PANDUAN CAMPING DI DANAU BUYAN BALI

Danau Buyan Camping - Mengisi waktu akhir pekan bisa dilakukan dengan menyatu bersama alam melalui camping. Di Bali ada beberapa spot camping yang bisa kamu kunjungi mulai dari Pantai, Perbukitan, hingga Gunung. Kali ini saya akan membagikan pengalaman camping di Danau Buyan. Berapa camping di danau buyan? Persiapan apa yang perlu dilakukan? 



MENUJU DANAU BUYAN



Terdapat satu tempat camping yang paling favorit di Bali yaitu Danau Buyan. Danau Buyan merupakan sebuah danau indah di daerah Bedugul, Bali. Untuk menuju ke Danau Buyan ini bisa ditempuh sekitar 90 menit perjalanan dari kota Denpasar. Untuk camping memang sebaiknya menggunakan mobil karena jika akan membawa banyak peralatan seperti kompor, alat masak dan lainnya memang sedikit ribet. Disini kami menyewa mobil seharga Rp 200.000 / 24 jam untuk tipe mobil Agya. Lumayan juga kan jika kalian bepergian ramai ramai jadi bisa patungan.


Lokasi camping danau buyan ini tidak terlalu jauh dari Pura Ulun Danu, nantinya disebelah kiri jalan akan ada pintu masuk menuju ke Danau Buyan ini, dari pintu masuk ini ikuti saja jalannya yang hanya ada satu jalan hingga menuju ke Pos jaga disini. Untuk melakukan camping disini kamu perlu melapor diri dan membayar uang kontribusi sebesar Rp 10.000 / orangnya. 

BACA JUGA : REVIEW SECRET GARDEN VILLAGE BEDUGUL BALI

tempat parkir mobil


PERSIAPAN CAMPING DI DANAU BUYAN
Suhu di Danau Buyan ini memang cukup dingin, mengingat ini adalah daerah perbukitan dan bisa menembus sekitar 12 derajat. Yang perlu kamu persiapkan adalah pakaian hangat, peralatan masak, peralatan camping seperti tenda. 


Untuk peralatan camping sebetulnya disini banyak kios yang menyewakan namun tentunya akan lebih mahal dari pada kamu menyewa di Denpasar / Kuta. Waktu itu kami menyewa melalui instagram dengan paket tenda anti hujan seharga Rp 45.000 dimana sudah mendapatkan tenda double layer anti hujan + 2 matras. Peralatan camping lainnya juga sebaiknya disewa terlebih dahulu supaya lebih hemat dan persiapan lebih matang.

kios disekitar danau buyan


Untuk peralatan tambahan seperti kayu bakar kami beli di kios yang ada disini dengan harga Rp 10.000 / ikat dan Rp 10.000 untuk minyak tanah satu botolnya. Untuk bahan makanan jika kamu belum sempat mempersiapkan dari rumah, kamu bisa membelinya menuju ke danau buyan ini karena terdapat beberapa pasar. Atau jika tidak ingin repot repot masak, kamu juga bisa membeli makanan di kios kios disekitar danau ini yang buka hingga tengah malam. 



INFORMASI SPOT CAMPING DANAU BUYAN
Pertama kali saya melakukan camping disini pada tahun 2017, dan kembali lagi di tahun 2019 sudah ada banyak perubahan dan penambahan fasilitas tentunya. Untuk mendirikan tenda disini sebaiknya datanglah sore hari untuk mendapatkan spot terbaik. 

Jika kamu menggunakan motor, masih bisa masuk hingga area perkemahan, namun jika mobil sekarang ini hanya bisa di area parkir. Untuk toilet kamu bisa menggunakan toilet yang disewakan di kios dan rumah penduduk hanya dengan jarak sekitar 100 meter saja dari lokasi perkemahan dengan tarif Rp 3.000 untuk buang air kecil dan Rp 5.000 untuk mandi. 



Sekarang ini di Danau Buyan ini juga terdapat sebuah jembatan yang dibuat pengelola, jadi disini kalian juga bisa untuk berfoto foto dan menikmati indahan suasana terutama di pagi hari. Ada pun yang perlu kamu perhatikan adalah jangan membuang sampah sembarangan, jangan menggunakan soundsystem yang dapat mengganggu lingkungan dan jangan mengkomsumsi minuman keras. Yang paling penting diingat adalah disini jaga sopan santun dan respect juga kepada orang lain terutama jangan berisik apalagi ketika sudah jam tidur. 


1 Response to "PANDUAN CAMPING DI DANAU BUYAN BALI "

  1. This is a smart blog. I mean it. You have so much knowledge about this issue, and so much passion. You also know how to make people rally behind it, obviously from the responses. the lost ways

    ReplyDelete

Iklan Bawah Artikel