WISATA BUDAYA BALI DI CANDI TEBING TEGALLINGGAH GIANYAR

Candi Tebing Tegallinggah -  Jika kamu sedang mencari alternatif tempat wisata budaya bali yang tidak biasa, cobalah berkunjung ke Cagar Budaya Candi Tebing Tegallinggah. Sekarang ini sudah ada wajah baru dari Candi Tebing Tegallinggah, dimana tempat ini resmi dikelola dan dibuka untuk wisatawan sejak Oktober 2019 ini. Jadi sekarang ini sudah ada tiket masuk ke Candi Tebing Tegallinggah ini



BERADA DI TEBING SUNGAI PAKERISAN
Candi Tebing Tegallinggah ini berlokasi di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatu, Gianyar, Bali. Lokasinya tidak jauh dari jalan raya utama, kami memulai perjalanan dari Nusa Dua kesini dengan waktu tempuh sekitar 90 menit, atau sekitar 20 menit dari pusat Ubud. Kamu bisa mengikuti petunjuk arah dari google maps yang akan mengarahkan ke tempat ini dengan patokannya adalah papan nama Candi Tebing Tegallinggah. 

cek juga video berikut, jangan lupa subscribe


Candi Tebing Tegallinggah ini sekarang sudah mematok biasa masuk untuk wisatawan kesini yaitu untuk domestik dewasa Rp 20.000, anak anak Rp 10.000. Sedangkan untuk wisatawan asing dipatok tarif Rp 30.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak anak. 


AKSES MENUJU KE CANDI
Untuk menuju ke Candi Tebing Tegallinggah ada jalan setapak yang sudah cukup bagus, kita akan melewati rute persawahan dan perkebunan dan menurun kebawah mengkuti ratusan anak tangga hingga kita akan menemukan dua cabang tangga.



Jangan bingung menentukan pilihan tangga ini karena kamu harus mencoba keduanya, satu tangga terbuat dari kayu (baru di buat) dan satunya dari batu. Pertama tama kita bisa mencoba melewati tangga kayu dimana kita akan menuju ke sisi sebelah kiri dari candi ini. Candi ini memiliki bentuk yang memanjang, untuk ke bagian sebelah kanannya meskipun di dataran yang manyatu, namun akan lebih aman jika kamu memutar jalan untuk mengambil langkah ke tangga yang berbuat kayu batu. 



Bukan tanpa sebab, karena kedua bagian kiri dan kanan ini dipisahkan oleh aliran air mancur yang memang sangat licin dan berbahaya jika terpeleset bukan tidak mungkin kamu bisa jatuh ke sungai. Di sisi dari bangunan yang melalui tangga batu ini kita barulah bisa mengakses sebuah jembatan yang mengubungkan dengan sebuah bangunana candi satunya. Memang untuk jalur ini kamu harus menuruni medan bebatuan alami dari candi ini. 

ADA APA DI CANDI TEBING TEGALLINGGAH


Candi Tebing Tegallinggah ini menawarkan tempat wisata budaya dan spiritual yang masih belum banyak dijamah oleh wisatawan karena memang belum banyak orang yang tahu tentang tempat ini. Yang menjadi daya tarik utama dari tempat ini tentunya adalah bangunan candi yang sangat unik dengan desain ala bangunan purba. 



Tidak ada yang tahu pasti kapan candi ini didirikan, namun ahli mempercayai jika candi ini dibangun pada sama yang sama dengan Pura Gunung Kawi sekitar 940 an tahun Saka. Tempat pertama kalinya ditemukan oleh orang Belanda bernama Krisjman.


Candi Tebing Tegallinggah ini merupakan tempat wisata spiritual bagi umat Hindu karena memiliki tempat untuk melukat (ritual pembersihan diri agama Hindu dengan cara membasuh diri). Disini untuk melukat, terdapat 4 pancoran mata air suci. Disini suasananya sangat tenang sehingga biasanya ada juga yang menjadikannya tempat yoga di Ubud. 
Helga Christ Currently living in Bali

0 Response to "WISATA BUDAYA BALI DI CANDI TEBING TEGALLINGGAH GIANYAR"

Post a Comment

Iklan Bawah Artikel