PENGALAMAN SEMI BACKPACKER KE VIETNAM (HCMC, DA NANG, HOI AN) PART 2

By HelgaChrist - February 11, 2018

Hi welcome back to my journal ! So, melanjutkan dari Part 1 tentang kamboja, disini gw mau lanjut tentang itinerary di hari 5 yuk langsung aja nyimak. Short Movie bisa dicek di Video




DAY 5 PHNOM PENH - HCMC



Nah sesuai request sebelumnya di kantor mekong express gw minta jemput untuk ke pangkalan mekong express, jam 7.30 kita sudah dijemput. Untungnya kita minta jemput, karna ternyata pangkalan bus untuk ke Ho Chi Minh City ini berbeda dengan waktu di drop off dari Siem Reap (Orussey Market). Tiket bus PP-HCMC sebelumnya sudah kita beli via online dengan harga Rp 150.600 sesuai cc.

Ternyata PP cukup parah dari pada di Siem Reap dimana semua orang rata rata bisa bahasa inggris, tapi disini ngga. Sebelum naik bus kita coba cari kopi di pinggir terminal dan rata rata ga ngerti coffee dimana kebetulan ga bawa hp jadi ga bisa nunjukin fotonya, sambil pake bahasa insyarat eh kita di kasih susu, 'coffee please' tetep aja minuman aneh aneh yang ditawarin, alhasil gw nyerah yaudahlah naik aja ke bus. 

Tepat pukul 08.30 bus mulai jalan, di bus tour leader ngumpulin semua passport penumpang, di mekong express kita dikasih air mineral & snack. Oh iya nanti jangan panik di perbatasan masuk Vietnam, passport ASEAN memang sengaja di simpen tour leadernya, nanti mereka yang ngurusin sampe capnya, jadi kita tinggal lewat aja. Setelah melewati perbatasan, akhirnya makan siang, disini kita dikasih waktu hanya 20menit, dimana makanan dateng didetik detik akhir waktu abis padahal tour leader sudah mencatat pesanan sewaktu di bus. Sebaiknya pesan 1 aja bagi 2 untuk menghemat waktu dan porsinya juga lumayan gede, makan siang US $2.50. 

Akibat molor waktu ditempat makan, alhasil kita nyampe di HCMC district 1 pukul 15.35. Kebetulan SIM Card Kamboja kita sudah tidak bisa digunakan internetnya akhirnya kita ke Burger King dulu tepat didepan dimana kita turun dari bus mekong express (jajan VND 99.000* optional). Sambil naro barang & ortu istirahat kita keliling nyari sim card. Ternyata disini mini mart tidak menjual sim card, setelah googling ternyata katanya peraturan baru beli sim card harus di tempat resmi seperti viettel. Berbekal dari info abang Circle K, kita disuruh cari cari simcard disekitar sini. Benar aja, 100meter dari CK ada tempat penjualan sim card & money changer. Langsung aja kita tukar uang disana, ratenya juga lumayan kok, tempatnya persis disebelah Pho Quynh, Sim card VND50.000 dengan data 2gb. 


Terus kita penasaran dengan Pho Quynh yang lumayan rame, kita makan disana ternyata enak banget ini loh, Beef Pho VND 67.000. 
Beef Pho





Selama di HCMC kita kemana mana naik Grabcar, Grabcar disini murah banget, kita juga pake acc dengan nomor indo, ga masalah. Selama di HCMC kita menginap di sebuah studio, dari Pho Quynh tadi ke studio VND 37.500/orang. Jalanan di HCMC cukup membuat kepala pusing, gw pikir tadi Phnom penh udah paling pusing, ternyata HCMC lebih parah, kalo mau sewa motor siap siap aja darah tinggi, orang disini ga sabaran nyetir dan macet padet parah,  Untuk 2 hari, studio kita bayar dengan VND204.000/ orang, udah cukup lengkap ada rice cooker, setrikaan, kompor dll. Disini kita juga laundry murah banget cuma VND 30.000/7kg tapi cuma di cuci ya tidak termasuk setrika

Pengeluaran Hari ke 5 = Rp150.600+$2.5+VND 385.500 = Rp 415.778
Rate yang di convert 1 USD - Rp 13.500, 1VND=0.60


DAY 6 HCMC 

Hari ini kita rencana cari makan di dekat studio, ternyata cukup susah, kita jalan dulu sekitar 200meter akhirnya ada Pho tempat makan lokal, akhirnya kita coba, disini yang punya & pegawai ga ada yang bisa bahasa inggris, dan menunya pun ga ada foto. Akhirnya asal aja kita pesen tanpa tau apa yang dipesen. Btw untuk tempat lokal harga Pho jauh lebih murah. Makan pagi VND 43.500


Pho di warung lokal 
Dari tempat makan kita menuju Cathedral Notre Dame dengan Grabcar VND 20.000/orang. Btw Cathedral & Saigon Post Office bersebelahan jadi kita diturunin di Saigon post office dulu.  Saigon Post Office ini kantor pos tua di HCMC yang arsitekturnya masih jaman eropa, nah masuk ke dalam kita bisa juga membeli post card dan oleh oleh lainnya seperti magnet harganya juga murah. Kalo kamu beli post card, disini bisa langsung ditulis dan dikirim ke Indo atau ke negara lainnya. Setelah itu kita lanjut ke Cathedral, sayangnya waktu kesini, cathedral sedang direnovasi jadi agak kurang bagus di foto

Saigon Post Office

Cathedral Notre dame

Dari Cathedral ini kita menuju Ben Thanh Market dengan berjalan kaki kurang lebih 15 menitan. Pas pukul 12, kita mampir ke Hello 5 Coffee di dekat Ben Thanh Market VND41.000. 



Hello 5 Coffee

Ben Thanh


Setelah puas beristirahat kita masuk ke Benh Thanh Market, disini ada tips kalo mau belanja, karna gw gabung ke dalam group Vietnam Wonder, gw tau akhirnya biasanya kalo ga mau nawar langsung bilang aja kita member dari group Vietnam Wonder, akan dikasih harga spesial. 
Berbekal dari info di internet, Ha Tam Jewelry adalah toko emas yang rate penukaran uangnya termasuk oke, tepat di seberang pintu masuk Ben Thanh Market kita pun menukarkan uang disini.

Ha Tam Jewelry


Sekitar jam 1 gw menutuskan untuk ke Vincom Center lebih mirip kaya GI, dari Ben Thanh Market kita jalan kaki sekitar 15menit dengan mampir mampir dulu ke mall lainnya, ternyata koordinat Vincom Center di google maps ini cukup menyesatkan. Untungnya kita melihat Satramart di pinggir jalan. Berbekal dari info salah satu member BI, Satramart ini harganya masuk akal untuk membeli oleh oleh seperti pia duren, kopi dll. Setelah cukup nyasar mencari vincom center akhirnya nyampe juga, kita langsung makan di  pepper lunch VND96.000.



Jam 4nya kita balik lagi ke Ben Thanh market mau nyobain makan di Ben Thanh Food Market, di perjalanan ke Ben Thanh market kita bisa sekalian melewati  Saigon Opera House, Independence Palace, Ho Chi Minh Statue (infront independence palace)





Setelah puas foto foto kita langsung menuju Ben Thanh food market untuk makana malam VND VND81.000



Setelah puas makan, kita pulang ke studio dengan Grabcar VND30.000


Pengeluaran Hari ke 6 = VND43500+20000+41000+96000+81000+30000 = Rp187003
Rate yang di convert 1 USD - Rp 13.500, 1VND=0.60


DAY 7 HCMC- BA NA HILLS

Pukul 05.30 otw ke Airport dengan Grabcar, airport lumayan deket dari studio sekitar 15menit VND25.000/orang. Sembari menunggu flight jam 8.15 kita makan dulu Pho di Airport VND63.750. Tentang itinerary dan pengeluaran rinci di Ba Hills sudah gw rekap di artikel khusus Ba Na Hills link berikut Ba Na Hills


Pengeluaran Hari ke 7 = VND25000+63750+Rp1.260.000 = Rp1.313.279
Rate yang di convert 1 USD - Rp 13.500, 1VND=0.60


DAY 8 DANANG-HOI AN

Setelah di Ba Na Hills seharian, paginya kita sarapan di hotel dan checkout. Sekitar jam 2, kita dijemput dengan mobil sewaan sama dengan sebelumnya yang menjemput di airport. Disini kita custom tour ketempat tempat yang memang sudah direncanakan di Da Nang sejak awal VND300.000/orang. 

Di Da Nang kita berkunjung ke : Linh Ung Pagoda, Dragon Bridge (best time to visit at 6.30pm), Marble Mountain (entrance fee VND 15.000 dan elevator fee VND 40.000 / one way)          
Entah ini hoki apa sial, pas kita ke Marble Mountain elevatornya rusak... Free entrance. Kira kira 1 jam kita keliling keliling ampe kaki mau copot.

Dragon bridge

Linh Ung Pagoda & Lady Buddha

Linh Ung Pagoda

Marble Mountain


Da Nang sendiri mirip dengan Hong Kong secara geografis dan enak sih suasananya, cukup sejuk juga. Kalo kalian mau lebih hemat, bisa sewa motor umtuk mengelilingi danang dan hoi an. Jalan disini tidak seruwet seperti di HCMC.

Enaknya di Vietnam ini rata rata tempat wisata itu FREE atau membayar dengan cukup murah tidak seperti i=di kamboja.

Jam 6 sore kita otw ke Hoi An, kita menginap di Tue Tam Garden Villa 2malam Rp 195.534/orang   yang lokasinya 10 menit dari Ancient Town. Ownernya sangat ramah, didalam pertama kita sekeluarga dan tamu lainnya langsung dijamu makan malam secara gratis. Disini juga menyediakan sepeda secara gratis untuk berkeliling kota

Pengeluaran Hari ke 8 = VND300000+Rp195534 = Rp375633
Rate yang di convert 1VND=0.60

DAY 9 HOI AN

Makan pagi mie khas Hoi An (Cau lao & Mi Quang) di Tue Tam Villa VND 50.000. Jam 11 kita ke Ancient Town pergi ke ancient town jalan kaki +/- 900m.
Explore Ancient Town : Japanese bridge & Keliling kompleks ancient town. 







Hoi An ini kota tua, jujur kalo siang hari tidak terlalu menarik, lebih mirip kota palembang
Makan siang di sana VND 70.000. Siangnya gw mengujungi salah satu art gallery Precious Heritage by Rehan (free) keren banget foto fotonya 

Precious Heritage Gallery

Tiket masuk Ancient Town itu VND 120.000 (untuk ke 5 tempat) tapi kita ga beli krn cuma mau keliling disekitar saja. 
Setelah puas keliling, ga tau mau kemana lagi kita pulang dulu sambil ngecharge peralatan, malamnya kita bakal balik lagi kesana, katanya malam di Hoi An yang paling bagus. 

Jam 6 sore kita otw lagi ke Ancient Town, memang betul kalo malamnya disini keren banget kaya film Coco, cahaya dan lampion dimana mana





Malamnya kita jajan street food VND80.000, sebelnya di hari terakhir malah kena scam. hati hati dengan Mini Market disini, di mini market tidak ditulis harga satupun produk, kita beli mie cup yang harga di pesawat aja cuma 30rebu, eh kagetnya pas bayar VND200.000. Salahnya kita tidak bertanya harga dulu, kita pikir orang sini jujur sama seperti di HCMC. Selain scam mini market, untuk makanan pinggir jalan juga harganya memang di mark up tapi masih manusiawi. 


Pengeluaran Hari ke 9 = VND50000+70000+80000 = Rp120.000


Rate yang di convert 1VND=0.60





DAY 10 HOI AN- HCMC- KL


Checkout, disini kita sekalian menukar uang VND ke USD, justru rate disini lebih bagus daripada rate di google. Makan pagi Mi Quang VND30.000. Jam 12nya kita otw ke Airport untuk ke HCMC, transport sewa dari Tue Tam Villa VND75.000, Vietnam Airline Da Nang-HCMC Rp409.000. sekitar jam 4 sore kita sampai di HCMC Airport makan dulu di Burger King pake CC Rp 48.000. Abis itu kita langsung pindah ke terminal internasional untuk ke KL by Airasia promo Rp 394.000. Airasia meals RM18 *optional.


Pengeluaran Hari ke 10 = VND105000+Rp851.000 = Rp914.035


Rate yang di convert 1VND=0.60



Total Pengeluaran di Vietnam 

Rp 415.778 + Rp187003 + Rp1.313.279 + Rp375633 + Rp120.000 + Rp914.035 = Rp3.325.728


Tidak termasuk tips & shopping pribadi


DAY 11 KL-SG

SG ini destinasi transit dadakan yang gw pilih berhubung besoknya gw udah harus masuk kuliah lagi, akhirnya gw pilih ke SG karna tiket ke Balinya lebih murah dari pada gw harus balik ke Palembang dulu, jadi tiket KL-PLB gw hangusin. 

06.00 KL-SG by Airasia Rp221.000, Airasia meals RM10*optional. Pas banget di hari H MRT Airport lagi maintenance jadi kita ke Bugis naik bus direct dari Airport SGD1, jajan makanan di daerah bugis SGD3.3, beli ezlink SGD15

jam 11 kita ke Haji Lane dan belanja oleh oleh di ABC Store. lanjut makan di China Town SGD 3.



 Setelah itu kita menuju Gardens by the bay keliling bentar, lanjut ke Orchard road dan makan di Mcd SGD8 habis itu kita nyemil di airport SGD4.

SG- Bali 730rb 


Pengeluaran Hari ke 11 = Rp 951.000 + SGD27 = 1247.844
Rate 1 SGD = Rp10253,50
Belum termasuk shopping pribadi

TOTAL VIETNAM + SG = Rp4.553.572
TOTAL KL+KAMBOJA = Rp 2.145.925

Rp 6.699.497 (Harga termasuk transport start dari Palembang berakhir di Bali, Transport, Akomodasi, Tiket wisata & makan pokok)


  • Share:

You Might Also Like

17 comments

  1. Beh, jalan-jalan murah dan menang banyak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi sekarang sedang ada kursi gratis airasia, siapa tau kamu selanjutnya :)

      Delete
  2. Hi, boleh minta contact mobil yg disewa waktu di Da Nang, Bana Hills? mahal gak yah? terima kasih banyak yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi! Maaf baru balas, saya contact Mr. Hoang dari facebook https://www.facebook.com/hanguyenfreelanceguide

      Langsung pm aja beliau :)

      Delete
  3. Kaya nya Vietnam jadi salah satu waiting list selanjutnya. Thanks for sharing.

    imyonie from keeyosk.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Vietnam sangat layak untuk dikunjungi ! :) Thanks for visiting

      Delete
  4. Dari mui ne apa bjsa pakai bus atau kereta menuju da nang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi dika, bisa pakai bus kok

      Delete
    2. Kalau mau ke halong bay tanpa tour apa memungkinkan ? Kira2 biaya ferry menuju halong brp yah ?

      Delete
    3. Menurut teman saya yg sudah pernah kesana lebih baik ikut tour kak, akan lebih praktis dan terhindar dari scam

      Delete
  5. nemu blog ini karna planning mau ke da nang. Infonya menarik nih, lengkap juga, thx udah sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung ainu , semoga membantu :)

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Thanks for sharing kayak nya di da Nang ,Bana hilss bagus banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi terima kasih sudah mampir kesini :) Yap yang paling saya inget dari trip di Vietnam adalah Ba Na Hills, sangat layak dikunjungi

      Delete
  8. wktu plg dari bana hill ke hotel di danang lebih baik pake taxi atau grab yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi maaf baru balas, lebih baik sewa mobil untuk jemput karena akan lebih murah. kalo grab kayanya agak susah mendapatkannya

      Delete