Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGELUARAN TAGIHAN UTILITY BILLS LISTRIK, AIR DAN GAS DI AUSTRALIA

Hi semua welcome back. Kali ini aku mau berbagi informasi untuk teman teman yang mungkin akan pindah atau tinggal di Australia. Topik kali ini adalah seputar tagihan bill pokok di tempat tinggal baik rumah maupun apartment. Disclaimer kali ini berdasarkan pengalaman pribadiku dan billku perbulan


Tagihan pokok atau Bill yang harus kalian bayar apalagi menyewa rumah atau apartment sendiri ada di tagihan listrik, air dan gas. Tentunya tagihan akan berbeda beda setiap bulan tergantung pemakaian dan juga musim sangat mempengaruhi loh. Nah akan aku breakdown satu satu sebagai gambaran untuk yang tinggal berdua di Apartment 1 kamar 1 ruang tamu. 

ELECTRICITY BILL DI AUSTRALIA

Untuk tagihan listrik tentunya akan sangat pengaruh dengan alat elektronik apa yang kamu pakai dirumah. Di Apartementku kita punya kulkas yang tentunya 24 jam menyala, mesin kopi breville barista express yang menyala setiap pagi, microwave, mesin cuci menyala seminggu sekali atau dua kali, dan mesin cuci piring juga menyala seminggu sekali atau dua kali. 

Sedangkan untuk musim panas kita hampir setiap malam menghidupkan kipas angin, sedangkan untuk dingin ada tambahan di heater listrik dan electric blanket. 

Selain pemakaian pokok, tentunya ada juga pemakaian elektronik lain yang tidak terlalu sering (bukan daily use) yang tidak terlalu besar memakan daya seperti kettle, baterai sepeda listrik, mixer, serta gadget kecil lainnya

Untuk provider listrik di Austarlia ada banyak sekali ya, saat ini aku memakai Simply energy karena waktu mendaftar pertama kali ada welcome bonus credit $150. Dengan asumsi aku dan roommate ku bekerja full time hingga sore, maka aktivitas paling banyak tentunya di malam hari dan weekend. 

Nah untuk hampir setahun di Australia dengan pergantian semua musim, rata rata pemakaian listrik kita tidak terlalu berbeda jauh setiap bulannya. Kita menghabiskan $45-$55 per bulannya.

Tips untuk kalian yang baru mulai hidup di luar negeri dengan musim dingin, ada beberapa cara supaya listrik tidak bengkak saat musim dingin jangan menyalakan heater sepanjang malam karena heater listrik lumayan tinggi mengkonsumsi daya. Aku pribadi hanya menghidupkan 1 jam sebelum tidur, lalu menghidupkan electric blanket. Electric blanket ini jauh lebih hemat dan juga nyaman untuk musim dingin. Sama dengan heater, blanketnya pun aku hidupkan minimal 1 jam sebelum tidur sampai mau tidur aku langsung matikan. Kemudian ada cara konvensial yaitu dengan menggunakan hot water bottle bisa kalian googling bentuknya, ini lumayan sangat berguna kita cukup mengisi dengan air panas. 


WATER BILL

Untuk tagihan air di Australia juga tergantung musim dan pemakaian. Misalnya untuk musim panas tentunya gerah pengennya mandi terus, tapi untuk winter misalnya sama dengan orang luar mereka tidak mandi setiap hari ya. 

Untuk tagihan airku ditagih per 3 bulan dengan tagihan $40-$50 per 3 bulannya. Air keran disini bisa diminum langsung jadinya tagihan ini juga sudah termasuk air minum karena kita tidak pernah beli air mineral.

Misal rekapan per 3bulannya, September kita menghabiskan 105 L, Desember 170L, dan Maret 128L. Untuk periode bayar yang terakhir 22 Desember - 25 Maret 2024 aku menghabiskan 128L dengan tagihan $40


GAS BILL

Untuk pemakaian gas akan sangat berpengaruh dengan tipe rumah. Misalnya rumah jaman lama heaternya itu central dan masih menggunakan gas jadi sekali heater dihidupkan itu sudah untuk satu rumah semuanya hidup dan tentunya akan memakan daya gas.

Selain itu pada kompor, karena komporku masih gas juga oven dengan gas maka ini daily use. Untuk yang memasak dengan kompor listrik tentunya akan terbalik dengan tagihan listriknya. 

Ada juga pemakaian air panas baik wastafel ataupun shower akan mempengaruhi tagihan gas juga. Untuk apartemenku sendiri tentunya yang paling mengkonsumsi gas adalah dapur karena kita masak setiap hari dan juga baking. Masak pun juga sering yang perlu lama dimasak misalnya rendang. 

Untuk tagihan gasku lumayan bervariasi mulai dari $50 sampai yang termahal di $106 perbulan waktu lagi banyak banyaknya masak dengan oven dan rebus rebusan. 

Nah itu dia tadi gambaran tentang berapa tagihan bulanan yang harus kamu keluarkan untuk kebutuhan tempat tinggal di Australia




Helga Christ
Helga Christ Currently living in Bali

Post a Comment for "PENGELUARAN TAGIHAN UTILITY BILLS LISTRIK, AIR DAN GAS DI AUSTRALIA"