku mobilitas dengan sepeda listrik dan untuk perjalanan jauh kita ada mobil. Untuk bensin perbulan karena biasa keluar di weekend saja, menghabiskan sekitar $50 perbulan kalo lagi ga pergi jauh. Kalo camping ke tempat yang jauh biasanya isi bensin $30 per sekali camping trip.


Total pengeluaranku biaya hidup di Australia per bulan kurang lebih $1400

Helga Christ
Helga Christ Currently living in Bali

Post a Comment for "PENGELUARAN BIAYA HIDUP DI MELBOURNE AUSTRALIA PER BULAN - WORKING HOLIDAY VISA"