Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BERAPA UANG MODAL PERTAMA KALI KE AUSTRALIA - WORKING HOLIDAY VISA

Berapa uang yang dibawa pertama kali untuk ke Australia? ini mungkin banyak pertanyaan untuk orang orang yang visanya baru Granted dari Working Holiday Visa. Untuk aku yang ketika menulis ini tinggal beberapa hari ini akan ke Australia untuk perdana working holiday visa aku jawab ya sebanyak mungkin haha. Idealnya ya uang yang kamu punya AUD 5000 sebagai syarat pengajuan working visa. Kenapa gitu ya? Kan banyak orang yang juga katanya cuma bawa 10 juta ketika kadang? Gimana kalo kita breakdown aja biaya kasarnya? 



BIAYA PERSIAPAN KEBERANGKATAN

Biaya persiapan keberangkatan ini adalah biaya optional yang kamu akan keluarkan tapi tidak wajib ya, hanya untuk referensi kamu. Untuk persiapan keberangkatan ini jujur aku lumayan banyak banget habis disini. Ya biasa terbesar memang pindahan karena aku yang sudah tinggal di Bali 7 tahunan harus pindahan semua barang ke kota kelahiran ku di Palembang. Pengiriman barang barang ke rumah, tiket bolak balik ini sebenernya yang paling nguras tabunganku. Ini hal yang meleset dari perhitunganku sebenarnya. Ditambah lagi aku sudah terlanjur beli tiket flight dari Bali ke Australia, jadi lah lumayan ongkos bolak balik Bali-Palembang. Jadi yang mungkin sekarang sedang merantau bisa dialokasikan dana untuk pindahan ini. 

Biaya yang lumayan persiapan lainnya yaitu Upgrade skill. Untuk aku yang tidak punya basic skill di mengemudi mobil aku kursus dan bikin sim A habis sekitar Rp 1.200.000 kenapa aku ambil kursus mengemudi? Ini sebagai cadangan aja untuk skill disini. FYI kamu harus cek kemasing masing state tujuan kamu karena peraturan berbeda beda di Australia soal driving license. Per july 2023 setauku sebanyakan state ngebolehin Sim A yang ditranslate / Sim International itu 3-6 bulan sejak kedatangan. Nah kamu kalo planning untuk stay lama tentunya aku saranin untuk ambil Australia Driving License. Jadi ya aku ambil kursus di Indonesia dulu supaya ga buta buta amat.

Kemudian biaya upgrade skill lainnya adalah Barista class. Untungnya aku ketemu barista class yang lumayan murah di Bali di cafe baru buka gitu cuma Rp 2.000.000, Kalo biasanya aku lihat kursus baristanya ini bisa diatas Rp 5.000.000. Kenapa aku ambil kursus barista? Simply karena katanya disana Barista juga banyak peluangnya apalagi kalo kalian mau ambil kota kecil, lebih sedikit saingan. 

Yang tidak kalah mengurasi tabungan adalah belanja perintilan persiapan. Misalnya untuk kamu yang berangkat di winter tentu harus extra membeli pakaian winter. Kemudian beli adapter dan peralatan perintilan elektronik yang aku rasa disana bakalan mahal. Dari Indonesia aku sudah beli powerbank tambahan yang mini, charger lagi, kepala charger Australia dan adapter. Nah karena aku punya rencana untuk bekerja sebagai ubereats, aku juga membeli dari Indonesia peralatan sepeda seperti Helm, phone holder dll. Kalo ditotal semua yang aku keluarkan di sebelum keberangkatan ini termasuk tiket pesawat one way ke Australia jujur bisa mencapai Rp 20.000.000. 

UANG AKOMODASI DI AUSTRALIA

Yang perlu kamu tahu, ketika tulisan ini dibuat susah sekali mendapatkan akomodasi di Australia. Yang paling ideal untuk WHV Holder memang tinggal di hostel dengan biaya sekitar AUD30/ malam di dorm atau jika beruntung sudah mendapatkan akomodasi dari kalian masih di Indonesia kita anggap saja AUD250/ minggu. Yang paling lumrah untuk orang indonesia yang WHV adalah cari sharing room karena kalian ga mungkin untuk ttd kontrak sewa sendiri.

Belum lagi di Australia ada sistem Bond money kaya deposit kita anggaplah deposit 2 minggu biasanya. Kalo dihitung hitung secara paling jeleknya kalian tidak dapat kerja selama 2 bulan (banyak kasus begini sekarang kalo dilihat) let's say ini uang yang harus kamu prepare untuk akomodasi AUD 2500 = Rp 25.000.000 ini uang dingin yang kamu harus punya jika amit amit tidak dapat kerja selama 2 bulan di Australia. Karena hidup ga semulus katanya WHV Influencer. 

KEBUTUHAN SEHARI HARI

Dengan asumsi kita 2 bulan belum bekerja tadi, let's stay tiap minggu kita butuh untuk belanja kehidupan sehari hari, makan dan paket internet AUD 200 /minggu. Maka untuk 2 bulan kita akan menghabiskan AUD 1600 = Rp 16.000.000

TRANSPORTASI

Untuk transportasi memang bervariasi tergantung kota tujuanmu. Mari kita anggap saja untuk yang menggunakan transportasi umum butuh AUD 100/bulan berarti untuk 2 bulan sebelum dapat kerja AUD 200 = Rp 2.000.000

Untuk aku sendiri karena planning untuk ubereats dengan e-bike maka budget yang lumayan besar akan ku keluarkan di transportasi yaitu AUD 1000 untuk e-bike = Rp 10.000.000 jadi ya transportasinya sebisa mungkin juga aku naik sepeda aja.

Nah kalo secara hitungan kasar kebutuhan di Australia untuk baru datang ke 2 bulan sebelum dapat kerja nanti adalah Rp 25.000.000 + Rp 16.000.000 + Rp 10.000.000 = 51.000.000 ini adalah hitungan kasar saja paling engga ya kamu harus ada uang segini jadi ya menurutku memang benar uang deposit AUD 5000 yang menjadi syarat pengajuan WHV jangan kalian ganggu. Karena pada prakteknya pasti banyak biaya tak terduga dan mencari kerja di Australia ga semudah itu kawan. Apalagi kalian yang baru datang dengan tanpa pengalaman kerja disini. Plus FYI banyak perusahaan yang prefer menghire orang dengan visa student daripada WHV dengan banyak pertimbangan. 



Helga Christ
Helga Christ Currently living in Bali

2 comments for "BERAPA UANG MODAL PERTAMA KALI KE AUSTRALIA - WORKING HOLIDAY VISA"

  1. kak boleh tolong infokan Barista class yang di Bali Kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa cek ignya demeter coffee bali

      Delete