Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGALAMAN MEMBUAT VISA WAIVER GRATIS DI KONJEN JEPANG BALI

Cara membuat visa jepang waiver di Bali - Untuk kamu yang berada di Bali baik penduduk ber KTP Bali atau bukan, bisa untuk membuat visa waiver jepang di Bali. Yuk simak tutorialnya

ALAMAT KONSULAT JENDRAL JEPANG DI BALI

Konjen Jepang di Bali berlokasi di Jl. Raya Puputan No.170, Renon, Denpasar, Bali, Indonesia. Untuk jam operasional pendaftaran visa di jam 08:30-11:00 WITA dan untuk jam pengambilan visa di jam 13:30-15:00 WITA. 



Di Indonesia sendiri ada beberapa kantor perwakilan jepang yaitu Jakarta, Surabaya, Makassar dan Medan untuk alamat lengkapnya bisa cek disini, jika di kota kalian domisili tidak ada kantor perwakilan konjen jepang, solusinya bisa menggunakan agent. Jika melihat pada website tersebut KTP saya Palembang harusnya masuk wilayah yurisdiksi Jakarta, tapi ternyata untuk visa waiver ini tidak mengikuti domisili KTP.

    

Visa waiver berlaku selama 3 tahun atau sesuai masa berlaku paspor jika habis lebih dulu, dan hanya boleh tinggal di Jepang selama maksimal 15 hari. Untuk bisa apply visa ini hanya perlu E-Paspor, selain hemat budget dan menghemat waktu. Karena sebelum ini, saya ke Jepang dengan membuat visa biasa single entry dan tinggal di beda kota dengan wilayah yurisdiksi, maka harus melalui agent, selain syarat yang panjang juga kena biaya sekitar 800 ribu dengan agent, tanpa agent 330 ribu,

PROSES MUDAH DAN GRATIS

Sebetulnya ada peraturan baru jika visa jepang bisa diregistrasi online (tidak perlu datang ke konjen) tapi karena saya maunya ada tempelan visa di paspor, akhrinya memutuskan untuk apply langsung saja di konjen Bali. Untuk yang ingin daftar online bisa cek disini . Untuk visa waiver ini GRATIS, tidak ada biaya dipungut sedikit pun. Yang bisa apply visa waiver hanya pemegang e-paspor.


Pertama tama, kita masuk ke gedung konjen di Bali, semua barang dititipkan di locker termasuk handphone, yang kamu bawa kedalam cuma dompet dan paspor. Lalu kita menuju ke gedung utama pembuatan visa, menuju ke receiptionist, komunikasi disini menggunakan telpon lokal seperti difilm scene dipenjara ya seperti itu. Selanjutnya kita bilang ke petugas ingin mendaftarkan visa waiver, lalu petugas akan memberikan nomor antrian dan form untuk diisi, formnya seperti ini:

isi formnya basic hanya data diri dan penyataan bahwa kita tidak ada bekerja di Jepang. Setelah selesai mengisi formnya, kita akan menunggu di ruang tunggu hingga nomor di panggil. Panggilan pertama untuk menyerahkan formulir dan paspor, lalu panggilan kedua nanti petugas akan memberikan kertas bukti pengambilan visa. 


Waktu itu saya disuruh kembali lagi 4 hari dari hari pendaftaran. Setelah tanggal pengambilan, saya datang sesuai jam pengambilan visa di siang hari. Nanti kita isi formulir pengambilan yang diberikan receiptionist dan menunggu sesuai nomor antrian di ruang tunggu yang sama dengan diawal. 


Hanya sekitar 2 menit, nomor saya dipanggil dan visa pun jadi. Petugas juga memberikan flyer informasi tentang update syarat masuk jepang dan lainnya.



Helga Christ
Helga Christ Currently living in Bali

2 comments for "PENGALAMAN MEMBUAT VISA WAIVER GRATIS DI KONJEN JEPANG BALI"

  1. hi untuk alamatnya apakah mencantumkan alamat di bali apa sesuai ktp?

    ReplyDelete