TANPA JR PASS JEPANG MENGELILINGI OSAKA - KYOTO - TOKYO

Apa itu JR PASS? JR PASS atau Japan Rail Pass merupakan pass yang hanya bisa dibeli oleh wisatawan dan membantu menghemat transportasi jika bepergian dengan Jr Line. Jr Pass sendiri terbagi atas 7 hari, 14 hari, dan 21 hari

Photo by Daryan Shamkhali via unsplash
HARGA JR PASS
Japan Rail Pass atau Jr Pass yang tipe ordinary ini memiliki harga untuk 7 hari Rp 3.500.000 an, untuk 14 hari seharga Rp 5.600.000 an, dan yang 21 hari seharga Rp 7000.000 an. Memang harga ini cukup mahal, lantas kenapa banyak orang membeli JR Pass? 

Baca Juga : Persiapan ke Jepang Yang Harus di Lakukan

JR Pass akan sangat berguna jika kamu bepergian berpindah pindah kota yang jauh dengan shinkansen karena akan mendapakan diskon dengan memiliki pass ini. Untuk penggunakan JR Line di dalam kota sudah gratis jika memiliki pass ini. Tapi meskipun begitu, di Jepang ada banyak jalur kereta selain Jr Line dan tentunya kamu harus membelinya lagi yang tidak termasuk Jr Line seperti Tokyo Subway, Osaka Subway dan lainnya. Sehingga yang paling baik adalah memperhitungkan budget transportasi kamu dengan itinerari yang kamu miliki, jika dirasa akan banyak menggunakan Jr Line sebaiknya membeli JR Pass, namun jika tidak, jangan khswatir karena ada banyak pass pengganti yang bisa kamu beli. Kali ini saya akan membagikan mengalaman saya menyusuri rute Osaka-Kyoto-Tokyo tanpa membeli JR Pass. Untuk transportasi dari Kyoto menuju ke Tokyo saya menggunakan bus sehingga tidak ditulis dibawah, pass yang bisa digunakan sebagao referensi:
1. TIKET KERETA NANKAI LINE (KIX)

Karena tiba di Osaka, maka transportasi yang paling efisien dan cepat dari Kansai International Airport adalah tiket kereta nankai line ini seharga Rp 145.000 (via online). Kereta ini akan membawa kita menuju ke Namba (pusatnya transportasi di Osaka) dengan waktu hanya sekitar 30 menit. Jika membeli secara online kamu perlu menukarkan terlebih dahulu tiket ini, nantinya kamu akan mendapatkan tiket beserta dengan nomor kursi seperti diatas, jangan sampai lupa menukarkan tiket di konter karena pemeriksaan didalam kereta sangat ketat dan kamu bisa kena denda yang sangat mahal. 
Baca juga: Backpacker ke Kamboja -Vietnam Hemat

2. AMAZING OSAKA PASS

Kartu sakti amazing osaka pass ini wajib untuk kamu beli tersedia dengan pilihan 1 atau 2 hari. Untuk harga 1 hari Rp 397.000 dan 2 hari Rp Rp 520.000. Kartu Amazing Osaka ini sangat menghemat pengeluaran di Osaka, dengan kartu ini kamu bisa bebas mengakses transportasi Subway, Tram dan Bus. Ditambah lagi dengan kartu ini kamu bisa mendapatkan tiket masuk gratis atau diskon tiket ke lebih dari 40 tempat / atraksi wisata di Osaka seperti Umeda Sky Building, Osaka Castle, dan lainnya dengan tingkat scan barcode kartu di tempat. 
3. KYOTO-OSAKA SIGHTSEEING
Kyoto-Osaka Sightseeing Pass seperti foto diatas mungkin jarang kamu lihat, karena memang biasanya yang dijual online bukan yang warna biru ini. Lalu apa bedanya? Bedanya dengan Kyoto-Osaka Sightseeing Pass yang berwarna silver / emas adalah kartu biru ini termasuk akses Subway Osaka + Keihan Line. Selain pass yang berwarna biru ini, tidak termasuk dengan Subway Osaka. Pass ini maupun Kyoto-Osaka sightseeing pass yang berwarna lainnya berfungsi untuk mendapatkan akses unlimited ke jalur kereta Keihan yang menghubungkan Osaka dan Kyoto juga mengakses banyak tempat wisata. Untuk kartu yang berwarna biru ini hanya dapat dibeli di stasiun stasiun besar dengan harga JPY 1.400 tapi jika kamu menemukan penjual pass ini diluar Jepang biasanya harganya lebih murah yaitu JPY 1.200. 

Tapi karena saya hitungannya di Kyoto 2 hari, saya juga membeli satu lagi Kyoto Osaka Sighteeing Pass yang satu hari seharga JPY 800 (warna silver).

4. KYOTO SUBWAY PASS
Sebetulnya ini optional, banyak orang yang membeli Kyoto bus pass karena lebih murah dan mengjangkau banyak tempat. Tapi saya harus beli Kyoto Subway Pass ini karena tempat tinggal saya di Kyoto ini bersebelahan dengan stasiun subway sehingga lebih efisien. Tapi jika teman teman memiliki penginapan di tengah pusat Kyoto, akan lebih hemat dengan memakai Bus Pass saja, Untuk Kyoto Subway Pass 1 hari ini bisa dibeli langsung di mesin tiket seharga JPY 600.
5. TOKYO SUBWAY PASS
Transportasi di Tokyo yang paling tepat adalah membeli Tokyo Subway Pass. Enaknya untuk pass ini bukan hitungan 1 hari atau 2 hari, melainkan dihitung dengan jam yaitu 24 jam pass, 48 jam pass, dan 72 jam pass. Untuk harganya yang 24 jam adalah Rp 105.000, 48 jam Rp 165.000, dan 72 jam Rp 196.000. 
Untuk semua pass yang dibeli online saya beli dari Aplikasi Klook, untuk mendapatkan potongan 45rb silahkan daftar dari link berikut: DAFTAR KLOOK

Itu dia pass yang saya gunakan untuk mengunjungi Osaka-Kyoto-Tokyo semoga membantu teman teman khususnya yang ingin mengunjungi Jepang dengan rute yang sama namun tanpa JR PASS

1 Response to "TANPA JR PASS JEPANG MENGELILINGI OSAKA - KYOTO - TOKYO"

Iklan Bawah Artikel