Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TUTORIAL TIPS REBUTAN KUOTA SDUWHV AUSTRALIA

Rebutan Kuota SDUWHV (Working Holiday Australia) - Sebelumnya saya sudah bahas di PART 1 Tentang persiapan dari nol mengurus SDUWHV (Surat Dukungan Working Holiday Visa Australia) dari Ditjen Imigrasi Indonesia. Kali ini saya akan membagikan berdasarkan pengalaman pribadi bagaimana merebut kuota SDUWHV


JOIN GROUP PEJUANG SDUWHV

Untuk kalian yang belum bergabung di group Whatsapp atau Telegram kalian wajib bergabung untuk mendapatkan informasi terupdate. Pentingnya untuk join di group ini biasanya nanti ada yang kasih tau di group kalau kuotanya sudah dibuka. Kamu sendiri wajib sudah terus refresh halaman 15 menit sebelum jam nya karena biasanya dibuka beberapa menit lebih cepat. Biasanya dalam 10 menit kuota langsung ludes.

CARI BALA BANTUAN

Belajar dari pengalaman teman teman saya yang sebelumnya mengikuti terlebih dulu rebutan kuota SDUWHV ini, mereka merekomendasikan untuk memanggil bala bantuan. Bala bantuan disini ada 2 versi, karena teman saya tidak mau repot dia percayakan kepada joki. Ya memang heran tapi memang setiap sudah mau menjelang pembukaan SDUWHV banyak joki yang menawarkan jasanya sudah termasuk sewa warnetnya. Tarif mereka pun bervariasi. 

Untuk saya yang ingin mengehemat pengeluaran, saya meminta bantuan kepada teman yang saya percaya, dalam kasus ini teman saya anak IT atau yang sudah biasa war tiket konser supaya terlatih under pressure. Karena percaya atau tidak, di hari H teman teman yang sudah mencoba perang merebut kuota ini biasanya gemeteran. Jadi kenapa sih pakai 1 atau 2 orang cadangan? 

Orang orang yang kamu percaya ini untuk memback-up kamu, karena dari batch batch sebelumnya banyak kasus server website yang tiba tiba error, jadi dengan adanya bantuan dari teman teman kalian ini bisa dipantau siapa duluan yang selesai mengisi form bisa langsung submit. Direkomendasikan semuanya login dengan google account yang berbeda (yang submit satu saja yang paling cepat selesai). 

KONEKSI INTERNET KENCANG

Menjadi salah satu point penting dengan memiliki akses internet yang cepat atau device yang mendukung. Walaupun ada yang mendaftar dari Handphone, saran saya selalu gunakan laptop untuk lebih cepat. Untuk koneksi internet tidak harus super cepat tapi yang sekiranya lancar. Saya sendiri menggunakan wifi dari Starbucks yang sudah saya test speed sebelumnya 15 Mbps upload. 

Opsi lainnya kamu bisa menyewa warnet tapi memang biasanya dalam waktu sduwhv ini warnet warnet sudah mematok harga per 5 jam. Jangan lupa untuk Login di websitenya dulu beberapa jam atau bahkan 1 hari sebelum jadwal. 

SIAPKAN DOKUMEN DAN FORM YANG SIAP DI COPY PASTE

Ini bagian yang menjadi kunci, kalian bisa tonton di Youtube ada beberapa video yang merekam screen recording mereka waktu mengisi form, jadi kamu bisa mendapat bayangan nanti bagaimana pengisian form. 

Tips dari saya di bagian ini kamu bikin FORM MANUAL di Ms Word, diketik dulu semua datanya jadi nanti kita tinggal Copy Paste ke website ini sangat menhemat waktu karena waktu yang diberikan untuk mengisi form di websitenya itu maksimal 15 menit. 

Apa pun ini yang menjadi point penting juga cek semua berkas yang akan kamu upload, dalam kasus dokumen saya, saya coba sebisa mungkin kompres ukuran menjadi syarat minimumnya. Namun tetap kalian harus cek apakah dokumen tersebut bisa terbaca dengan jelas. Jika tidak, jangan dikompres terlalu kecil karena kalau tidak terbaca bisa bisa kalian ditolak verifikator. 

UNTUK YANG MAU FORMAT FORM YANG SAYA BUAT SILAHKAN DOWNLOAD DISINI


SIAP BERTEMPUR MENDAPATKAN SDUWHV

Jika sudah mempersiapkan semua tahapan tersebut artinya kalian sudah siap war mendapatkan SDUWHV. Catatan untuk teman teman, ini pengalaman dari Batch 5 tahun 2023, kalau kalian download nanti di resume file, setelah submit semua dokumen banyak teman teman sebelumnya yang pas input datanya betul tapi pas di ringkasan file jadi salah. Saya sendiri mengalaminya, nomor paspor menjadi salah, jangan khawatir nanti ketika SDUWHV sudah terbit kalian bisa menghubungi kontak help desk imigrasi untuk minta direvisi.

akhirnya dapet sduwhv di satu percobaan

Dari pengalaman batch ini juga banyak drama, jika dirasa berkas teman teman sudah benar dan lengkap sesuai yang dibutuhkan tapi di status di tolak, silahkan langsung mengajukan komplain karena verifikator juga manusia biasa, terkadang salah. 

Nanti SDUWHV kita bisa cek progres verifikasi nya di riyawat aplikasi. Dari status 'Belum mendapat verifikator' > 'Menunggu Verifikator' > 'Diproses' >  'Disetujui / Ditolak' > Terbit.  akan terbit di tanggal verifikasi sesuai yang kita pilih. Nah sambil menunggu terbitnya SDUWHV ini kamu bisa nyicil translate dokumen dulu, atau daftar Hap Id untuk MCU atau nyicil data untuk Visa Lodgement. 

Jika sudah mendapatkan SDUWHV, ini langkah untuk Lodge Visa

Helga Christ
Helga Christ Currently living in Bali

17 comments for "TUTORIAL TIPS REBUTAN KUOTA SDUWHV AUSTRALIA"

  1. hi kak! this article is very helpful. bolehkah aku minta link grup telegram/ wa yang aktif update info whv ini? thank youuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi maaf baru balas. Groupnya yg linknya bisa di share yg bali aja https://chat.whatsapp.com/HAv1aMr2KYQ2VKreuJQHqg

      Delete
    2. Udh full hrupnya hiks

      Delete
  2. Terima kasih banyak atas informasinya. Saya ingin tanya, untuk kolom Alamat sesuai KTP, apakah tidak perlu menulis "RT/RW, kelurahan/desa, atau kecamatan" cukup isi sesuai dengan baris setelah tanda ":" contoh: (Gunung Sari, 001/001, Sukamaju, Lumajang)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya pribadi tulis RT RW dll selengkap lengkapnya

      Delete
  3. Halo kk. Terima kasih atas informasinya.
    Mengenai Bank Statement, apakah bisa memakai bank statement di luar negeri? Saat ini saya sedang bekerja di luar negeri dan memiliki dananya di bank tersebut.
    Lalu mengenai surat keabsahan, apakah bisa memakai materai digital?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bank luar negeri saya blm pernah denger ada yang pake, mungkin better pindahin ke rek indo dulu atau punya orangtua. e-materai seharusnya bisa

      Delete
  4. Halo ka mau tanya, kalo utk tahun ielts menjadi 1994 bagaimana dari proses verifikasi nya ya apakah manual atau otomatis, karena kalo otomatis kan pasti otomatis ter tolak karena kesalahan diluar kendali kita tersebut, tp dr kesalahn sistem

    ReplyDelete
    Replies
    1. minta revisi sama tempat tes kamu kalo salah input data

      Delete
  5. Halo kak, kalau keterangannya "belum diverifikasi" apakah artinya ditolak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditunggu aja sampe tanggal verifikasi yang kamu pilih

      Delete
  6. Halo kak, mau nanya, mengenai point nomor 7 untuk dokumen (sertifikat pendidikan), jika saya masih mahasiswa aktif, apa yang perlu saya isikan di point nomor 7? terimakasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan cek di ig ditjen imigrasi syarat pendaftaran whv, ada tertulis kalo mahasiswa aktif sertakan dokumen apa penggantinya

      Delete
  7. hai kak, kalau untuk minta bantuan kepada teman teman kita untuk bantu isi form dan submit. apakah email yang digunakan untuk log in pada teman bebas atau tetap harus atas nama kita ya? contohnya jika saya punya 2 teman yang mau membantu. apakah saya harus mempunyai 3 email yang berbeda atas nama saya? terima kasih

    ReplyDelete
  8. Halo kak, saya sedang mengajukan sduwhv namun saya sadar bahwa ada 1 data yang salah yaitu tahun lulus saya. Apakah bisa di revisi apa bisa jadi ditolak karena salah data tersebut kak? terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa chat admin ditjen imigrasi, ada kontak WA yang mereka share di ig coba dicek

      Delete
  9. Halo kak, saya mau bertanya. Bisa diinformasikan kenalan kk yang membantu saat war sduwhvnya ya?

    ReplyDelete