TUKAD BINDU, WISATA SUNGAI DENPASAR YANG INSTAGRAMABLE

By HelgaChrist - May 15, 2019

Kota Denpasar juga punya tempat - tempat wisata yang menarik loh. Tukad atau sungai membentang panjang mengaliri kota Denpasar, hal ini dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk mengubahnya menjadi tempat wisata loh. 
Tukas Bindu, tempat ini memang menjadi salah satu wisata andalan Kota denpasar.  Tukad Bindu ini terletak di daerah kesiman, Denpasar timur, mengikuti google maps ada banyak lokasi saya sempat nyasar. Nah patokannya ini di Banjar ujung, tanya aja warga sekitar pasti tau kok
Menuju Tukad Bindu
Menuju Tukad Bindu di google maps ada beberapa lokasi, carilah lokasi yang berada di gang kisarini, kesiman, denpasar timur. Dan kamu akan mengarah ke tempat parkir didekat bale banjar. Nah dari tempat parkir ini, ikuti jalan turunan ke bawah melewati tangga dan pura di sebelah kiri hingga sampai di pinggir sungai, nah dari sini kamu belok di kanan disinilah ramainya Tukad Bindu.


Aktivitas Di Tukad Bindu

Awalnya Sungai ini sama seperti sungai lainnya kotor, tapi lama kelamaan masyarakat sadar tentang pentingnya menjaga kebersihan sungai disini sampai akhirnya sungai ini kembali bersih loh. Memang membutuhkan waktu yang tidak singkat serta pengorbanan yang membuahkan hasil.
Untuk masuk ke Tukad Bindu ini tidak di pungut biaya kok. Nah disini terdapat banyak warung warung di pinggir pinggir kali yang ditata rapi yang menyediakan berbagai jenis makanan setiap harinya. 
Di Tukad Bindu ini selain berfoto foto, kita juga bisa bermain air sambil menyewa pelampung yang ada. Banyak juga mengunjung yang memanfaatkan pinggir sungai untuk piknik bersama dengan keluar disini asal jangan membuang sampah sembarangan saja. Memang paling ramai di sini ketika akhir pekan, uniknya disini juga ada pojok yang membuat kita berasa nostalgia kembali ke jaman dulu 

Peken Nusantara Setiap Akhir Pekan

Yang paling ditunggu tunggu di Tukad bindu adalah akhir pekan, karena pada saat hari sabtu dan minggunya terdapat pasar unik yaitu pasar peken nusantara. Biasanya dimulai dari jam 08.00 am sampai jam 12 siang sudah mulai sepi. 
Di peken nusantara ini kita bisa lebih menikmati suasana Bali seperti di jaman dulu loh ditambah lagi untuk berbelanja di pasar ini kita menggunakan uang kepeng (uang bali kuno) yang bisa ditukarkan di konter sehingga menambah pengalaman tersendiri. Disini juga terdapat banyak penjual makanan yang menjual makanan mulai dari cemilan sampai makanan tradisional Bali.
Nah, selain itu disini tersedia banyak wahana permainan jaman dulu yang bisa kita mainkan loh nuansa Bali jaman dulu memang kembali terasa di sini. Bukan cuma wahana permainan, tapi cuma tempat-tempat yang cukup instagramable banyak bertaburan ini seperti taman anggrek yang ada di dalam sini seru banget loh.
Bukan hanya itu, disini juga ada hiburan yang diberikan dengan panggung kecil. Ditambah lagi sering adanya acara perlombaan disini seperti lomba mewarnai untuk anak anak, serta event lain serunya. Peken Nusantara sendiri sebenernya program destinasi digital dari Generasi Pesona Indonesia yang ada di Bali, dibawah Kementerian Pariwisata dalam rangka membuat destinasi digital di Bali. Menarik banget kan, tunggu apalagi yuk berkunjung ke Tukad Bindu untuk merasakan sensasi wisata yang berbeda

  • Share:

You Might Also Like

0 comments