PANDUAN HARI NYEPI 2020 DI BALI UNTUK WISATAWAN

Nyepi 2020 - Hari Raya Nyepi merupakan hari raya penting bagi umat di Bali. Tradisi ini merupakan hal yang sakral dan unik karena hanya ada di Bali. Hari raya nyepi pun merupakan hari libur nasional di Indonesia dan pada tahun 2020 ini hari raya nyepi jatuh pada tanggal 25 Maret 2020. Jika kamu berencana datang untuk menghabiskan Hari Raya Nyepi 2020 di Bali, simak hal berikut yang perlu kamu ketahui


TIDAK ADA AKTIVITAS 24 JAM
Saat hari raya nyepi datang Bali menjadi pulau yang mati dan sepi dari aktivitas sehari hari, bahkan bandar udara pun ikut di tutup. Nyepi berlangsung dari jam 6 pagi hingga 6 pagi hari berikutnya, baik untuk umat Hindu maupun wisatawan sendiri harus menetap didalam rumah dan tidak bepergian.
Di beberapa daerah pun tradisi ini masih sangat kental sehingga biasanya para polisi adat (pecalang) mengecek rumah rumah warga atau tempat kos untuk tidak menghidupkan lampu. Di beberapa wilayah di Bali pun masih ada yang aliran listriknya sengaja di putus supaya dapat melewati hari raya nyepi dengan penuh hikmat.
Yang perlu kamu ketahui jika saluran TV dan beberapa provider internet juga ikut mematikan saluran untuk menghormati tradisi nyepi 2020. Namun biasanya untuk hotel tetap menyediakan fasilitas internet, TV dan lainnya maka dari itu biasanya hotel akan naik harganya saat nyepi. 



PERSIAPAN HARI RAYA NYEPI 2020

  • Untuk kalian yang baru akan pertama kali mengikuti perayaan nyepi ini, sebagai wisatawan tentunya akan sedikit bosan jika tidak melakukan apapun. Oleh sebab itu untuk berjaga jaga hal yang pertama harus kamu lakukan adalah mengisi powerbank kamu, takutnya daerah tempat kamu tinggali tersebut listriknya ikut dimatikan
  • Mempersiapkan stok makanan dan minuman yang cukup selama satu ini perlu kamu siapkan, apalagi biasanya memang supermarket akan dipadati orang orang untuk memborong makanan
  • Mempersiapkan hiburan juga wajib untuk kamu lakukan untuk mengisi waktu dari pada berdiam diri. Kamu bisa mempersiapkan stok film yang ada di handphone yang bisa ditonton tanpa membutuhkan internet.

MENONTON PAGAI OGOH OGOH

Salah satu hal yang wajib untuk kamu saksikan jika memutuskan untuk melihat tradisi nyepi 2020 di Bali ini adalah menyaksikan pagai ogoh ogoh. Ogoh ogoh merupakan boneka raksasa yang nantikan akan diarak mengelilingi jalanan di Bali di banyak titik. 
Biasanya tempat yang paling favorit untuk melihat ogoh ogoh ini adalah di Lapangan Niti Mandala Renon yang biasanya ogoh ogohnya selalu ditunggu tunggu karena bentuknya yang sangat indah. Jika kamu berada di daerah Kuta, banyak ogoh ogoh yang akan terpajang di depan patung arjuna. 
Untuk kalian yang berada di Ubud, sudah pasti Puri Ubud adalah tempat yang akan dipadati untuk melihat pertunjukan kolosal pawai ogoh ogoh yang biasanya memiliki cerita.

TRADISI UNIK SEBELUM DAN SETELAH NYEPI
Pulau Bali memang penuh dengan tradisi dan upacara yang unik, termasuk dengan menyambut perayaan Nyepi 2020 ini, berikut adalah beberapa tradisi yang bisa kamu saksikan:

  • Perang Api di Desa Nagi Ubud : Terdapat tradisi unik untuk menyambut perayaan Nyepi di Desa Nagi, Ubud. Lokasinya ini hanya berjarak hanya 10 menit dari Puri Ubud. Di malam hari sebelum hari raya nyepi, tradisi perang api akan dilaksanakan di Desa Nagi jam 6 sore. Masyarakat disini menyambut ramah para wisatawan yang ingin menonton tradisi ini, bahkan makanan pun disiapkan oleh desa ini untuk menyambut tamu yang datang

  • Mebuug Buugan (Mandi Lumpur) : Tradisi mandi lumpur ini dilaksanakan di Desa Adat Kedonganan yang jaraknya hanya 10 menit dari Bandar Udara di Kuta. Biasanya tradisi ini akan dimulai sekitar pukul 3 sore di Catus Pata desa adat kedonganan yang dilanjutkan ke Hutan Mangrove untuk melaksanakan mandi lumpur ini dan juga menuju ke pantai pemelisan kedonganan untuk membasuh diri. Wisatawan juga dapat ikut serta dengan menggunakan pakai adat ringan bali
  • Omed Omedan : Tradisi omed omedan ini merupakan tradisi unik dari desa sesetan denpasar, dimana masyarakat desa pemuda pemudi akan diarak hingga  berciuman dan disambut dengan guyuran air. 

0 Response to "PANDUAN HARI NYEPI 2020 DI BALI UNTUK WISATAWAN"

Post a Comment

Iklan Bawah Artikel