Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGALAMANKU MENCARI KERJA PERTAMA KALI DI AUSTRALIA - TIPS WORKING HOLIDAY VISA

Hai hai welcome back sobat pejuang WHV. Di artikel kali ini aku akan membagi pengalamanku susahnya mencari kerja di Australia tepatnya di sekitaran Melbourne. Mungkin sudah banyak teman teman juga yang sudah tahu kalo sekarang itu mencari kerja di Australia cukup susah apalagi jika kita tidak punya pengalaman dan beberapa hal yang essential disini. Ketika artikel ini dibuat, aku sudah sebulan di Australia dan akhirnya mendapatkan kerja full time. Disclaimer ini menurut pengalamanku pribadi ya gimana mengatasi susahnya mencari kerja disini, sampai akhirnya aku mendapatkan kerja full time pertamaku. 



1. PENGALAMAN SANGAT PERLU

Seperti kebanyakan WHV Holder lainnya dengan berbagai macam background pekerjaan di Indonesia (aku sendiri punya pengalaman kerja di back office). Hal ini yang membuat aku sadar akan cukup sulit mencari kerja terutama untuk WHV karena casual job kebanyakan ya hospitality (waiter, cook, barista) atau farm work. 

Walau sebelum berangkat ke Australia aku sudah mengambil kelas barista, tapi nyatanya dimana pun itu tentunya pemilik bisnis lebih suka orang orang yang sudah punya pengalaman di bidangnya, bahkan untuk kerja cuci piring aja sekarang di iklan rata rata butuh yang sudah punya pengalaman sebelumnya. Maka dari itu aku sarankan untuk kalian dengan tujuan WHV di Australia sangat penting untuk punya pengalaman kerja dulu di Indonesia yang sekiranya mendukung untuk apply job disini. 

2. PERLU SERTIFIKASI

Ya aku bilang Australia ini negara serba sertifikasi karena memang kebanyakan job disini perlu sertifikasi tertentu maka dari itu kamu juga perlu mempertimbangkan mengambil serifikasi. Misalnya untuk yang akan kerja di hospitality, kamu bisa ambil RSA Certificate ini untuk bekerja yang berhubungan dengan alkohol dan wajib kalian punya.

Sedangkan untuk yang misalnya kerja di construction, wajib untuk apply white card. Untuk job pick packer misalnya itu pun selain pengalaman kalo belum punya, dianjurkan untuk mengambil sertifikasi. Banyak sekali yang kita anggap di Indonesia sepele, ternyata disini apa apa serba harus dipelajari. Menurutku kalo kalian ada budget lebih, yang paling berguna dan berpeluang adalah Forklift license karena akan banyak peluang kerja. 

3. SIM DAN MOBIL SANGAT PENTING

Memang terlihat sepeleh, tau ga kalo punya sim dan mobil sangat penting untuk menunjang mendapatkan kerja disini. 80% dari lowongan kerja yang aku cari mengharuskan pelamar kerja memiliki mobil sendiri dan Sim yang valid untuk kerja termasuk cleaning job. Yang awalnya aku pikir bakal coba cleaning job ternyata ga semudah itu, karena memang diwajibkan punya mobil sendiri untuk berpindah pindah. 

Apalagi teruntuk kalian yang berpikir untuk kerja di farm / remote area. Ini sudah sangat mutlak harus punya mobil. Nah memang untuk beli mobil juga butuh budget extra apalagi jika belum dapat kerja, maka dari itu jika kalian pergi bergroup lebih baik patungan untuk beli mobil

Yang perlu diperhatikan adalah sim indonesia yang di translate / sim international itu punya batas waktu di Australia tergantung dari negara bagian mana yang akan kamu tuju. Misalnya Victoria, kamu hanya bisa menggunakan sim indonesia / international max 6 bulan sejak kamu tiba di Australia. Dan wajib di convert ke sim australia setelahnya. 

4. SEBAR CV DOOR TO DOOR

Semua dari temanku yang warga negara Australia atau yang sudah tinggal lama di Australia pasti menyakan untuk sebar CV door to door untuk mendapatkan kerja, karena memang juga begitu untuk casual job. 

Berdasarkan pengalamanku karena aku kurang percaya diri sebar door to door karna ga ada experience dan ngenyel apply online aja dari website seek/indeed misalnya dari 100 CV yang aku sebar, cuma ada 1 orang kasih feedback casual job untuk interview. Selebihnya bahkan ga direspon sama sekali. Jadi menurutku cukup useless apply job, ya mungkin juga karena yang apply banyak orang yang mungkin mereka jauh lebih berpengalaman dibanding kamu.

5. KONEKSI ORANG DALAM

Poin ini cukup lumrah di kalangan orang Indonesia dan 100% worked. Aku sendiri pake cara ini untuk akhirnya mendapatkan pekerjaan pertamaku disini. Jadi kita punya group Indonesia misalnya The Rock, The Rock melbourne, The rock tasmania, Indo melbourne di facebook. 

Jadi ceritanya ada orang yang post di group mencari orang untuk kerja tapi yang dicari laki laki waktu itu. Nah karena aku lihat lokasinya di tempat domisiliku sekarang, aku iseng tanya ke TS nya apa ga ada lowongan untuk wanita karena tinggal di dekat tempat kerjanya. Akhirnya berselang 2 minggu aku baru sadar kalo di TS ini ada kirim DM di FB menanyakan apa masih tertarik untuk mencari kerja karena kebetulan tempat dia sedang cari pegawai.

Nah kesimpulanku memang job terutama di kaya pabrik / manufacturing itu perlu orang dalam, karena biasanya tidak ada di post lowongannya. Jadi untuk yang tau tau aja. 

6. FOOD DELIVERY DRIVER

Untuk yang sambil sedang cari kerja full time, aku sarankan untuk apply mencari food delivery driver aka abang gofood, aku sendiri dari sebelum mendapatkan kerja full time sudah apply ini dan sampai sekarang pun kalo ada waktu kosong setelah kerja full time lanjut delivery. 

Enaknya kerjaan ini fleksibel dan mudah. Aku pribadi cuma butuh waktu 1 hari sampai akhirnya akunku udah bisa mulai kerja di Doordash. Nanti aku bahas di artikel khusus tentang pengalamanku ini.

Nah aku juga aktif bikin video di youtube jangan lupa subscribe ya YOUTUBE HELGACHRIST

Helga Christ
Helga Christ Currently living in Bali

Post a Comment for "PENGALAMANKU MENCARI KERJA PERTAMA KALI DI AUSTRALIA - TIPS WORKING HOLIDAY VISA"