Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SETELAH WORKING HOLIDAY VISA AUSTRALIA - LANJUT VISA APA?

Hi teman teman welcome back, kali ini aku mau mau sharing atau mungkin bertukar pikiran ke kalian mengenai kelanjutan Working Holiday Visa Australia. Kali ini topik yang sangat penting untuk teman teman yang sudah selesai Working Holiday Visa atau mau hampir mau selesai. 

Seperti yang kita ketahui bahkan Working Holiday Visa Australia dapat diperpanjang dua kali setelah visa pertama terbit yang berarti maksimal kita bisa tinggal 3 tahun jika menggunakan Visa Working Holiday. Pada jaman Covid, pemegang WHV seperti yang kita tahu bisa memperpanjang visa dengan Covid visa untuk tetap stay di Australia. Namun sekarang Visa Covid sudah tidak bisa di apply lagi. 



Maka dari itu penting kita bahas kira kira apa langkah selanjutnya ya setelah menyelesaikan WHV Australia selama 3 tahun. Sepengalamanku berkenalan dengan teman teman di Australia yang dulunya pemegang working holiday visa dan sekarang tidak lagi (sudah ganti visa) secara garis besar ada 2 jenis visa yang biasanya mereka pilih yuk kita bahas: 

1. STUDENT VISA

Student visa atau menjadi pelajar di Australia tentu menjadi shortcut atau jalan paling lazim untuk teman teman yang ingin lanjut untuk tinggal di Australia. Untuk Student visa peraturan akan terus berubah maka dari itu sangat penting untuk tetap update mengikuti berita berita terkini mungkin salah satunya dengan memfollow channel channel immigration / agent yang bisanya akan update segala keputusan terupdate. 

Di tahun 2023 tentu mungkin sudah banyak yang tahu jika student visa ini semakin ketat, salah satu faktornya karena banyak international student yang menyalahgunakan visa pelajar dengan bekerja penuh waktu dan bahkan tidak pernah datang ke sekolah. 

Ini tentu sudah menjadi rahasia umum dikalangan WHV Holder juga karena faktanya memang banyak 'college' yang menawarkan hal tersebut yang hanya masuk 1 kali seminggu saja untuk bisa memberikan visa pelajar ke kalian dan aku sebut ini sekolah bodong. 

Pemerintah Australia tentunya lebih pintar membaca gerak gerik international student tersebut maka dari itu sekarang diperketat dan semakin sudah untuk mendapatkan student visa. Namun tetap berdasarkan pengalaman teman temanku disini yang pernah apply student visa, akan lebih mudah visa posisi kamu di Australia dulu baru beralih untuk apply student visa (bridging) dari pada kamu apply di Indonesia. 

Perlu teman teman ketahui kelemahan dari Student Visa ini adalah kalian akan memiliki batasan jam kerja maksimal 48jam / 2 minggu karena memang diharapkan tujuan kamu murni sebagai pelajar. Jika sudah seperti ini coba teman teman perhitungkan apakah cukup jam kerja tersebut untuk membayar uang sekolah dan biaya hidup? Well, aku bilang sih susah kalo tidak ada support dari tabungan atau keluarga di Indonesia. 

Jadi dari tahun pertama WHV, jika berniat nanti beralih ke Student visa aku sarankan kerja giat pas WHV dan menabung semaksimal mungkin mumpung di WHV tidak ada batasan jam karena nanti untuk apply student visa ada syarat tabungan mengendap yang tidak sedikit.

Tapi memang untuk kamu yang nantikan ingin bermigrasi ke Australia aku sangat sarankan mengambil sekolah lanjutan di Australia karena sangat berguna kedepannya dan bisa untuk jalur permanent resident untuk jurusan jurusan tertentu. Dan setelah kalian lulus sekolah bisa ambil Visa Temporary Graduated Visa atau Sponsorship Visa jika ada skill yang dibutuhkan disini. 


2. PARTNER VISA

Ini adalah visa yang terbanyak kedua yang aku tahu untuk para WHV Holder yang stay di Australia yaitu jalur jodoh. Banyak banget influencer WHV Australia yang jaman dulu kalo kalian follow kalian akan tahu mereka sudah beralih ke Partner visa ini. 

Bukan ga mungkin selama 3 tahun nanti di Australia kalian akan bertemu jodoh orang Australia atau Permanent resident disini keduanya bisa untuk kalian apply Partner visa. Untuk kalian pahami jika partner visa tidak hanya untuk kamu yang statusnya sudah menikah tapi bisa juga untuk kamu yang belum menikah namun tinggal bersama dalam kurun waktu tertentu (de factor) dan bisa membuktikannya.

Cuma ya memang banyak juga resiko jika kamu ambil visa itu yaitu kamu tidak independent dan bergantung kepada status partner kamu sebelum status kamu berubah ke permanent resident, karena pihak imigrasi Australia akan rutin mengecek kebenaran hubungan kalian apakah masih lanjut atau tidak karena visa ini memakan waktu yang sangat lama prosesnya bisa sampai 5 tahun. Maka dari itu banyak kasus misal kdrt / diselingkuhi tapi masih tetap bertahan demi visa.


Nah itu dia tadi jenis visa lanjut para WHV Holder, kenapa aku ga cantumin Skilled Visa? Karena faktanya mungkinan kecil untuk mendapat visa sponsor setelah WHV jika kamu tidak punya pengalaman kerja profesional yang pendukung misalnya seperti IT, Chef, Mechanic dll dan sertifikat lulusan Australia faktanya memang sangat dibutuhkan disini.  

Helga Christ
Helga Christ Currently living in Bali

Post a Comment for "SETELAH WORKING HOLIDAY VISA AUSTRALIA - LANJUT VISA APA?"