ALASAN KENAPA LO HARUS KULIAH DI BALI

By HelgaChrist - May 13, 2018

Hi guys welcome back to my journal! Banyak orang yang nanya enak ga sih kuliah di Bali? Mahal ga? Terlalu bebas ga? Nanti jadi anak rusak dong. Well, itu semua balik lagi ke pribadi masing masing seberapa tebel iman lo. Selama hampir 4 tahun ini gw ngerasa Bali itu nyaman banget sampe sampe gw lupa punya rumah.




Nah disini gw rangkum kenapa sih lo harus milih Bali buat kuliah

1. Menghargai Perbedaan
Rata-rata orang Bali secara garis besar yang gw temui emang ramah ramah walaupun emang ada juga sih yang rese seperti manusia lain. Disini juga orang-orangnya menghargai perbedaan. Temen temen di kampus juga menurut gw lumayan enak enak beda sama stereotype kalo ngebahas kuliah di univ negeri pasti banyak yang pikir ah pasti senioritas tinggi tuh, main bully bullyan. Jujur gw ga pernah terpikirkan kuliah di univ negeri. dari TK gw udah di sekolahin swasta, emak gw takut kalo sekolahin di negeri kebanyakan denger gosip rata-rata negatif beritanya. kalo di luar bali tentunya gw bakalan takut pilih univ negeri tapi ya tergantung masing-masing individu


2. Aman
Beda sama kakak gw yang kuliah di jkt tiap ada demo emak gw selalu nelponin, belum lagi kalo banjir ribet banget. Disini gw ngerasain aman banget beda juga sama Palembang dimana gw dibesarin, jambret dimana mana. Nah kalo di Bali gw bukan takut manusianya kalo pulang malem malem, gw takut setannya secara kalo pulang gw ngelewatin kuburan gimana ga takut. 
Kalo masalah jabret tentunya pasti ada dimana mana tapi kebanyakan sih emang di Denpasar, Canggu, daerah yang menyasar bule bule. Di Bali juga jarang ada demo, salah satu faktornya sih supaya pariwisata disini ga sepi. Cuma tetep aja walaupun dibilang aman, kita harus tetep respect sama orang lain. Salah salah ucapan bisa jadi korban 'santet'. Nah yang paling sering orang pikir kalo denger Kuliah di Bali 'situ kuliah apa party?'  tenang kampus gw jauh dari daerah party. Tapi emang emak gw di rumah selalu bilang hati hati sama pergaulan bla bla. Emang bener sih pergaulan disini cukup 'bebas' tapi ya balik lagi ke pribadi masing masing orang. 

3. Murah
Bali bisa gw bilang murah banget. Kita bahas satu satu dari tempat kuliah gw mungkin detailnya nanti bakal gw bakal di postingan lainnya, tapi secara garis besar kuliah gw ini murah banget gw ga mau nyebutin angka, kalo jaman 6 tahun lalu pas kakak gw masih kuliah dulu di salah satu univ di jakarta utara gw inget banget 1 uang semesteran dia waktu itu kalo sekarang dibayarin ke tempat kuliah gw bisa bayar 4x uang semesteran gw disini. Ditambah lagi enaknya ditempat gw kuliah banyak fieldtripnya jadi sebenernya uang SPP itu malah ga cukup buat ngebayarin fieldtrip. Ga sia sia ortu gw bayar pajak berguna buat anaknya disini.
Nah kalo dari tempat tinggal enaknya disini rata rata kos itu udah sejenis studio lengkap sama wc + dapur. Kalo dulu pas di salemba nyari kos yang 1,4jt aja udah susah banget dengan kamar gede dikit dari kuburan. Tapi disini kosan gw lumayan gede cuma 1juta/bulan. Itu pun sebenernya bisa diisi 2 orang kalo mau hemat. 
Untuk makanan juga termasuk murah sih nasi campur aja masih dapet 10rb kecuali kalo lo main ke daerah tourist ya beda bro. Cuma yang masih kerasa itu diskriminasi harga. Dikit dikit gw bisalah bahasa Bali cuma tetep aja beda dari mukanya. Kalo temen gw beli sate 10rb, gw masih dikasih 15rb. Ya emang rata rata warung bali yang ga pake harga memang diskrimasi harga, enaknya sih bawa temen lokal. 

4. Peluang Dimana Dimana
Jaman jaman baru masuk kuliah temen temen gw heboh 'DW' apaan ya gw masih ga tau pada saat itu. Di Palembang/Jkt sendiri kayanya agak mustahil part time untuk mahasiswa karna emang dikit lapangan kerja. Kalo di Bali ini enaknya banyak mencari 'Daily Worker' entah untuk wedding atau event event lainnya. Mau dari level babu sampe asisten juga ada tergantung pengalaman, relasi, dan hoki lo. Gw emang males ikut DW yang beginian rata rata kebanyakan sih DW banquet aka Babu, kerja 10 jam digaji 90rb. Mayan kan tuh encok.

Ga cuma DW itu, peluang part time disini cukup besar dulu gw ikutan part time jadi marketing OTA China lumayan banget itu dalam 3bulan gw bisa dapet 14jt pada jaman itu. Jadi pinter pinternya lo cari kerjaan. Ditambah lagi di kampus gw tiap tahunnya ada kerjaan buat mahasiswa di Prodi gw jadi tukang survey walaupun cuma seminggu kerja di Airport itu membantu banget buat keuangan mahasiswa



Jadi gimana masih ragu kuliah di Bali?

  • Share:

You Might Also Like

3 comments

  1. Menarik kak,saya ada niat mau kuliah di bali tapi masih agak kepikiran soal biaya hidupnya wkwk
    Klo boleh tau,kakak kuliah di universitas mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuliah di bali enak gan ,betl tuh banyak DW ,lumayan lah uang hasil DW buat mahasiswa

      Delete
    2. Hi anggi! Maaf saya baru sempat balas, saya kuliah di sekolah tinggi pariwisata bali. Untuk biaya hidup menurut saya justru lebih murah dari pada ketika saya hidup di jkt & kota lainnya. Kosan mulai 500rb banyak kok dengan makanan mulai dari 5000 juga ada

      Delete