Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGALAMAN BACKPACKER KE IPOH MALAYSIA

Ipoh, salah satu kota di Malaysia yang jarang didatangi traveler terutama sangat susah mendapatkan informasi terupdate. Bagi yang belum tahu, Tulisan ini adalah PART 3 dari cerita rangkaian perjalanan backpackerku semalam 2 bulan dari Sumatera, Malaysia, Thailand dan Hong Kong.

PERJALANAN TRANSIT DI KUALA LUMPUR

Malaysia menjadi negara pertama yang aku kunjungi setelah era pandemi. Masuk ke Malaysia juga gampang hanya butuh syarat vaksin tapi itu pun tidak dicek petugasnya. Di PART 2 sebelumnya kami mengunjungi Danau Toba. Rute perjalanan kali ini kita transit sehari di Kuala Lumpur, melanjutkan ke Ipoh dan berakhir di Penang. Aku sebelumnya sudah sering Kuala lumpur dan sudah pernah ke Penang, jadi kali ini trip yang cukup santai ke tempat tempat ini.

Tiket dari Medan ke KL itu murah cuma Rp 450.000, flight kami ke Kuala Lumpur sekitar jam 8 malam, seperti biasa kami memilih Bus sebagai transportasi dari airport karena murah cuma MYR10. Kali ini kita menginap transit di Citin Seacare Pudu Hotel, untuk berdua Rp 230.000. Lokasi hotel ini strategis kemana mana. Karena kita transit di KL, keesokan harinya kita hanya keliling ketempat terdekat diajak berkeliling oleh teman orang sana, kita kulineran dan jalan jalan dengan menikmati suasana China Town. Cuma sebentar karena kereta kami menuju ke Ipoh jam 3 siang.

PERJALANAN MENUJU IPOH

Menuju Ipoh biasanya transportasi yang umum kereta atau bus, kali ini kami memilih mencoba kereta KTM dengan tiket yang dibeli online sebelumnya MYR 78 dan kami akan tiba di Ipoh jam 17:36. Sebetulnya Stasiun kereta di Ipoh ini salah satu destinasi wisata karena merupakan bangunan dengan arsitektur eropa. Perlu kamu ketahui ada banyak bangunan disini bergaya eropa karena bekas penjajahan inggris. Disini kami menginap di BEDS IN THE GARDEN HOSTEL.

stasiun kereta ipoh

Dari stasiun sebetulnya bisa naik Bus ke penginapan cuma kami pilih naik Grab Car MYR10 cuma 10 menit. Karena sudah sampai disini terlalu sore akhirnya kita putuskan untuk makan malam dan melihat area dekat hostel saja. Mungkin kesan pertama setelah kamu sampai disini adalah bingung. Kota disini sepi sekali, ada kehidupan di area tertentu atau area tempat night marketnya.

yum yum restaurant ipoh

Kita makan malam di Yum Yum Restaurant yang cukup terkenal dengan masakan ala peranakan. Uniknya walau kotanya sepi tapi restaurant di kota ini ramai terutama pada malam hari. Banyak disini restaurant family style seperti yum yum restaurant ini.

HARI PERTAMA DI IPOH

Perjalanan kami ini tergolong perjalanan santai tanpa menyusun itinerary sebelumnya. Kemana kaki melangkah kami kesana. Pagi pagi kita makan di Ming Court Hong Kong Dim Sum. Di Ipoh ini restaurant Dim Sum wajib kamu coba, harganya jauh lebih murah dari Hong Kong dan enak enak. Setelah makan pagi kita berjalan kaki berkeliling kota melihat lebih dekat bagaimana kota ini. Ada panduan namanya Walking Tour Ipoh, kalian bisa download dan menjadikan panduan mau kemana saja.

Kami berjalan kaki menuju mengitari kota mulai dari kembali menuju rute stasiun, melewati masjid raya, melewati gang gang yang lucu dan tempat tempat yang unik hanya dengan berjalan kaki sampai sore. Di Ipoh salah satu makanan khasnya 'Taugeh Chicken'. Ada beberapa tempat makan terkenal dengan menu tersebut. Malam ini ditutup dengan kulineran di pasar malamnya Ipoh yang ternyata dekat dengan hotel kita.

CAMERON HIGHLANDS

Biasanya wisatawan yang ke Ipoh juga mengambil rute day trip ke Cameron highlands, ini sangat mungkin apalagi jika kamu menyewa motor atau mobil. Rute ke Cameron ini bisa dengan bus juga, kami karena perjalanan akan cukup panjang kami menyewa mobil dengan menyetir sendiri. Yang harus kamu ketahui, menyetir di Malaysia itu jauh lebih mudah dari Indonesia dan bensinnya jauh lebih murah. Mobil kami sewa seharga MYR120/hari, cuma memang rental mobil disini jarang ada yang mau mengantar mobil jadi kami harus ambil sendiri.

Menuju ke Cameron Highland kamu akan melihat banyak kuil di bawah tebing karena memang diluar old town ipoh, pemandangannya tebing tebing. Pagi pagi kami stop dulu ke untuk makan pagi dengan jalur yang searah di tempat yang ramai orang lokal. Sebetulnya tujuan utama kami di Cameron highland itu mossy forest. Cameron highland itu kaya puncak dengan banyak kebun teh

Pemandangan dari atas menara mossy forest

Tiket masuk Mossy forest untuk wisatawan mancanegara MYR 50, disini juga ada jalur tangga kayu. Kamu bisa melihat hutan dengan identik banyak mulut di pohon pohonnya, kamu bisa banyak belajar tentang aneka fauna. Disini juga ada menara dimana kamu bisa naik dan melihat pemandangan indah dari ketinggian. Sebetulnya ada jalur lain menuju hutan ini tapi sayangnya saat itu sedang dipakai latihan militer jadi wisatawan tidak boleh masuk.

Kita menghabiskan sektar 2 jam di Mossy forest, sebetulnya ada tea house terkenal di dekat Mossy forest ini (Boh Tea House & Plantation) namun sayangnya kami kesana hari senin, jadwalnya tutup. Selain teh, Cameron highland juga identik dengan stoberi, akhirnya kami menuju ke tempat makan serba stoberi yaitu Abang stawberry mencoba nasi lemak stoberi.

bharat tea plantation

Kemudian sorenya kami melanjutkan ke Bharat Tea Plantation, disini kamu bisa menikmati secangkir teh hangat dengan pemandangan kebun teh yang cantik. Kamu juga bisa turun ke bawah dengan membayar MYR4. Setelah cukup menikmati waktu di Cameron highlands kami kembali pulang ke Ipoh dengan rencana mampir dulu ke Kellie's Castle, namun sayang pas sampai sana sudah terlalu sore, castlenya sudah tutup.

kelly's castle

Akhirnya dari sana kami ubah haluan menuju salah satu kuil yang ada di bawah tebing sebelum makan malam didekat sana. Karena waktu cukup mepet untuk mengembalian mobil sewaan, pilihan makan kali ini ke tempat makan lokal yang searah dengan tempat sewa mobil. Betapa kagetnya kami harga makanan disini murah banget MYR 20 untuk 1 set menu untuk 2 orang ini wah.

makanan yang bikin kaget MYR20 semuanya termasuk nasi

HARI KETIGA DI IPOH

breakfast dibelakang hotel

Hari ini hari terakhir kami di Ipoh dengan rencana ke Penang dengan kereta nanti jam 2 siang, jadi jadwal ini lebih santai keliling daerah sekitar. Pagi paginya kami jogging ke taman, tapi stop dulu makan pagi di tempat makan lokal (roti canai) murah banget MYR2. Kami menuju ke Kinta Riverwalk untuk jogging sambil menikmati pemandangan disini. Alam di Ipoh itu masih terjaga, disungai pun kamu bisa melihat biawak.

Jam 12 siang kami pulang ke hotel untuk bersiap siap. Sekalian checkout, kami coin laundry di mesin samping hotel. Laundry seperti ini sangat praktis ketika kita traveling lama, setelah laundry kami menuju ke salah satu tempat makan untuk takeaway makan di kereta karena tidak sempat untuk Dine in.

Jam 2 siang kami menuju Penang (butterworth station). Mari kita sambung dicerita selanjutnya di PART 4 (PENANG).