Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGALAMAN MELEWATI CUSTOM AND IMMIGRATION AUSTRALIA PERTAMA KALI

 Hi! Welcome masih dalam edisi WHV - Topik kali ini tentang ketika kalian baru sampai di Australia. Custom & Immigration Australia memang terkenal lumayan ketat berikut aku sharing pengalamanku masuk dari Melbourne Airport.



MENGISI DECLARATION FORM

Ketika sudah mau landing biasanya pramugasi akan membagikan declaration form / yellow card untuk diisi melewati bea cukai / custom. For your informasi pertanyaannya ini sangat basic pertama tama tentang contact kamu, alamat tinggal di Australia, pekerjaan, dll. 

Yang paling penting ada di bagian checklistnya, silahkan kamu baca baik baik dan centang sesuai dengan keadaan kamu, jika ragu centang YES. 

MENGANTRI IMIGRASI

Seperti biasa kita mengantri di Jalur foreigner passport, ketika aku sudah di meja giliranku petugas tidak bertanya atau meminta menunjukan apa, hanya make sure holiday. Ketika keluar imigrasi, kita menuju ke baggage claim dan langsung menuju ke bagian custom. Nah form tadi akan ada petugas yang mengecek dan bertanya. 

PERATURAN CUSTOM

Jangan bawa daging dagingan dan buah buahan juga kalo mau aman. FYI pemerintah Australia sedang concern tentang penyakit mulut hewan ternak di Indonesia makanya akan ada beberapa staff yang mungkin akan bertanya apakah dalam waktu dekat ini berlibur ke indonesia.

Jawab saja jujur dari Indonesia, nanti staffnya akan make sure jika tidak membawa daging / olahannya, sepatu yang kotor dari peternakan dll. Jika berindikasi melanggar bisa bisa kena denda 2000 dollar. Peraturan Australia juga untuk rokok maksimal 25 batang bukan 200 batang. Ketika aku jawab tidak, langsung disuruh masuk jalur hijau & keluar.

Helga Christ
Helga Christ Currently living in Bali

Post a Comment for "PENGALAMAN MELEWATI CUSTOM AND IMMIGRATION AUSTRALIA PERTAMA KALI"