Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGALAMAN KE PHILLIP ISLAND VICTORIA AUSTRALIA

Hai welcome back, kali ini aku mau mengulas sedikit perjalananku di Phillip Island, Victoria, Australia. Mungkin sudah banyak yang tahu dari artikel artikel sebelumnya kalau sekarang ini aku sedang stay di Melbourne dengan working holiday visa (WHV). Jadi weekend ini, aku mau jalan jalan ke sekitaran Victoria aja. Awalnya sempet bingung milih antara Phillip Island atau French Island karena dua dua bagus dan merupakan pulau di wilayah bagian Victoria. Tapi akhirnya aku memilih Phillip Island dulu karena aksesnya yang lebih mudah dari French Island

TRANSPORTASI

Untuk transportasi paling bagus tentunya bawa mobil sendiri. Kalau kalian turis disini dan tidak punya mobil, ada banyak platform untuk rental mobil, atau bisa tanya di group fb komunitas Indonesia 'The Rock Melbourne' siapa yang rentalin mobil. Nyetir di Australia tidak susah asal patuhi speed limit dan lalu lintasnya. Dan untuk sim Indonesia / International bisa dipakai. Bawa mobil akan lebih murah dan fleksibel.

Walau namanya pulau, Phillip Island ini ada akses jembatan untuk mobil dan perjalanan kesini dari Melbourne sekitar 2 jam. Untuk pulaunya sendiri lumayan besar dan akses kemana mana fleksibel ya bawa mobil. Cuma memang kebanyakan tempat, jalananya cenderung berpasir / berbatu. Mobil kita bawa 4WD aja apesnya sampe ban nya pecah.

ATRAKSI WISATA

Phillip Island sebetulnya banyak sekali yang menarik, karena kita kesini di hari minggu jadi tidak sempat camping. Tapi aku pribadi menyarankan kalian untuk camping saja disini karena memang ada spot camping dan jadi banyak waktu untuk explore pulaunya.

Aku sampai disini cukup siang sekitar 2:30pm karena paginya kita pergi ke Springvale dulu. Jadi ya cuma beberapa spot saja yang kita kunjungi.

TOURIST INFORMATION CENTRE

Pertama tama aku sarankan untuk mampir dulu ke tourist information center, tidak jauh dari jembatan penghubung. Disini kalian akan diberikan peta dan dijelaskan ada apa aja di pulau ini jadi bisa planning sesuai dengan keinginan.

PYRAMID ROCK

Tujuanku pertama adalah Pyramid Rock, jadi tempat ini tebing dengan pemandangan laut dan batu batu disekitarannya. Waktu kesini anginnya itu kencang sekali jadi lumayan harus hati hati. Pyramid Rock ini juga merupakan spot memancing dan utamanya juga kalo beruntung, ini adalah tempat menonton ikan paus yang bermigrasi.

THE NOBBIES

Jadi adalah dua spot di The Nobbies ini, bangunannya merupakan museum edukasi, dan untuk tiket masuk ke dalamnya sekitar $15. Aku pribadi tidak masuk ke museum ini, dan memilih untuk menghabiskan waktu di The Nobbies View Point, depannya dari museum ini. Kalian ikuti aja orang orang yang turun kebawah dengan jembatan kayu.

Disini selain pemandangannya yang indah, daya tarik lainnya juga hewan hewannya. Disini ada berbagai macam burung yang banyak beterbangan yang menjadikan tempat ini cantik untuk difoto.

PENGUIN PARADE

Penguin Parade ini lokasinya bersebelahan dari The Nobbies cuma 5 menit, jadi sebaiknya ke The Nobbies dulu sedangkan Penguin Parade ini adalah destinasi terakhir di Phillip Island karena baru dimulai jam 7:30pm.

Penguin Parade ini adalah daya tarik utama di Phillip Island. Untuk tiketnya $30/orang. Jadi yang kita tonton disini adalah saat para penguin kembali dari laut ke permukaan untuk beristirahat. Penguin penguin ini akan kembali ketika sunset, dan jenis penguin yang ada disini itu yang kecil.

Kemudian aku sarankan untuk kalian beli tiketnya beberapa hari sebelumnya online, karena sering kali tiket habis on the spot. Kemudian di tempat ini selain untuk melihat penguin, juga banyak yang bisa dilihat seperti screening movie tentang Phillip Island, VR Corner, Edukasi, dan lainnaya.

Lalu sekitar jam 6:30 kita sudah masuk ke lokasi, sambil duduk menunggu di tempatnya seperti bentuk panggung menghadap ke laut. Aku sarankan kalian bawa blanket/kain alas, karena kalian bisa duduk di pasirnya. Angin juga cukup kencang dan semakin malam, semakin dingin.