BERAPA BIAYA HIDUP DI BALI UNTUK MAHASISWA 2020

Biaya hidup di Bali 2020 - Bali, sebuah Pulau yang menyimpan sejuta pesonanya Indonesia. Dengan keunikan Bali bukan hanya wisatawan yang terpikat dengannya, namun juga banyak orang Indonesia yang berbondong bondong menjadi mendatang di Bali, entah untuk menghabiskan masa tua di Bali, kuliah di Bali, atau memang bertujuan kerja di Bali? Semuanya sah sah saja.

Jamie Fenn via Unsplash

Saya juga termasuk orang yang kagum dengan Bali dan memutuskan untuk pindah ke Bali pada tahun 2015 untuk melanjutkan kuliah di Bali. Dengan pengalaman dua tahun menetap di ibukota Jakarta membuat saya jenuh dengan hiruk pikuk perkotaan dan akhirnya memutuskan untuk pindah saja ke Bali. Memang informasi mengenai kuliah di Bali ataupun biaya hidup saat itu masih cukup sedikit jadi cukup menyulitkan meraba raba kira kira berapa yang harus saya siapkan untuk hidup selama sebulan. 


Setelah sempat membuat artikel diatas yaitu alasan kenapa kamu harus kuliah di Bali. Banyak email dan dm di instagram yang berdatangan menanyakan satu hal 'kak berapa sih biaya hidup di Bali? Mahal ya?' Yang namanya biaya hidup tentunya bergantung kenapa gaya hidup masing masing individu, tapi jika saya menjawab begitu membuat tambah bingung bukan. Berikut saya bagi pengalaman saya berdasarkan pengalaman hidup di Bali yang sudah memasuki tahun keempat ini dengan perkiraan biaya hidup di Bali standar untuk mahasiswa. Bisa juga menjadi acuan kamu kamu yang ingin bekerja atau hanya tinggal sementara di Bali.

HARGA KOS DI BALI
Tempat tinggal tentunya akan memakan budget bulanan setidaknya hampir 50% dari pengeluaran bulanan. Untuk kos di Bali yang harus kamu ketahui standarnya adalah kosongan yang artinya benar benar kosong tidak ada apapun termasuk Wifi, memang agak sedikit repot apalagi untuk pendatang yang harus membeli kasur, lemari dan lainnya. Tapi ada juga kok kos yang menyediakan kasur, lemari dan meja belajar

Toa Heftiba via unsplash

Harga kos di Bali bisa dibilang sangat tergantung juga kepada daerah tempat tinggal yang kamu pilih. Untuk kosongan misalnya, kamar kos standar biasanya berkisar antara Rp 500.000 - Rp 1000.000. Di Denpasar masih bisa kamu temui kos dengan harga Rp 500.000, namun di daerah kampus Udayana misalnya biasanya kos kosong kebanyakan di harga Rp 650.000 - Rp 850.000, tapi tentunya berbeda untuk kos di daerah Kuta, Legian, Seminyak yang biasanya lebih mahal bisa berkisar Rp 1.000.000 - Rp 1.200.000 untuk yang kosongan.  

Baca juga : Pengalaman Training di Hotel Bintang 5 Bali

Untuk harga kos ekslusif yang sudah lengkap termasuk dengan AC, TV, Kulkas dan Wifi biasanya berkisar Rp 1.500.000 - Rp 2.500.000. Yang harus kamu ketahui rata rata hampir semua kos di Bali ini memiliki dapur pribadi di dalam kamar masing masing tentunya ini adalah nilai plus untuk berhemat. Untuk kos saya ambil contoh kos saya yang berada di daerah Nusa Dua, bisa dibilang cukup untung mendapatkan kos dengan harga Rp 1.000.000 dimana sudah mendapatkan kasur, meja, lemari, dapur, kamar mandi di dalam dan AC. Untuk listrik biasanya kos di Bali ini menggunakan pulsa listrik di masing masing kamar. Biasanya biaya listrik perbulan saya adalah Rp 100.000 dengan segala macam perabotan di Kamar seperti kulkas jadi perbulannya saya membayar Rp 1.100.000 untuk tempat tinggal

TRANSPORTASI DI BALI

chuttersnap via unsplash
Transportasi yang terbaik untuk di Bali adalah motor. Berkendara dengan motor sangat efektif di Bali mengingat sekarang ini dimana mana sudah mulai macet di Bali. Pengendara sepeda motor di Bali ini memang spesial, jalan tol saja ada khusus untuk motor. Yang tidak bisa naik motor gimana? Enaknya sekarang sudah jamannya taksi dan ojek online tentunya memudahkan, di tahun 2015 ketika saya pertama kali datang ke Bali, setelah beberapa bulannya baru masuk Gojek dan sejenisnya itu pun sangat susah sekali mendapatkannya pada saat itu.

Baca juga : Pengalaman Menjadi Kontributor di Travelingyuk

Mau tidak mau akhirnya saya memberanikah diri membawa motor yang sebelumnya saya tidak pernah membawa motor. Bali ini sangat luas, jika mengandalkan gojek saya sepertinya tidak mungkin apalagi jika kamu suka jalan jalan yang jauh. Dengan memiliki motor sendiri akan sangat menekan budget selama ini biaya bensin yang saya keluarkan biasanya hanya Rp 20.000 / minggu = Rp 80.000 / bulan dengan asumsi 5 hari kuliah dan 2 hari jalan jalan. 

BIAYA MAKAN DI BALI
Mungkin untuk yang pernah liburan ke Bali terutama ke daerah Seminyak dan sekitarnya pasti pikir makan di Bali mahal juga ya, sekali makan bisa Rp 100.000 an, tentu saja jika kamu makan di cafe cafe di Seminyak otomatis harga segitu sudah wajar. 


Tapi jika hidup sebagai pendatang di Bali tentunya makan yang biasa biasa saja. Sebagai contoh nasi goreng atau nasi campur di tempat makan biasa harganya Rp 15.000. Jika kamu makan 3x sehari berarti Rp 45.000 / hari. Tapi jika kamu banyak masak sendiri tentunya akan lebih hemat karena di kamar sudah ada dapur sendiri jadinya lebih enak. 
Baca juga : Kumpulan Tempat Lowongan di Bali


Sebagai contoh jika saya belanja kebutuhan mingguan 4 sehat 5 sempurna sebesar Rp 150.000 itu sudah cukup sekali untuk bahan masakan seminggu bahkan lebih dari cukup bisa untuk 2 minggu. Tapi memang tidak mungkin masak setiap hari, pasti ada keinginan untuk makan di cafe cafe daerah Seminyak misalnya 1x sekali. 

Selama ini perkiraan budget makan selama menjadi mahasiswa saya adalah Rp 700.000 - Rp 1.000.000 bergantung kepada mood masak, semakin banyak makan di luar ya tentunya semakin mahal. Untuk makanan lokal Bali sendiri cukup murah murah kok seperti di Jogja, dengan contoh nasi jinggo (nasi kucing) disini seharga Rp 5.000, tipat dan rujak seharga Rp 7.000. 

Alexander Mill via unsplash


Kemudian untuk pengeluaran lainnya seperti peralatan mandi, laundry, beli air galon, dan kebutuhan lainnya perbulan perkiraan Rp 200.000

Jika di total kos Rp 1.100.000 + makan Rp 1.000.000 + lainnya Rp 200.000 = Rp 2.300.000

menurut saya hidup dengan budget 2.3jt ini sudah hidup enak jika dibandingkan pada tahun 2015 ketika hidup di Jakarta paling sedikit saya mengeluarkan uang bulanan Rp 3.500.000 

Jika dibandingkan dengan teman teman asal Bali yang juga kos atau teman seperantauan disini justru banyak yang menyeluarkan uang kurang dari 2 juta loh. Nah jika kalian diberi uang kayu perbulan Rp 3.000.000 tentunya bisa banyak sekali untuk ditabung bukan.

Semoga bermanfaat untuk referensi biaya hidup di Bali, sekali lagi bergantung kepada gaya hidup masing masing

0 Response to "BERAPA BIAYA HIDUP DI BALI UNTUK MAHASISWA 2020"

Post a Comment

Iklan Bawah Artikel