REVIEW SETIA DARMA HOUSE OF MASKS AND PUPPETS BALI

Review Museum Gratis di Bali Setia Darma House of Masks and Puppets - Jika teman teman menyukai seni apalagi gratisan sangat cocok untuk mampir di Setia Darma House of Masks and Puppets Bali. Kira kira ada apa ya di dalamnya? Yuk simak review selengkapnya 

LOKASI MUSEUM
Setia Darma House of Masks and Puppets terletak diJalan Tegal Bingin, Mas, Ubud, Kemenuh, Gianyar, Bali. Lokasinya agak masuk di dalam jalan kecil, tapi sangat mudah ditemukan. Atau jika ragu kamu bisa mengikuti petunjuk jalan dari google maps. Dari Puri Ubud, untuk menuju ke Setia Darma House of Masks and Puppets ini membutuhkan waktu sekitar 15 menit perjalanan. Tempat ini buka dari jam 8 pagi hingga 4 sore setiap harinya.

TIDAK ADA BIAYA MASUK
Yang paling menyenangkan dari Setia Darma House of Masks and Puppets ini adalah mereka tidak mematok biaya masuk. Jadi semuanya gratis untuk wisatawan, namun memang disini menyediakan kotak donasi, kita juga bisa ikut serta melestarikan seni topeng ini dengan berdonasi dan mengisi buku tamunya. Hebatnya lagi walaupun tempat ini gratis, namun banyak sekali guide yang bekerja di setiap tempatnya yang siap memandu kita. 

KOLEKSI TOPENG DAN BONEKA YANG LENGKAP

Setia Darma House of Masks and Puppets merupakan sebuah museum yang berisikan koleksi topeng dan boneka dari berbagai daerah baik di Indonesia hingga luar negeri seperti Malaysia, Myanmar, Jepang, hingga Afrika. Tempat ini pertama kalinya dibuka untuk publik pada tahun 2006 dan memiliki koleksi lebih dari 1000 topeng dan 5000 boneka. Sebetulnya koleksi koleksi yang ada disini adalah koleksi milik pribadi dari pemilik tempat ini yang merupakan seorang pecinta seni sekaligus pebisnis di Jakarta, karena kecintaannya dengan seni hingga akhirnya mengumpulkan koleksi di sebuah tempat di Bali dan dibuka untuk umum. 

Setia Darma House of Masks and Puppets memiliki beberapa bangunan berbentuk rumah joglo, didalam bangunan inilah tersimpan koleksi koleksi seni yang berbeda tema di setiap rumah joglonya. Koleksi disini snagat bervariasi mulai dari topeng tradisional seperti barong, hingga karya karya boneka internasional. Namun memang kebanyakan koleksi disini mungkin terlihat agak menyeramkan bagi pengunjung. 

Bukan hanya bisa melihat koleksi seni yang ada disini, pengunjung juga bisa membeli souvenir yang dibuat oleh seniman lokal langsung seperti topeng ataupun wayang. 

FASILITAS LENGKAP
Setia Darma House of Masks and Puppets berdiri diatas tanah yang luasnya 1 Hektar yang dikelilingi dengan sawah hijau. Sebetulnya tujuan dari dibangunnya tepat ini juga untuk melestarikan seni topeng dan boneka khususnya serta sarana edukasi juga untuk pengunjung. DI tempat ini bernuansa taman hijau yang luas dengan sentuhan bangunan yang bernuansa tradisional. 

Di dalam komplek Setia Darma House of Masks and Puppets ini juga memiliki fasilitas toilet, tempat untuk konfrensi, ruangan pameran, panggung terbuka yang juga disewakan serta coffee shop yang bernama Topeng. Di coffee shop ini juga menyediakan berbagai jenis kopi dengan citarasa nusantara yang bisa kamu coba.

Helga Christ Currently living in Bali

2 Responses to "REVIEW SETIA DARMA HOUSE OF MASKS AND PUPPETS BALI"

  1. This is very interesting content! I have thoroughly enjoyed reading your points and have come to the conclusion that you are right about many of them. You are great. face masks

    ReplyDelete
  2. Pakistani Drama Industry Here is everything you need to know abou Showbizz Pakistan, every Pakistani showbiz scandal to latest entertainment updates.

    ReplyDelete

Iklan Bawah Artikel