Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGALAMAN PERPANJANG SIM DI PELAYANAN SIM KELILING TERBARU

Halo semua, welcome back! Kali ini seputar pengurusan SIM (Surat Izin Mengemudi). Berhubung kali ini aku pulang ke Indonesia sudah waktunya untuk mengurus semua berkas yang bisa diperpanjang salah satunya SIM karena SIM C ku akan berakhir masa berlakunya di akhir tahun ini juga. 



Kali ini aku memilih untuk mencoba perpanjangan di Pelayanan Sim Keliling. Nah ini sebetulnya kali kedua aku perpanjangan SIM di Sim keliling (mobil) cuma antara keduanya itu ada perbedaan prosedur sedikit ya nanti aku jelaskan. 

CARI TEMPAT SIM KELILING

Nah teman teman bisa cari tahu dulu dimana lokasi sim keliling yang ada di kota kamu ya. Berhubung aku pulang kampungnya di Palembang, aku ke pelayanan sim keliling di Pujasera Veteran. Umumnya sim keliling ini buka dari jam 8 pagi.

SYARAT PERPANJANGAN

Mengutip syarat perpanjangan SIM baik A ataupun C yaitu dengan:

- Melampirkan Fotokopi KTP dan SIM (di tempat diminta 2 lembar fotokopi SIM)

- SIM Asli yang berlaku

- Membawa KTP

- Melampirkan Surat keterangan sehat


PROSEDUR PEPANJANGAN SIM

Perlu digaris bawahi untuk sim keliling ini HANYA melayani perpanjangan sim dengan kondisi sim yang belum habis masa berlakunya. 

Aku datang sebetulnya dua kali, hari pertama aku datang pukul 09:30 ternyata sesampai disana, disuruh petugasnya pulang karena katanya sudah terlalu ramai antriannya dan menyarankanku untuk datang lagi keesokan paginya. 

Keesokan harinya aku datang pukul 08:30 ternyata mobilnya belum datang juga hingga pukul 08:45. Pas mobilnya datang, menunggu sebentar untuk persiapan dan akhirnya polisinya datang menjelaskan ternyata kuota mereka itu sedikit perharinya jadinya polisinya mengurutkan untuk orang orang dengan masa berlaku sim yang paling dekat dengan masa kadaluarsanya yang mendapatkan formulir duluan.

SIM ku itu masih expired 6 bulanan lagi, untungnya aku datang pagi jadi masih kebagian kuota hari itu. Kita diberikan formulir untuk diisi data pribadi sesuai KTP & SIM lalu kemudian kita berikan ke petugasnya jika sudah selesai. 

Setelah itu kita menunggu sebentar sampai dipanggil untuk tes kesehatan (di mobil sampingnya) anggap saja puskesmas berjalan. Nah ini bedanya, waktu sebelumnya aku perpanjangan sim itu di Maluku dan petugasnya menyuruh kita untuk ada surat sehat dari puskemas dulu sendiri. Sedangkan sekarang lebih menghemat waktu dengan adanya langsung tes kesehatan di tempat. 

Biaya untuk tes kesehatan dikenai Rp 50.000 apa yang dites? Di tes pendengaran, mata dan buta warna. 

Setelah itu nantinya kita akan dipanggil sesuai antrian untuk masuk ke mobil pelayanan sim keliling untuk langsung foto, tanda tangan dan membayar biaya perpanjangan Rp 75.000 untuk SIM Motor. Sayangnya waktu hariku perpanjangan sim itu, mesin cetak simnya agak bermasalah. Jadi daripada harus menunggu lama dan tidak pasti jam berapa bisa cetak simnya, aku memutuskan untuk ambil sim nya keesokan harinya dengan meminta bukti pengambilan. 

Nah sekian pengalamanku memperpanjang sim di Pelayanan Sim Keliling kota Palembang. 

Helga Christ
Helga Christ Currently living in Bali

Post a Comment for "PENGALAMAN PERPANJANG SIM DI PELAYANAN SIM KELILING TERBARU"